Persiapan Pergi Ke Luar Negeri, PENTING Bagi Anda Yang Baru Pertama Kali

Besarnya Minat masyarakat untuk pergi ke luar negeri merupakan salah satu indikator penting bagi setiap pembisnis di bidang transportasi udara. Karena hal tersebut di anggap sebuah peluang bagi meraka dalam mencari keuntungan. Maka dari itu tidak menutup kemungkinan akan banyaknya maskapai penerbangan yang berkompetisi dalam memberikan tarif yang murah untuk masyarakat yang akan berpergian menggunakan layanan transportasi jalur udara.

Upaya ini pastinya menjadi sebuah kabar baik bagi semua masyarakat di Indonesia. Karena untuk pergi ke luar negeri sekarang ini tidak perlu membutuhkan budget yang banyak jika di bandingkan pada jaman dahulu. Dimana kebanyakan orang pada belasan tahun lalu masih memikirkan harga tiket yang tergolong sangat mahal.

Dengan begitu pasti akan adanya ke inginan anda untuk berlibur atau travelling ke luar negeri. Terlebih harga tiket ke beberapa negara tertentu jauh lebih murah dari harga tiket tujuan ke beberapa kota yang ada di Indonesia. Walaupun demikian untuk pergi ke luar negeri sangat berbeda ketika anda sedang berpergian ke kota dalam negeri.

Karena ada beberapa hal penting yang harus di persiapkan sebelum pergi ke luar negeri. di antaranya: Bahasa yang akan digunakan, besaran biaya atau kurs dan apa tujuan anda kesana, selain itu masih banyak lagi hal yang perlu di perhatikan.

Dari beberapa hal yang tadi saya uraikan itu wajib dipertimbangkan sebelumnya. Hal ini di lakukan agar tidak ada kendala ataupun kesulitan ketika anda berada di luar negeri, apalagi bagi anda yang baru pertama kali. berikut ini beberapa hal yang anda harus persiapkan sebelum pergi ke luar negeri:

Persiapan Wajib Sebelum Pergi Ke Luar Negeri

1. Persiapkan Pasport dan Visa

Paspor adalah dokumen penting yang wajib anda bawa pada saat pergi ke luar negeri. selain itu ketika anda membelli tiket penerbangan pun anda akan membutuhkan dokumen penting ini. lebih baik lagi psapor ini anda harus miliki lebih awal. Karena anda akan membutuhkannya tanpa di duga artinya anda bisa saja membutuhkan paspor ini secara mendadak dan tanpa di rencanakan sebelumnya.

Selain itu anda harus mengurus visa. Sebenarnya visa ini digunakan jika diperlukan saja jadi sifatnya wajib atau tidak wajib. Karena ada beberapa negara tertentu yang harus di datangi dengan menggunakan visa, tetapi ada juga beberapa negara yang mengijinkan warga negara tertentu untuk berkunjung ke negara meraka tanpa menggunakan visa. Dan mungkin beberapa negara juga ada yang mengijinkan mengurusnnya melalui agen perjalanan tetapi ada juga sjumlah negara yang harus melakukan kepengurusan visa tersebut melalui kantor kedutaan negara yang di tuju. Selain hal tersebut perhatikan juga masa berlaku paspor. Dan pastikan masa berlaku paspor tersebut lebih dari 6 bulan dari tanggal keberangkatan.

2. Pesan Hotel dan Tiket Pesawat Lebih Awal Sebelum pergi Ke Luar Negeri

Hal yang berikutya yang anda wajib lakukan adalah membooking tiket pesawat, anda bisa compare harga tiket dengan maskapai penerbangan yang lain dan memilih harga tiket yang lebih terjangkau. Dan jangan lupa untuk memesan tiket keberangkatan dan pulang. Karena hal ini dapat membantu anda ketika wawancara dengan pihak imigrasi serta akan memudahkan anda pada saat pengurusan visa anda.

Selain itu anda harus mempersiapkan penginapan selama di luar negeri. lakukan pembelian secara online dan usahakan pilihlah hotel yang berlokasi berdekatan dengan pusat keramain serta mudah dalam menggunakan fasilitas publik agar anda tidak kesulitan pada saat membutuhkan alat transportasi umum ketika berada di luar negeri.

3.Perbayak Informasi Tentang Negara Yang di Tuju.

