oleh

6 Fakta Mengejutkan Tentang Manfaat Minyak Zaitun

6 Fakta Mengejutkan Tentang Manfaat Minyak Zaitun | Minyak zaitun merupakan minyak yang dihasilkan dari buah zaitun yang banyak tumbuh di daerah Mediterania. Minyak zaitun telah tersohor semenjak dahulu kala untuk berbagai penggunaan, mulai dari untuk memasak, bahan pembuat kosmetik wanita, hingga berguna di bidang kesehatan.

Miyak zaitun sendiri sebetulnya ada bermacam-macam, seperti Virgin Olive Oil yang banyak digunakan untuk memasak dengan kadar asam rendah. Terdapat juga Extra Virgin Olive Oil yang memiliki kualitas lebih baik dari virgin olive oil, dibuat dengan cara menekan buah zaitun sehingga keluar minyaknya.

Loading...

Jika diperhatikan di pasaran, harga minyak zaitun memang relatif lebih mahal dibandingkan dengan minyak sawit. Namun harga yang sedikit lebih mahal tersebut sebanding dengan manfaat minyak zaitun untuk kesehatan tubuh. Nah di bawah ini merupakan beberapa manfaat minyak zaitun.

Inilah Beberapa Manfaat Minyak Zaitun

1. Kaya akan Lemak Tak Jenuh

Minyak zaitun merupakan salah satu jenis lemak dengan kandungan lemak tak jenuh yang tinggi. Lemak tak jenuh ini di dalam tubuh akan diubah menjadi HDL (High Density Lipoprotein) yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Manfaat minyak zaitun yang satu ini sangat berguna terutama untuk Anda yang ingin jantung tetap sehat hingga usia senja.

Lemak tak jenuh mendominasi komposisi minyak zaitun hingga kadarnya sekitar 73%, dalam bentuk asam oleat, yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Dengan mengganti minyak goreng Anda dengan minyak zaitun, maka

Anda sudah selangkah lebih sehat karena dapat mengurangi risiko terkena penyakit kanker serta mgengurangi peradangan dalam tubuh.

2. Kaya Akan Antioksidan

Terutama minyak zaitun extra virgin, kandungan vitamin E dan vitamin K yang juga termasuk zat-zat antioksidan sangat kaya ditemukan pada minyak zaitun. Antioksidan dapat membantu mencegah teroksidasinya kolesterol dalam darah, sehingga mengurangi risiko seseorang terkena penyakit jantung.

3. Mengurangi Peradangan

Peradangan (inflamasi) dalam tubuh merupakan penyebab berbagai macam penyakit berbahaya, termasuk kanker, jantung dan pembuluh darah, sindrom metabolik, diabetes, arthritis, Alzheimer’s, dan sebagainya. Manfaat minyak zaitun lainnya adalah mampu mengurangi inflamasi dalam tubuh, sebab terdapat kandungan oleocanthal yang bekerja mirip dengan ibuprofen, obat anti peradangan.

4. Mencegah Stroke

Stroke disebabkan oleh gangguan pada aliran darah menuju otak, baik karena adanya pembekuan darah atau pendarahan. Di negara berkembang seperti Indonesia, stroke merupakan penyebab kematian paling banyak kedua setelah jantung.

Manfaat minyak zaitun yang satu ini memang tidak bisa begitu saja diabaikan. Sebuah penelitian yang telah dipublikasikan dalam US National Library of Medicine menyatakan bahwa minyak zaitun merupakan satu-satunya sumber lemak tak jenuh yang mampu mengurangi risiko stroke secara signifikan.

5. Tidak Menyebabkan Obesitas

Lemak atau minyak merupakan salah satu jenis makanan yang mengandung kalori cukup tinggi. Walau begitu, sekali lagi manfaat minyak zaitun teruji karena minyak ini tidak membuat seseorang obesitas, seperti sebuah penelitian di Spanyol dengan partisipan 7000 mahasiswa yang rutin mengonsumsi minyak zaitun. Bahkan dengan mengonsumsi minyak zaitun, antioksidan dalam darah bertambah sehingga dapat memicu penurunan berat badan.

6. Membantu Menyembuhkan Alzheimer

Alzheimer merupakan penyakit yang menyebabkan penderitanya memiliki ingatan hanya sampai waktu tertentu saja. Penyakit ini disebabkan oleh degenerasi saraf pada otak. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa manfaat minyak zaitun juga dapat membantu memulihkan penderita Alzheimer, dengan kandungannya yang mampu menghilangkan plak pada sel-sel otak.

Demikianlah ulasan mengenai manfaat minyak zaitun bagi kesehatan tubuh. Mulailah mengonsumsi minyak yang ramah terhadap jantung dan tubuh Anda dari sekarang, sehingga di usia senja nanti masih dapat beraktivitas dengan sehat dan bugar.

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *