Bersama Berbagi Informasi

Sale Silegit, Kuliner Pisang Olahan Manis Dari Sawarna Bayah

0 177

 

Bantenshare.com,Lebak—Bagi penggemar makanan ringan sale ini merupakan kabar yang baik, Pasalnya sale yang biasanya hanya dijumpai di sekitar wilayah destinasi wisata sawarna kecamatan bayah kini dapat dijumpai di Rangkasbitung.

Hal tersebut dikatakan oleh Najib Nawawi selaku owner dari sale silegit kepada bantenshare.com pada wawancaranya minggu (26/7) lalu, di kediamannya.

“Dulu jika ingin sale khas sawarna biasanya kita dapat setelah berwisata ke sawarna bayah, sekarang bisa di beli di rangkasbitung,” ujarnya.

Lanjut Najib menjelaskan saat ini dirinya tengah membuka usaha sale silegit dan saat ini hadir dirangkasbitung tepatnya di Kp leuwi kawung Rt 03 Rw 03 depan juanda residence, dan hanya berjarak 300 meter dari pusat kota. Pembukaan di rangkasbitung ini bertujuan agar konsumen yang ingin mencicipi sale tersebut bisa lebih mudah dan praktis karena hal tersebut bisa di beli di dirangkasbitung, sehingga rasa rindu konsumen kepada makanan sale ini pun terobati.

Sale merupakan panganan ringan hasil dari olahan berbahan pisang, rasanya yang manis,kenyal dengan tekstur yang lembut tak jarang sale ini selalu digemari oleh berbagai kalangan baik anak-anak sampai dewasa.

Sale silegit ini dibuat secara alami dengan metode yang higienis, produk ini pun dibuat tanpa pemanis buatan, dan tidak pula menggunakan bahan pengawet, selain itu produk sale silegit ini sudah tersertifikasi halal dan dikemas dalam kemasan modern yang rapi.

Sale ini dibuat secara higines dan aman serta pembuatannya pun melewati beberapa tahapan yang panjang, untuk memproduksi pisang olahan ini tak jarang bisa menghabiskan waktu berhari-hari demi tercapainya kualitas dan cita rasa yang diinginkan.

Pria yang juga merupakan penggiat pariwisata ini menjelaskan bahwa dalam membuat sale ada beberapa tahapan yang harus di tempuh, semua harus dilakukan secara detail memperhatikan setiap aspek dan proporsional dalam pembuatannya.

Pertama, hal yang harus dilakukan dalam membuat sale ialah memilih bahan dasar panganan ini yaitu buah pisang. Tak semua jenis pisang dapat dijadikan sale, disini yang digunakan ialah jenis pisang seblot dan pisang apu. Setelah itu pisang dikarbit dalam tempat tertentu dengan diberi sedikit air supaya mengurangi bau karbit pada pisang, proses selanjutnya yaitu pisang dikupas dan disimpan di sasag (tempat pisang yang terbuat dari bambu-red) setelah itu dijemur selama dua hari, hari pertama dijemur pada bagian sisi kanan dan hari kedua dijemur pada sisi kiri sehingga badan pisang dapat terjemur secara maksimal. Setelah pisang nenyusut kemudian disimpan untuk proses selanjutnya yaitu pengasapan, pengasapan dilakukan dengan cara seksama dengan temperatur suhu tertentu, bara api pun diatur agar tidak terlalu panas karena yang ditargetkan ialah pengasapannya, proses ini dilakukan selama satu jam. Pengasapan penting dilakukan guna menciptakan aroma sale yang wangi. Kesemua tahapan proses ini dilakukan kurang lebih selama seminggu.

Najib menjelaskan awalnya sale silegit di produksi hanya beberapa kilo saja, kemudian dirinya mencoba produksi 31 Kg dan kemudian habis dipesan selama 3 hari. Setelah itu ia memproduksi dalam jumlah banyak dengan harapan ketersedian barang untuk konsumen selalu ready setiap saat. Satu kemasan sale silegit ini ukurannya 1 Kg dijual dengan harga 25K.

Penjualan dilakukan dengan berbagai macam metode, seperti penjualan melalui online, medsos dan whataps, selain itu ada juga yang diinformasikan dari mulut ke mulut. Penjualan lainnya ia menggunakan resseler dimana harga untuk reseller yaitu harga khusus. Untuk memenuhi kepuasan konsumen najib menggunakan delivery order dimana setiap pesanan bisa diantarkan ke alamat si pemesan, untuk wilayah rangkasbitung ia tak mematok ongkos kirim namun untuk luar kota yang jauh ia mengenakan ongkos kirim.

“Alhamdulilah penjualan lancar dan saya berharap agar sale silegit ini bisa melejit dan lebih dikenal oleh semua orang khususnya warga lebak dan Banten pada umumnya, semoga usaha ini semakin maju, berkembang, memiliki omset besar dan berkah,” pungkasnya (Teguh setiawan)

Leave A Reply

Your email address will not be published.