8 Tips Liburan Murah dengan Biaya Terjangkau

Tips Liburan Murah – Liburan memang bisa di katakan sebagai kebutuhan di zaman sekarang ini. Di tahun 2017, anda pasti mempunyai impian atau bahkan rencana untuk liburan ke suatu tempat wisata.

Berbicara masalah liburan apa lagi ke luar daerah sudah tentu memerlukan anggaran biaya yang kadang-kadang tidak sedikit, tentu saja ini akan mengganggu pengelolaan keuangan anda apabila tidak disiasati dengan baik sebelumnya. untuk mensiasatinya silahkan anda ikuti beberapa tips bagaimana agar bisa liburan walaupun dengan biaya yang cukup murah.

Berikut 8 Tips Liburan Murah

1. Membuat Rencana

Tips Liburan Murah yang pertama adalah Membuat Rencana. Segala sesuatu pasti butuh rencana yang matang, begitu juga dengan liburan. Untuk anda yang hobi traveling, mungkin hal ini selalu direncanakan di setiap awal tahun atau satu bulan sekali, dengan anggaran keuanggan yang sudah ditentukan pastinya.

Tapi untuk anda yang hanya menganggap liburan hanya mengisi waktu luang saja cobalah dari sekarang untuk menyisihkan keuangan anda dari jauh-jauh hari sebelumya. Dengan perencanaan yang matang akan membuat liburan anda lancar dan berjalan sesuai yang anda inginkan. Tanpa ada hambatan yang berakibat liburan anda menjadi batal.

2. Tentukan Lokasi, Lama Liburan dan Melakukan Survey

Selain anggaran keuangan anda juga harus menentukan tempat yang akan dikunjungi serta berapa lama anda akan liburan, hal ini dikarenakan sangat berpengaruh terhadap keuangan anda.

Setelah anda menetukan tujuan wisata yang akan dikunjungi dan berapa lama di sana. Anda harus melakukan survey ke tempat tersebut, mulai dari lokasi, akomodasi, penginapan dan tempat makan yang super murah tentunya.

Dengan melakukan survey ke tempat tujuan anda bisa menghitung berapa besar uang yang akan dikeluarkan, bahkan anda juga bisa tau bila ada diskon atau promosi sehingga bisa lebih hemat lagi untuk anda.

3. Mencari Informasi

Tips liburan murah yang ke tiga adalah mencari informasi sebanyak mungkin. Jika anda tidak memungkinkan untuk melakukan dari point ke 2 di atas, anda bisa mencari informasi dari internet, mulai dari harga, akomadasi, tempat penginapan dan yang lainnya melalui internet atau forum- forum yang membahas mengenai travelling atau liburan.

Atau anda bisa juga menanyakan kepada teman atau kerabat terdekat yang sudah pernah mengunjungi lokasi wisata yang anda akan kunjungi.

4. Hindari Pergi Saat Musim Liburan

Pada waktu musim liburan hampir di seluruh tempat wisata biasanya mengalami kenaikan tarif. Mulai dari tarif transportasi, tiket masuk sampai tarif penginapan.

Bukan hanya itu, pengunjung juga bisa dipastikan meningkat beberapa kali lipat, tentu saja hal ini menjadikan liburan anda sangat tidak nyaman.

Untuk anda yang ingin hemat saat liburan maka saya sarankan agar bepergian sebelum atau setelah masa liburan. Hal ini guna menghindari pengeluaran yang sangat besar dikarenakan ada kenaikan tarif di segala sektor yang saya sebutkan di atas. Tentunya liburan pun terasa nyaman dan dapat anda nikmati dengan suasana yang tidak terlalu ramai.

5. Liburan Bersama

Tips liburan murah berikutnya yaitu dengan cara berlibur bersama. Saat anda liburan sendiri biasanya diberikan tarif normal, lain halnya ketika anda liburan dengan menggunakan paket wisata, di beberapa agen pariwisata biasanya menawarkan diskon untuk paket wisata dengan kuota banyak, tentu saja ini bisa menghemat pengeluaran anda.

