Tips Mencari Supplier Terbaik Dan Menguntungkan Untuk Bisnis Anda

Satu hal paling penting saat Anda ingin menjalankan sebuah bisnis adalah mencari supplier. Tanpa keberadaan supplier, maka bisnis Anda tidak akan pernah berjalan. Sehingga posisi Supplier sangat krusial terhadap kelancaran bisnis yang Anda jalankan. Bayangkan saja, sekalipun Anda memiliki banyak pelanggan, namun jika Anda memiliki Supplier yang tidak bermutu. Maka lama kelamaan pelanggan Anda akan kecewa dan pergi dari Anda.

Dengan krusialnya posisi Supplier pada keberlanjutan bisnis. Hal ini membuat Anda perlu selektif sejak awal saat mencari Supplier yang akan memasok produk untuk Anda. Anda harus benar-benar memastikan bahwa Supplier itu merupakan Supplier terbaik, yang memiliki produk-produk berkualitas baik. Serta memberikan harga produk yang menguntungkan bagi Anda.

Nah pertanyaannya, bagaimana ya caranya mendapatkan atau mencari Supplier sesuai dengan kriteria yang di atas? Pastinya kita semua ingin dong punya Supplier yang membuat bisnis kita berjalan lancar dan menguntungkan?

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mencari Supplier untuk bisnis anda. tentunya anda juga harus menentukan Supplier mana yang mesti anda pilih demi kemajuan dan kelancaran bisnis anda. Berikut adalah beberapa Tips agar mendapatkan Supplier terbaik dan menguntungkan:

Tips Mendapatkan Atau Mencari Supplier Untuk Bisnis

1. Carilah Informasi Tentang Calon Supplier Anda

Sebelum Anda bekerjasama bisnis dengan siapapun, maka yang perlu Anda lakukan pertama kali adalah berhati-hati, carilah informasi sebanyak mungkin tentang calon Supplier Anda. Hal ini perlu dilakukan agar Anda terhindar dari tindak penipuan dan kondisi-kondisi yang tidak menyenangkan yang diakibatkan oleh Supplier Anda, misalnya saja stock barang tersendat, atau permainan kualitas produk dari Supplier.

Lalu, dengan cara apa kita bisa mendapatkan informasi tentang calon Supplier? Untuk mencari informasinya, kita bisa melihat rekam jejaknya melalui akun sosial media yang mereka miliki, kemudian kita pun bisa bertanya dengan rekan bisnis kita yang pernah bekerjasama dengan Supplier ini. Tanya kepada teman Anda, bagaimana track record Supplier tersebut selama bekerjasama.

2. Melayani Dengan Baik

Untuk tau apakah Supplier Anda bersikap cooperative atau tidak, maka Anda bisa melihatnya sejak Anda pertama kali berinteraksi dengan pihak Supplier itu. Lihatlah bagaimana cara mereka berkomunikasi dengan Anda, bagaimana mereka menyambut Anda dan melayani kebutuhan Anda. Kalau belum apa-apa Anda sudah dicuekin, maka Supplier yang seperti itu lagsung dicoret saja dari daftar calon Supplier.

Jika Anda jadi menjalin kerjasama dengan salah satu Supplier, Anda pasti memiliki harapan bahwa kerjasama itu akan berusia panjang. Nah, karena tujuan itulah, maka kita perlu cari Supplier yang mau bekerjasama dengan baik, punya attitude yang baik, dan tentunya sigap melayani kebutuhan Anda akan produk yang mereka sediakan.

3. Jangan Percaya Dengan Testimoni Supplier

Bagi Supplier-Supplier yang memiliki akun media sosial atau pun website, biasanya mereka sering menampilkan testimoni-testimoni dari pelanggannya. Dan karena testimoni ini sifatnya sepihak dan sangat rentan untuk direkayasa, maka sebaiknya Anda tidak mengambil keputusan untuk bekerjasama hanya karena testimoni. Anda jangan buru-buru percaya, baik itu testimoni tentang kualitas pelayanan, hingga kualitas produknya, karena Anda perlu mencobanya secara langsung.

Baca Juga : Anda Baru Memulai Bisnis Fashion? Inilah Tips Agar Sukses Menjalankannya

Testimoni yang bisa Anda percaya, adalah testimoni yang berasal dari pihak luar, walaupun hal ini sifatnya masih relatif, tapi ini jauh lebih bisa dipercaya ketimbang testimoni yang dikeluarkan sendiri oleh pihak Supplier. Apalagi kalau yang memberikan testimoni itu adalah keluarga atau sahabat terdekat Anda sendiri.

4. Ambilah Produk dari Pihak Pertama

Agar Anda bisa mendapatkan harga murah dalam membeli produk yang akan Anda jual, maka Anda perlu mengambil produk langsung dari pihak pertama. Ambil atau belilah dari pengrajin atau produsennya langsung. Selain Anda akan mendapatkan produk yang lebih murah, Anda pun bisa menyaksikan secara langsung bagaimana proses produksi dari produk yang Anda Ambil. Dengan melihat secara langsung, maka Anda bisa memastikan kualitas bahan-bahan yang digunakan.

Keuntungan lain jika Anda mengambil dari pihak pertama, Anda lebih bisa memastikan keberadaan stock produk, dan Anda lebih bisa menjelaskan kepada pelanggan bagaimana kualitas barang yang Anda jual, karena Anda memang sudah memastikan kualitasnya secara langsung.

5. Mengecek Langsung Keberadaan Supplier

Sekalipun Anda tidak mengambil barang dari pihak pertama, namun Anda tetap bisa meyakinkan diri Anda mengenai Supplier tersebut. Caranya adalah dengan mengecek keberadaan Supplier secara langsung, walaupun tidak setiap saat, minimal Anda pernah bertemu dengan Supplier-nya satu kali sebelum Anda memulai kerjasama.

Nah demikianlah beberapa tips mendapatkan atau mencari Supplier terbaik untuk bisnis anda. Terimakasih.

Related Posts

Add Comment