Bersama Berbagi Informasi

Upaya Pelestarian Bahasa Jawa Serang (jaseng) Oleh Generasi Muda Banten.

0 146

Bantenshare.com,Serang–Pelestarian budaya dan bahasa merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan, peran ini harus dilakukan oleh semua fihak, terutama juga oleh generasi muda.

Hal tersebut dikatakan oleh Mochamad Arif selaku mahasiswa Universitas serang raya, kepada Bantenshare.com dalam wawancaranya pada kamis (11/6) lalu.

“Pelestarian bahasa dan budaya merupakan tugas kita semua, khususnya para generasi muda karena jika bukan kita..siapa lagi,” ujarnya.

Mahasiswa yang berasal dari Puloampel Bojonegara ini menjelaskan bahwa saat ini dirinya bersama rekan sejawat tengah membentuk grup whatsaps belajar bahasa jawa serang (jaseng) banten. Grup ini didirikan bertujuan sebagai wahana tempat belajar bahasa jaseng, baik itu bahasa yang halus maupun yang kasar.

Pria yang biasa akrab dipanggil dengan sebutan noet ini menjelaskan bahwa grup WA dibuat dengan suasana yang santai dan penuh kekeluargaan sehingga chat yang terjadi di grup bisa lebih cair mengena satu sama lain, dengan demikian anggota grup bisa saling belajar dan berkomunikasi bahasa jaseng yang baik dan benar.

Noet menjelaskan grup whatsaps tersebut terbilang baru dengan anggota berjumlah 30 orang, namun kedepan grup ini akan senantiasa eksis dalam pengembangan bahasa jaseng, khususnya sebagai wahana belajar generasi muda terhadap bahasa jaseng guna pelestarian budaya. Grup ini bisa diakses melalui: https://chat.whatsapp.com/DlNHjAUSavB6tDi11ltqv0 bagi yang berminat dan ingin mempelajari bahasa jaseng banten.

“Saya berharap bahasa jaseng ini tetap eksis dan banyak para generasi muda yang berminat untuk mempelajarinya,” pungkasnya.

Sementara Haodudin selaku pengamat sosial budaya dari Banten Heritage mengatakan bahwa bahasa jaseng merupakan bagian dari warisan budaya banten yang nilainya sangat berharga. Dirinya sangat mengapresiasi secara positif jika ada anak-anak muda yang mau peduli dan mempopulerkan bahasa jaseng ini, karena hal tersebut merupakan upaya pelestarian budaya.

“Saya berharap agar kegiatan yang digagas oleh arief dan kawan-kawan ini semakin maju, saya dukung sepenuhnya karena ini merupakan kegiatan positif, semoga kelak banyak anak-anak muda yang berminat belajar bahasa jaseng ini dan mengembangkannya,” pungkasnya (Teguh Setiawan)

Leave A Reply

Your email address will not be published.