Bersama Berbagi Informasi

Sejarah Stasiun Rangkasbitung (part 2)

0 58

 


Bantenshare.com,Lebak–Lanjut Ginanjar menjelaskan bahwa keberadaan stasiun rangkasbitung tentunya membawa angin segar dalam perkembangan perekonomian warga lebak pada saat itu, selain bisa memasarkan hasil bumi perkebunan ke berbagai daerah stasiun rangkasbitung ini pun mampu menyerap ribuan tenaga kerja yang banyak khususnya dari golongan bumi putera.

Stasiun rangkasbitung tentunya menyerap tenaga kerja yang banyak, mereka ditempatkan sesuai porsi pekerjaanya. ada yang bekerja sebagai penjaga loket,penjaga pintu perlintasan, massinis, administrasi,klerk, kondektur, mekanik, juru pelihara dan bagian kebersihan.

Keberadaan para tenaga kerja yang bekerja di stasiun ini kemudian pemerintah hindia belanda memfasilitasinya untuk tinggal disebuah rumah asrama para pekerja. Kendati tidak besar rumah ini bisa menampung para karyawan kereta api saat itu.

Rumah tersebut bernama rangkasbitung spoorshander complec (perumahan karyawan perusahaan jawatan kereta api/PJKA) yang dibangun pada tahun 1902 bersebelahan dengan gedung pasturan. Dan satu lagi ialah rangkasbitung spoor shander complec atau biasa disebut gedung pasturan. Dibangun pada tahun yang sama, lokasi di seberang rumah sakit misi (sekarang-red) dan saat ini digunakan sebagai asrama pastur.

“Di rangkasbitung ini ada banyak bangunan cagar budaya, bangunannya masih kokoh dan kita masih bisa menikmatinya, semoga generasi muda selanjutnya semakin cinta dan peduli dengan keberadaan bangunan ini,” tandas Ginanjar.

Sementara Haodudin selaku pengamat budaya dari Banten Heritage mengatakan bahwa bangunan bersejarah merupakan jejak sejarah masa lalu, adanya stasiun dan asrama pekerja jawatan kereta api ini menunjukan bahwa bangunan ini menyimpan kisah yang luar biasa.

“Saya berharap agar pengetahuan bangunan bersejarah atau cagar budaya bisa dimasukan dalam kurikulum pendidikan kita sebagai muatan lokal agar generasi muda khususnya para pelajar bisa mengetahui dan memiliki kebanggaan atas sejarah kotanya khususnya kabupaten lebak ini,” pungkasnya (Teguh setiawan)

Leave A Reply

Your email address will not be published.