Bersama Berbagi Informasi

Perjalanan Panjang Pokdarwis Kiamuk, Hingga Berprestasi Dikancah Nasional

0 151

Bantenshare.com,Serang- Berawal dari sosialisasi Disparpora, para penggiat wisata di pelabuhan karangantu bergerak membentuk Pokdarwis untuk memajukan ekonomi masyarakat sekitar.

Ketika dijumpai oleh Bantenshare.com minggu (5/7) lalu, berawal dari beberapa orang, Pokdarwis Kiamuk kini menjadi Pokdarwis yang berprestasi di Provinsi Banten. Dalam perjalanannya, beberapa orang yang sudah mengikuti sosialisasi yang dilakukan oleh Disparpora, tergerak secara sadar untuk mendirikan sebuah Pokdarwis yang ada di pelabuhan karangantu, kota serang, Banten. Salah satu inisiator dari pembentukan Pokdarwis tersebut adalah Arfah Sahabudin, yang kemudian mengajak temannya yaitu mandalika, Ammar Hasan, dan kerabat yang lain, yang bertujuan sama pula untuk memajukan destinasi wisata yang ada di lingkungannya.

Pokdarwis Kiamuk didirikan tepatnya pada bulan Juni 2016 yang lalu, yang bertepatan di Pelabuhan Karangantu, kota serang, Banten. Yang pada awalnya bertujuan untuk membangun ekonomi masyarakat.

“Setelah acara sosialisasi dari Disparpora, menurutnya, ini adalah peluang yang besar untuk membangun perekonomian di Pelabuhan Karangantu yang telah menjadi sebuah pelabuhan mati, sepi dan tandus”Ujarnya.


Dalam proses pembentukannya, orang-orang yang telah mendirikan Pokdarwis Kiamuk berinisiasi meminta bimbingan ke Bapak Toto yang merupakan Kasie pengembangan destinasi wisata di Disparpora, lewat sosialisasi dan hal yang lain, kemudian tanpa menunggu waktu yang lama, Pokdarwis kiamuk mengumpulkan orang-orang untuk menjadi pengurus, dan dilantik oleh Kandispora.

Setelah dilantik ternyata banyak pandangan dari masyarakat sekitar yang bervariasi, ada yang mendukung dan ada pula yang acuh tak acuh terkait adanya Pokdarwis Kiamuk tersebut, akan tetapi hal tersebut malah semakin mendorong semangat para penggiat wisata. Terbukti dari beberapa perlombaan yang telah diikuti oleh Pokdarwis Kiamuk, mulai dari perlombaan tingkat provinsi sampai tingkat nasional.
Terbukti, dalam tingkat provinsi Banten, Pokdarwis Kiamuk berhasil mendapatkan juara 1 (satu) yang diumumkan di Alun-alun kabupaten Pandeglang, dan tingkatan Nasional Pokdarwis Kiamuk mendapatkan juara 3 (tiga) kategori MANDIRI oleh Menteri Pariwisata (Mempar) RI Arief Yahya, Kamis (26/09/2019), di hotel Ritz Carlton di jakarta. Dalam gelaran penghargaan Indonesian Sustainable Tourism Award (ISTA) 2019, Green Hotel, dan apresiasi kelompok sadar wisata (Pokdarwis) tingkat Nasional.

Ini menjadi motivasi untuk Pokdarwis yang ada di provinsi Banten. Pokdarwis Kiamuk dalam destinasi memfokuskan pada penerapan Saptapesona sehingga banyak yang tertarik dari wisatawan atau para pengunjung wisata

“sadar wisata masyarakat semakin meningkat ketika Saptapesona diterapkan dengan efektif, sehingga pariwisata dapat menjadi alternatif sumber penghasilan bagi masyarakat sekitar.”tuturnya.

Bukan hanya meningkatkan wisata yang Saptapesona, Pokdarwis Kiamuk juga sering mengadakan kegiatan bersih-bersih kampung, kegiatan pelatihan-pelatihan, melakukan jasa usaha pariwisata berupa kapal wisata, dan selfie di jembatan mangrove, menanam mangrove, serta menerima tamu yang berkunjung. Untuk sekarang Pokdarwis Kiamuk sedang mengelola berbagai wisata, mulai dari wisata bahari, wisata mangrove, wisata selfie, sampai ke destinasi wisata kuliner.

Sekarang sudah saatnya wisata ini menjadi alternatif perekonomian masyarakat dan juga akses para penggiat wisata dengan pemerintah.

Arfah sahabudin selaku sekretaris dari Pokdarwis Kiamuk berharap, “semoga semua Pokdarwis berhasil menjadi jembatan antara pemerintah dengan masyarakat, serta semoga setiap Pokdarwis dapat sehati dan seiring langkah dengan masyarakat dan pemerintah dalam membangun kampung wisata dalam upaya kesejahteraan masyarakat.” Tutupnya.(Diki fiska/TS)

Leave A Reply

Your email address will not be published.