Bersama Berbagi Informasi

PKK dan FKLS Fokus Tingkatkan Kualitas Kesehatan Warga Lebak

0 229

 


Bantenshare.com,Lebak–Organisasi Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan Forum Kabupaten Lebak sehat (FKLS) fokus tingkatkan kualitas kesehatan warga lebak. Hal tersebut dikatakan oleh Ibu Ani Sumardi selaku ketua tim penggerak PKK dan FKLS pada acara podcast B_Heritage channel yang digelar di ruang kerja PKK Kabupaten Lebak pada selasa (15/9) lalu.

Wanita yang merupakan istri Ade Sumardi (wakil Bupati Lebak ) ini mengatakan, baik PKK dan FKLS memiliki kesamaan program yaitu peningkatan kualitas kesehatan warga. PKK memiliki empat pokja yaitu 1) pengalaman pancasila dan agama, 2) ekonomi dan pendidikan, 3) Tata laksana rumah tangga,pangan dan sandang, 4) kesehatan. Sementara FKLS memiliki tiga program yaitu: 1) penyehatan kawasan pemukiman sarana dan prasarana, 2) pemberdayaan kehidupan masyarakat sehat yang mandiri, 3) kawasan pariwisata sehat.

“Dari beberapa program yang ada baik PKK dan FKLS memiliki visi yang sama yaitu peningkatan kesehatan masyarakat,” ujarnya.

Lanjut ani sumardi menjelaskan upaya peningkatan kualitas kesehatan masyarakat ini sudah jauh hari dilakukan sebelum masa pandemi covid 19 muncul, namun saat ini eksistensi kegiatan ini semakin dirasakan karena covid 19 meningkat sehingga upaya program dan kegiatan peningkatan masyarakat lebih terasa pentingnya.

Untuk menuju pembentukan masyarakat Lebak yang sehat dibutuhkan beberapa hal. Dalam hal ini baik PKK maupun FKLS memainkan peran sebagai fihak yang melakukan edukasi dan kegiatan riil dimasyarakat, diantaranya ialah sosialisasi. Kegiatan sosialisasi kerap dilakukan seperti sosialisasi PHBS (prilaku hidup bersih dan sehat) melalui kegiatan gerakan cuci tangan,gerakan makan buah, gerakan tidak membuang sampah sembarangan, dan lain-lain.

Selain kegiatan sosialiasi kegiatan lainnya pun dilakukan di masyarakat seperti penyelenggaraan iva test yaitu deteksi dini kanker serviks, dimana masyarakat di cek kesehatannya agar potensi penyakit kanker serviks bisa dicegah sedini mungkin. Kegiatan lainnya ialah aksi pencegahan stunting di 10 lokasi khusus (loksus) di beberapa kecamatan. Upaya ini dilakukan agar bayi dan generasi muda kita senatiasa sehat dan bergizi.

“Selain kegiatan yang tertuang program kerja, kami pun melaksanakan bagi-bagi masker secara dor tor seraya sosialiasi, jumlah masker yang dibagikan ialah 20 ribu, 10 ribu pcs dari PKK dan 10 ribu pcs dari FKLS,” tambahnya.

Dalam kegiatannya PKK dan FKLS selalu bersinergi dengan berbagai fihak, baik itu kedinasan atau pun melibatkan kader posyandu, kader dasa wisma dan lain-lain.

“Harapan saya adalah masyarakat lebak lebih sejahtera dibawah kepemimpinan ibu iti octavia jayabaya dan bapa ade sumardi, semoga masyarakat lebak lebih sehat,sejahtera dan cerdas,” pungkasnya (Teguh setiawan)

Note: selengkapnya silahkan dilihat di channel youtube: B_Heritage channel

Leave A Reply

Your email address will not be published.