Bersama Berbagi Informasi

Selamatkan Lingkungan Citorek Lewat Menanam Kopi

0 151

Bantenshare.com,Lebak—Dialah Sukmadi Jaya Rukmana,seorang Mantri Tani Desa yang mencoba selamatkan lingkungan dengan cara menanam Kopi di Citorek.

Kawasan Citorek merupakan lahan yang subur namun beberapa bagian lahan bisa berpotensi menjadi rusak karena terlantarnya lahan produktif dan juga perkembangan zaman yang pesat, yaitu berubahnya beberapa lahan tanam menjadi perumahan.

Selain itu banyak beralihnya warga dari yang awalnya bermata pencaharian sebagai petani kini beralih menjadi gurandil alias penambang liar, banyaknya gurandil membuat Sukmadi cemas akan lingkungan yang kian hari kian terkikis, dari kecemasan itu sukmadi membuka lahan baru di blok lebak sembada, kampung ciusul-citorek dengan luas lahan satu hektare secara bertahap untuk ditanami kopi.

“Secara bertahap dan sedikit demi sedikit saya mencoba menanam kopi sebagai salah satu bentuk reboisasi” ujar Sukmadi

Pria yang juga berprofesi sebagai pengelola destinasi wisata ini menjelaskan bahwa saat ini dirinya sudah menanam 700 batang tanaman kopi dengan jenis Kopi Robusta, selain sebagai bentuk penghijauan, tujuan dipilihnya kopi ialah untuk menawarkan kopi sebagai produk unggulan di Citorek, saat ini sukmadi baru menanam kopi dan hasil panen pun belum dipasarkan, dirinya menyebut bahwa hasil kopi tersebut bisa memicu para warga agar mau bercocok tanam kopi dan meninggalkan profesi gurandilnya.

“Saat ini kita baru menanam dan belum melakukan pemasaran dikarenakan kita baru mulai, dan jika semua sudah berjalan dengan panen yang banyak kita akan mensosialisasikannya lewat market yang sudah kita rencanakan,semoga kopi ini kedepan menjadi produk unggulan di Citorek serta memberikan manfaat ekonomi bagi warga” tambah Sukmadi

Sementara Choirul Anam selaku Manajer Banten Chic Culture (BCC), menilai bahwa apa yang dilakukan Sukmadi ialah sesuatu yang sangat mulia dalam menyelamatkan lingkungan.

Pria yang juga pengusaha kopi ini (kopi toleat-red) menyambut baik apa yang dilakukan oleh Sukmadi, pasalnya saat ini para penggiat kopi selalu memasok bahan kopi mentah dari luar Banten padahal kualitas kopi di Banten tidak kalah jika dibandingkan dengan kopi-kopi yang lain.

“Saya sangat senang dengan apa yang dilakukan oleh pak sukmadi karena jika banyak orang yang menanam kopi di wilayah Banten, maka proses penjualan kopi khususnya bagi para pengusaha kopi bisa memasok kopi dari banten dan tak perlu dari luar kota terlebih dari luar Banten” pungkas Choirul (Teguh setiawan)

Leave A Reply

Your email address will not be published.