Sebelum pergi ke negara lain, akan lebih baik jika anda mempunyai banyak informasi tentang negara tersebut. Hal ini akan membantu dalam perjalanan anda kesana. Terutama perlengkapan dan pakaian yang akan anda gunakan pada saat berada di negara tersebut. Jangan lupa untuk membawa pakain yang sesuai dengan keadaan cuaca disana.

Jika anda tidak teliti hal ini akan berakibat penambahan biaya anda disana Karena bisa saja anda harus mebelli pakaian baru.
Bukan hanya itu saja anda juga harus mengetahui berbagai aturan disana dan mengetahui keadaan atau kebiasaan masyarakat di negara tujuan.

4. Persiapkan Mata Uang Yang Digunakan.

Selanjutnya untuk persiapan kepergian anda ke luar negeri yaitu uang. Tukarkan uang anda dengan mata uang di gunakan disana. Anda dapat menukar uang dengan mengunjungi money changer yang terdekat di wilayah anda. Karena jika anda menukarkan di negara tujuan anda akan di rugikan dengan kurs lebih rendah. Tentunya akan merepotkan anda jika menukarkan uang disana.

5. Catat Rencana Perjalanan

Sebelum pergi ke negara tujuan anda harus mencatat rencana perjalanan. hal ini dilakukan agar perjalanan anda disana lebih terencana dan terjadwal. Hal ini mencakup tempat wisata yang akan di kunjungi, transportasi yang digunakan, waktu kunjungan hingga harga tiket masuk jika anda mengunjungi tempat wisata. Usahakan prioritaskan mengnjungi lokasi yang berdekatan dengan lokasi tujuan sebelumnya. Agar perjalanan ke tempat wisata tersebut tidak memakan banyak waktu dan boros biaya.

6.Urus Proses Imigrasi di Negara Keberangkatan

Wajib untuk menyelesaikan dan melengkapi dokumen penting yang akan di butuhkan dalam perjalanan anda. Karena hal ini akan memudahkan dalam pemerikasaan oleh petugas imigrasi di bandara. Isi kartu kedatangan dan simpan baik- baik sampai kepulangan anda.

7. Bawa barang yang penting

Sebelum hari keberangkatan persiapkan barang bawaan hal ini agar tidak ada barang yang tertinggal. Apalagi barang tersebut sangat penting untuk di gunakan di negara tujuan. Usahakan bawa barang yang diperlukan saja. Agar anda tidak terlalu berat ketika membawa barang bawaan anda. Dan jangan lupa siapkan dompet beserta isinya seperti kartu kredit dan kartu lain yang akan di gunakan disana. Kemudian bawa juga perangkat seperti smartphone, charger dan powerbank.

Baca Juga: Inilah Tips Memilih Koper Yang bagus dan Cocok untuk Travelling

8. Urus Imigrasi pada saat tiba di negara tujuan

Setelah tiba di negara tujuan, anda akan berhadapan lagi dengan petugas imigrasi di negara tujuan. Namun anda tidak perlu khawatir dengan hal ini Karena petugas imigrasi hanya menanyakan beberapa pertanyaan saja, tentunya berkaitan dengan tujuan kunjungan ke negara itu sendiri..

9. Jangan membawa barang palsu/ imitasi

Selanjutnya jangan pernah membawa barang palsu atau imitasi. Seperti tas dompet imitasi. Karena banyak terjadi khususnya wanita yang menggunakan/ memakai tas bermerk tetapi barang tersebut imitasi hal ini akan merepotkan. Karena anda akan menanggung malu ketika tas tersebut di sobek dan disita oleh petugas.

10. Jangan lupa Berdoa Sebelum keberangkatan

Walaupun semaksimal mungkin persiapan anda untuk pergi ke luar negeri jika tuhan berkehendak lain bisa saja perjalanan anda berjalan di luar rencana. Dan anda pasti tidak mau mengalami kejadian di luar keinginan anda. Maka dari itu perbanyak berdoa sebelum dan pada saat dalam perjalanan. agar di beri keselamatan dalam perjalanan tersebut.

Nah diatas adalah beberapa hal yang penting yang perlu di perhatikan sebelum anda pergi ke luar negeri. terutama wajib di perhatikan bagi anda yang beru pertama kali pergi ke negara lain.

Related Posts

Add Comment