Bersama Berbagi Informasi

Terapkan Program Ekonomi Mandiri, Aktivis KUMALA Jajaki Potensi Kopi Arabica Serta Gula Semut

0 138

Bantenshare.com,Lebak—Bermula dari program pengembangan ekonomi mandiri di organisasi keluarga mahasiswa Lebak (KUMALA), Alhasil peluang bisnis terbuka lebar.
Try adhi bangsawan selaku pengurus KUMALA PW Bandung mencoba memulai bisnis dibidang kopi, ide awalnya sederhana selain menjalankan program kerja, Adhi berkeinginan untuk melakukan renovasi asrama, ia berpikir bagaimanakah menghimpun dana dengan cara yg kreatif.
Bak gayung bersambut, Adhi awalnya bekerjasama dengan seorang teman yang telah lama bergerak di bidang roasting kopi (comunal caffe), setelah itu barulah adhy memproduksi kopinya sendiri dengan nama kopi UQ, bersama temannya yaitu muhamad paisal, mereka berhasil mengembangkan peluang bisnis baru.
“Awalnya dimulai dari kopi dan alhamdulilah kemudian jadi peluang bisnis baru, kita bisa mandiri dengan cara berdagang, selain kopi kami juga punya gula semut” ujar adhy
Pria yang merupakan mahasiswa pascasarjana universitas padjajaran (UNPAD) Bandung ini mengaku, awal mula produksi ia memulai dengan jumlah 3 Kg dengan kemasan pack 100 gr/pcs dijual dengan harga Rp 50.000. Produk kopi itu diberi nama Kopi UQ, adapun bahan mentah biji kopinya ia peroleh dari hasil alam gunung puntang dan gunung tilu.Selain itu ia pun memproduksi gula semut dengan brand “gubuk” dengan bahan mentah yang ia pasok dari cikatomas,Lebak. Gula semut itu di kemas per pcs 400 gr dan dijual dengan harga Rp 30.000.

“Omset yg didapat sekitar ratusan ribu dan lumayan besar, selain kopi kami pun menjual gula semut,kaos,stiker dan kalender” ujarnya.

Pemasaran yang dilakukan melaui medsos dan online, selain menjual di event-event tertentu. Adhy berharap agar pengembangan ekonomi mandiri ini bisa terus dilakukan sehingga akan menumbuhkan jiwa kewirausahaan, sehingga bisa memotivasi para pengurus junior agar lebih proaktif dalam pengembangan program ini. (Teguh Setiawan)

Leave A Reply

Your email address will not be published.