Bersama Berbagi Informasi

5 Tips bagi para pendaki pendaki gunung pemula

0 123

 


Bantenshare.com,Lebak–Mendaki gunung merupakan hal yang menyenangkan. Saat ini banyak yang mulai mencoba kegiatan ini sebagai hoby yang menyenangkan, kegiatan naik gunung ini banyak dicoba oleh semua orang baik anak muda maupun orang tua.

Selain sebagai kegiatan hoby yang menyenangkan naik gunung berfungsi juga sebagai sarana rekreasi, menikmati udara alam yang sejuk, dan juga sembari olah raga membugarkan badan. Namun sebelum memulai kegiatan ini ada baiknya kita perhatikan beberapa tips mengenai langkah-langkah yang harus dipersiapkan bagi pemula (newbie) agar kegiatan naik gunung ini berjalan lancar, aman dan menyenangkan.


Ditemui oleh bantenshare.com pada senin (27/7) lalu dikediamannya,
Badru zaman selaku aktivis pencinta alam mengatakan bahwa sebelum memulai kegiatan pendakian perlu dilakukan beberapa persiapan baik itu persiapan fisik,mental,knowlegde, manajerial dan lain-lain.

“Sebelum naik gunung kita harus banyak persiapan agar saat naik gunung semua berjalan lancar dan aman tanpa kendala apapun,”ujarnya

Pria yang biasa akrab dipanggil bebenk ini menjelaskan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan memulai mendaki gunung khususnya bagi pemula. Berikut adalah ulasannya:

Pertama, memperbanyak pengetahuan (knowlegde) tentang naik gunung, disini hal perlu diingat ialah teori atau ilmu pengetahuan tentang mendaki gunung, ketika sudah menguasasi teori dan pengetahuannya maka kita akan lebih mudah memahami standar operasional prosedur (SOP) dalam kegiatan naik gunung. Pengayaan knowlegde bisa diperoleh melalui pelatihan,kegiatan,komunitas dan juga bisa dengan membaca buku panduan.

Kedua, mempersiapkan fisik. Dalam kegiatan naik gunung fisik perlu dilatih agar tetap bugar karena kegiatan ini merupakan kegiatan outdoor diperlukan fisik yang prima. Pendaki pemula sebaiknya banyak melakukan latihan fisik atau olahraga sebelum memulai pendakian. Latihan fisik itu bisa berupa lari (jogging), jalan kaki dan lain-lain, latihan fisik ini dimaksudkan agar tubuh selalu kuat saat mendaki gunung.

Ketiga, persiapan mental. Selain fisik yang prima mental pun harus dipersiapkan secara seksama, dimana posisi mental yang mumpuni akan mendukung daya fisik untuk tetap semangat dalam melakukan pendakian.

Keempat, peralatan. Sebelum naik gunung peralatan perlu disiapkan. Secara umum peralatan dibagi menjadi dua; peralatan tim dan peralatan pribadi. Peralatan tim meliputi tas carriel,tenda,alat masak,alat makan, tempat sampah dan lain-lain. Sedangkan peralatan pribadi meliputi jaket, tas cariel/day pack, matras,sepatu track, buff atau tutup kepala, masker,sarung tangan, dan lain-lain.

Kelima, kemampuan manajerial. Naik gunung merupakan kegiatan tim dimana tim harus diatur oleh sistem manajerial yang baik, disini dibutuhkan kemampuan menggorganisir dan juga leadership yang baik, karena tanpa kerjasama tim yang baik kegiatan naik gunung tidak akan berjalan lancar.

Bebenk menjelaskan kelima hal tersebut merupakan hal yang harus diperhatikan dalam kegiatan naik gunung. Tips-tips tersebut tidak hanya berlaku bagi pemula saja namum para pendaki yang sudah berpengalaman pun terus mempraktekan hal tersebut, karena itu merupakan dasar yang mesti dilakukan.

Pria kelahiran 5 Agustus 1987 ini mengatakan kegiatan naik gunung bukanlah kegiatan yang sepele dan dilakukan secara sembarangan, semua perlu dipersiapkan dalam melakukan kegiatan ini, baik dari hal yang terkecil sampai ke hal yang terbesar. Semua perlu diperhatikan karena jika tidak, hal-hal yang tidak diinginkan bisa terjadi. Banyak resiko yang mengintai jika kita dalam melakukan pendakian tidak teliti dan minim persiapan. Dari semua resiko yang ada yang paling sering dijumpai ialah hipotermia, saat udara dingin menyerang tubuh. Jika ada anggota pendakian mengalami hipotermia maka hal yang harus dilakukan ialah menyiapkan air hangat sebagian untuk diminum dan sebagian lagi untuk dibasuhkan ke tubuh yang kaku karena kedinginan.

“Harapan saya bagi para pendaki pemula atau yang ingin belajar mendaki gunung, saya berharap agar jangan melakukan pendakian tanpa belajar dan berlatih terlebih dahulu dan tidak melakukan pendakian tanpa disertai oleh orang-orang yang berpengalaman,” pungkasnya (Teguh setiawan)

Leave A Reply

Your email address will not be published.