oleh

Tips Cerdas Memilih Deposito Terbaik dan Menguntungkan

Tips Cerdas  Memilih Deposito Terbaik dan Menguntungkan. Deposito merupakan suatu bagian dari investasi. Pengertian dari deposito sendiri adalah produk perbankan sejenis dengan tabungan. Namun memiliki suku bunga yang cukup tinggi apabila dibandingkan tabungan biasa dan berjangka panjang.

Meskipun deposito termasuk salah satu produk perbankan yang bagus untuk masa depan kita, namun tak semua deposito itu aman. Untuk memilih deposito tentunya harus cermat. Jangan sampai kita dirugikan. Berikut ini adalah tips cerdas memilih deposito yang sebaiknya anda ketahui.

Loading...

6 Tips Memilih Deposito Terbaik dan Menguntungkan

memilih deposito

1. Perhatikan reputasi bank

Hal utama yang harus anda perhatikan dalam pemilihan bank sebelum melakukan deposito adalah memastikan reputasi bank. Pilihlah bank yang memiliki kredibiliitas yang baik. Jika bank tersebut memiliki reputasi yang baik, jelas dari sisi keamanan akan terjamin.

Selain itu mereka juga memperhatikani system pelayanan bagi nasabah. Sehingga dapat memudahkan anda mengetahui informasi mengenai program deposito didalam bank tersebut.

2. Tentukan tenor deposito

Tenor atau jangka waktu dalam berdeposito juga mempengaruhi suku Bunga deposito yang akan kita lakukan. Jangka waktu deposito yaitu mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan hingga 24 bulan. Untuk menentukan tenon deposito, sebaiknya mengacu pada kebutuhan anda dimasa depan. Setelah itu barulah anda bisa membandingkan suku bunga yang ditawarkan oleh tiap bank.

3. Lakukan perbandingan bunga deposito antar bank

Tentunya ketika anda memutuskan untuk melakukan deposito di bank, ada menginginkan adanya kenaikan tabungan melalui suku bunga yang diberikan oleh pihak bank. Maka dari itu jangan tergesa-gesa untuk memutuskan bank yang akan anda gunakan.

Buatlah perbandingan terlebih dahulu, sehingga anda bias mendapatkan keuntungan yang maksimal dari investasi beupa deposito. Namun jangan lupa tetaplah mengacu pada reputasi dari bank.

4. Waspadai tawaran bunga yang terlalu tinggi

Siapa yang tidak mengingakn bunga yang tinggi ketika melakukan deposito di bank?. Pastinya semua orang menginginkan hal tersebut. Namun jangaan mudah tergiur terhadap penawaran bunga yang terlalu tinggi yang dilakukan oleh pihak bank.

Jika suku Bunga dari bank tesebut melebihi dari Lembaga Penjaminan Simpanan, anda patut waspada. Rata-rata bank yang menawarkan bunga diatas ketetapan LPS, mereka berada pada kondisi keuangan yang tidak sehat.

Sehingga membutuhkan dana cepat dan salah satu alternatifnya yaitu memberikan penawaran bunga terlalu tinggi bagi nasabah yang ingin berdeposito. Jika anda tidak ingin beresiko maka hindari untuk melakukan deposito di suatu hanya karena suku bunga yang menggiurkan.

5. Pilih persyaratan yang paling mudah

Kebijakan setiap bank tentunya berbeda-beda mengenai persyaratan dalam melakukan deposito. Sebisa mungkin pilihlah deposito yang memiliki persyaratan yang mudah sehingga tidak merepotkan anda sendiri.

6. Perhitungkan administrasi tambahan

Jika berbicara administrasi tentunya kita mengacu pada ketetapan yang dibuat oleh bank tersebut. Tidak semua bank memberikan biaya administrasi setiap bulan, serta biaya penalty ketika kita akan menarik deposito sebelum jangka waktu yang telah disepakati.

Jika ingin memilih bank untuk melakukan deposito alangkah baiknya juga memperhatikan hal dan beberapa biaya tambahan lainnya. Intinya adalah pilhlahlah jenis bank yang paling besar memberikan keuntungan bagi anda sebagai nasabah bank tersebut.

Memilih Deposito termasuk dalam investasi aman serta menguntungkan. Namun ada baiknya meperhatikan jenis bank secara cermat apabila anda ingin melakukan deposito kepada pihak bank tersebut. Pastikan factor keamanan dan juga kredibilitas dari bank tersebut benar-benar terjamin . Semoga bermanfaat.

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *