Usaha Sampingan Untuk Mahasiswa, Pilih Salah Satu Dari 7 Bisnis Ini

Menjadi seorang mahasiswa tidaklah harus selalu tergantung pada orang tua, terutama dalam hal keuangan. Namun sebagai seorang mahasiswa anda dapat memilih menjadi mahasiswa mandiri yang dapat membiayai perkuliahannya sendiri. Karena jika mau, sebenarnya banyak usaha sampingan untuk mahasiswa yang dapat dijalankan, guna mendapatkan pundi-pundi rupiah.

Namun tentunya, pilih jenis usaha yang tepat, karena bagaimanapun tugas utamaanda sebagai mahasiswa adalah untuk belajar. Jadi pastikan rutinitas anda tak menggangu waktu belajar anda.

Pertimbangan Memilih Usaha Sampingan Untuk Mahasiswa

Dalam memilih jenis usaha sampingan untuk mahasiswa, hendaknya anda mempertimbangkan beberapa hal berikut ini

1. Waktu

Pilihlah usaha yang tidak terlalu banyak menyita waktu, bahkan jika memungkinkan pilihlah usaha dengan waktu yang sangat fleksibel dapat dikerjakan kapanpun dengan durasi yang tidak panjang. Hal ini dikarenakan anda harus menjalani perkuliahan sepanjang hari, sehingga waktu untuk menjalankan usaha praktis tidak dapat full 24 jam.

2. Modal

Pilihlah usaha yang tidak menuntut banyak modal ketika menjalankannya, sehingga anda tidak terbebani untuk menyediakan modal bagi usaha, mengingat tujuan awal menjalankan usaha ini adalah untuk membantu biaya perkuliahan. Jika memungkinkan pilihlah usaha yang justru tidak memiliki modal sedikitpun, namun lebih mengedepankan pada modal keahlian yang dimiliki.

3. Pengalaman kerja

Pilihlah usaha atau pekerjaan yang tidak menuntut pengalaman kerja di dalamnya, karena hal tersebut praktis belum dapat dipenuhi oleh seorang mahasiswa yang notabene masih dalam proses menuntut ilmu dan pendidikan.

4. Jaringan dan komunitas

Pilihlah usaha yang bermodalkan jaringan atau komunitas, hal ini dapat mempermudah usaha yang anda jalankan karena sebagai seorang mahasiswa anda memiliki jaringan yang baik terutama di media sosial.

Jenis-Jenis Usaha Sampingan Untuk Mahasiswa yang Ingin Mempunyai Tambahan Penghasilan

Dengan mempertimbangkan beberapa hal di atas, ada beberapa jenis usaha yang sangat cocok untuk digeluti oleh seorang mahasiswa. Berikut beberapa diantaranya .

1. Kembangkan kemampuan anda dengan mengajar

Salah satu pekerjaan atau usaha yang sangat cocok untuk seorang mahasiswa adalah mengajar. Tentunya tidak mengajar di sekolah formal dengan jam yang telah ditentukan, namun mengajar privat dangan waktu yang sangat fleksibel dengan durasi yang singkat.

2. Merangkai kata mendatangkan keuntungan

Salah satu pekerjaan yang sangat cocok digeluti oleh seorang mahasiswa adalah menjadi seorang penulis artikel freelance yang saat ini tengah banyak dibutuhkan. Usaha yang satu ini tidak memerlukan modal apapun hanya menggunakan kemampuan anda dalam merangkai kata dengan peralatan yang pastinya dimiliki oleh seorang mahasiswa seperti laptop.

Baca Juga: BISNIS UKM Dengan Keuntungan yang Cukup Menjanjikan

3. Fotografi, hobby yang mendatangkan keuntungan

Salah satu pekerjaan unik dan menyenangkan yang dapat dipilih seorang mahasiswa adalah menjadi seorang fotografer. Anda dapat nemawarkan jasa anda kepada teman, kerabat atau keluarga yang tengah mengadakan sebuah acara. Pekerjaan ini biasanya dilakukan pada hari-hari libur sehingga tidak akan menggangu kegiatan perkuliahan anda. Pekerjaan ini juga dapat digunakan sebagai ajang menambah jam terbang anda dalam melakukan aktivitas fotografi dan dapat mengasah kemampuan anda menjadi lebih baik.

4. Mengandalkan kemampuan bahasa untuk usaha

Usaha sampingan untuk mahasiswa yang satu ini mengandalkan kemampuan anda dalam penguasaan bahasa asing. Penterjemah merupakan nama yang cocok untuk usaha yang satu ini. Layaknya penulis artikel, penterjemah pun tidak memerlukan modal hanya mengandalkan kemampuan berbahasa anda saja.

5. Andalkan jejaring sosial untuk oline shop

Jenis usaha lain yang dapat anda lakukan sebagai seorang mahasiswa adalah online shop. Yaitu menjual produk dan barang yang ditawarkan secara online melalui jejaring sosial. Usaha yang satu ini banyak digeluti oleh seorang mahasiswa karena memiliki banyak keuntungan diantaranya adalah tidak memerlukan modal karena sistem yang dapat anda gunakan dalam online shop ini adalah dropship, dengan mekanisme barang dikirim langsung dari suplier.

6. Manfaatkan waktu luang dengan menjadi driver online

Saat ini tengah menjamur perusahaan penyedia layanan transportasi berbasis online, baik untuk roda dua ataupun roda empat. Anda dapat bergabung menjadi driver on-deman di perusahaan tersebut. Usaha yang satu ini menawarkan beberapa kelebihan diantaranya adalah waktu yang sangat fleksibel dengan jam kerja yang sangat singkat.

Baca Juga: Peluang Bisnis Di bulan Ramadhan Yang Menguntungkan

7. Berkarya dengan desain unik

Jika anda memiliki keahlian dalam menggambar sebuah desain, maka hal tersebut dapat dijadikan sebagai usaha sampingan untuk mahasiswa yang sangat menjanjikan. Anda dapat menjual berbagai desain anda secara online, misalnya kepada tees.co.id, selain dari itu anda dapat dapat menjadi designer untuk membuat desain untuk baner, pin, dan logo sesuai dengan pesanan.

Itulah beberapa jenis usaha sampingan untuk mahasiswa yang dapat anda pilih sesuai dengan keinginan dan kemampuan anda. Dengan melakukannya anda akan dapat membiayai perkuliahan anda sendiri tanpa membebani orang tua, dan bahkan usaha tersebut dapat dikembangkan menjadi usaha utama anda kelak di kemudian hari.

Related Posts

Add Comment