Maka dari itu anda bisa mengajak teman kampus, kantor atau keluarga terdekat. selain lebih menyenangkan dan berkesan biaya yang dibutuhkan juga bisa dilakukan dengan patungan seperti untuk penginapan dan sebagainya.

6. Nyaman tidak mesti mewah

Kenyamanan saat liburan tidak harus mewah. Nyaman berarti bukan hanya pada saat liburan tetapi katika anda pulang dan melihat keuanggan anda kebobolan hal ini tentu bisa membuat anda tidak nyaman. Bukan tidak mungkin saat anda liburan bukan kesenangan yang didapat tetapi anda memikirkan berapa banyak uang yang dikeluarkan.

Karena yang mewah itu mahal tentu anda harus memilih yang sederhana tetapi tidak mengurangi kenyamanan saat liburan. Misalkan untuk penginapan anda bisa memilih alternative lain selain hotel contohnya seperti home stay.

Sedangkan untuk akomodasi, jika dari tempat penginapan ke tempat wisata berjarak agak jauh anda bisa mensiasatinya dengan berjalan kaki. Selain hemat anda juga bisa menikmati suasana di tempat tersebut.

7. Membawa bekal

Tips Liburah murah selanjutnya yaitu membawa bekal. Ketika hendak liburan, anda harus mempunyai list kebutuhan atau keperluan apa saja saat berada di tempat wisata.

Seperti makanan dan minuman ringan, pakian, dan alat-alat lain yang kira-kira dibutuhkan. Misalkan anda hendak ke pantai, bila perlu anda membawa sendiri alat-alat yang diperlukan di sana contohnya tikar, pelampung atau kacamata berenang.

Agar anda tidak perlu menyewa atau bahkan membelinya, sebab biasanya di tempat-tempat wisata memeberikan tarif lebih mahal apa lagi jika suasana masih suasana hari raya atau liburan.

Sedangkan untuk makanan dan minuman ringan, minimal anda harus membelinya sebelum sampai di tempat tujuan. Anda bisa berbelanja di mini market atau pasar tradisional di tempat tinggal anda.

Bila perlu, makanan dan minuman ringan bisa anada buat sendiri di rumah, selain lebih hemat, tentunya  terjamin dari segi keamanan dan nilai gizinya.

8. Fokus Liburan Bukan Belanja

Saat liburan, rasanya tidak lengkap ketika pulang tidak membawa oleh-oleh. Ini hal yang lumrah, tetapi ingat tujuan anda adalah liburan bukan berbelanja seperti di mall, wah bisa-bisa anda kebobolan. saya sarankan pada saat anda liburan untuk membeli oleh-oleh sebaiknya di sentra yang cukup lengkap dari cendra mata sampai kuliner.

Kemudian yang anda lakukan adalah memilih mana oleh-oleh yang kira-kira tidak ada di tempat lain tentunya dengan kapasitas yang wajar dong, jangan sampai saat di kendaraan anda tidak kebagian kursi karena banyaknya belanjaan yang anda bawa. Bisa-bisa anda harus mengeluarkan ongkos lagi untuk membawa oleh-oleh.

9. Tips Liburan Murah Dengan Membawa Uang Tunai

Tips liburan murah yang terakhir adalah selalu bawa uang tunai. Di sebagian daerah wisata khususnya di tempat-tempat wisata budaya biasanya tidak terdapat ATM atau pembayaran dengan kartu kredit.

Membawa kartu ATM atau kartu kredit memang lebih simpel dan gak ribet seperti membawa uang tunai. Tetapi ketika anda mebawa uang tunai pengeluaran akan lebih terkontrol dibandingkan dengan kartu kredit.

Agar anda bisa menghemat pengeluaran maka saya sarankan anda untuk membawa uang tunai secukupnya. Bayangkan saja ketika anada membawa kartu kredit biasanya pengeluaran biaya tidak terkontrol yang pada akhirnya tagihan kartu kredit anda melambung.

Demikian 9 tips liburan murah dengan biaya terjangkau, semoga bermanfaat dan selamat liburan.

Related Posts

Add Comment