Bersama Berbagi Informasi

Wajan Lebak Sajikan Gula Semut Terbaik dari Desa Hariang

0 440

Bantenshare.com,Lebak—Gali potensi lokal di Kabupaten Lebak usaha UMKM bernama Wajan Lebak sajikan gula semut terbaik dari Desa Hariang.

Adi Firman Lutfi selaku pemilik wajan Lebak ketika diwawacara oleh Bantenshare.com pada minggu (5/4) lalu, menjelaskan bahwa kenapa dirinya memasarkan produk gula semut dari Desa Hariang dikarenakan ia ingin menggali potensi daerah agar produk lokal yang selama ini ada bisa memiliki daya saing, dan bisa mewarnai perkembangan dunia usaha UMKM di Lebak.

“Alhamdulilah usaha ini sudah berjalan sejak awal Tahun 2020 dan sudah berjalan secara baik, teknisnya kami bekerjasama dan bermitra dengan KUB Mitra Mandala yang beralamat di desa Hariang, Kecamatan Sobang” ujarnya

Pria alumnus fakultas ekonomi Universitas Pasundan Bandung ini menjelaskan bahwa bahan gula semut ini diambil dari daerah Sobang khususnya di Desa Hariang dikarenakan gula dari daerah tersebut merupakan gula dengan komoditas terbaik dari wilayah Kabupaten Lebak. Proses produksinya dilakukan secara baik dengan sistem pengovenan terbaik sehingga menjadi kering dan halus serta mampu bertahan dengan masa expired selama satu tahun.

Gula semut ini diproduksi sebanyak 20 pcs/hari namun dalam moment tertentu dapat diproduksi dengan jumlah yang banyak sesuai pesanan. Produk tersaji dengan kemasan ukuran 250 gram dengan beberapa varian rasa, untuk rasa original dijual dengan harga Rp 20.000, rasa jahe merah dengan harga Rp 35.000, dan jahe kunyit dengan harga Rp 35,000. Tercatat produksi ini menghasilkan omset dengan rata-rata Rp 4.500.000 perbulan. Penjualan dilakukan secara online dengan cara memasukan ke toko online dan juga promosi dilakukan dengan cara medsos seperti instagram dan facebook.

“Semoga usaha yang baru dirintis ini bisa lebih menjadi maju dan berkembang” tutur Adi.

Sementara Badarudin Riyanto selaku Sekjen Asosiasi Pengusaha Jasaboga Indonesia (APJI) Cabang Lebak menyambut baik dengan kehadiran UMKM wajan lebak ini, dirinya berharap agar usaha tersebut bisa tetap intens dalam memajukan produk lokal khususnya penyediaan gula semut.

“Semoga wajan lebak bisa
maju lagi dan menjadi sebuah usaha UMKM yang bisa memenuhi kebutuhan warga lebak lewat produk-produknya” pungkasnya (Teguh setiawan)

Leave A Reply

Your email address will not be published.