Perjalanan Sukses Pendiri Bukalapak Achmad Zaky

Pendiri Bukalapak Achmad Zaky – Bagi anda yang gemar belanja online, pastinya sudah tidak asing lagi dengan bukalapak.com. Iya betapa tidak, saat ini bukalapak merupakan salah satu marketplace lokal terbesar saat ini.

Bukalapak adalah salah satu e–commerce online marketplace yang sejak beberapa tahun terakhir mampu mendominasi online marketing di Indonesia serta bersanding dengan marketplace terkenal lain semacam Lazada, OLX, atau pun Tokopedia.

Sejak awal pendiriannya pada tahun 2010, sekarang Bukalapak telah menjelma menjadi e–commerce besar yang paling berkembang di kawasan Asia Tenggara, dengan pertumbuhan penjualan rata – rata sebanyak 20 persen per bulan.

Selain itu Bukalapak juga telah sukses membantu perekonomian dengan memberdayakan UKM (Usaha Kecil Menengah) di Indonesia dengan menjual produk – produk mereka secara online.

Kini Bukalapak telah memiliki lebih dari 150 pelapak UKM tergabung yang sekaligus membuat situs marketplace ini menjadi salah satu online marketplace terbesar di Indonesia menurut ComScore.

Di balik sukses besar yang di dapatkan oleh Bukalapak, tentu mustahil jika tak ada yang mengarsitekinya. Dialah pendiri Bukalapak Achmad Zaky, seorang pemuda dengan segudang ide kreatif yang merupakan sang founder Bukalapak.com.

Kisah Sukses Pendiri Bukalapak Achmad Zaky

Siapa Achmad Zaky?

Achmad Zaky adalah seorang pria yang lahir di Sragen, 24 Agustus 1986. Beliau adalah lulusan teknik informatika dari ITB (Institut Teknologi Bandung) pada tahun 2004.

Bakatnya di dunia teknologi sebenarnya sudah terlihat ketika dia masih duduk di bangku sekolah dasar. Saat itu pada tahun 1997, Zaky kecil mendapatkan hadiah seperangkat komputer dan buku – buku pemrograman dari salah satu pamannya. Dari situ, Achmad Zaky terus mempelajarinya hinggaa dia menemukan passionnya di dunia komputer tersebut.

Ternyata ketertarikannya pada dunia komputer terus berlanjut dan membawa keberkahan baginya. Pendiri bukalapak Achmad Zaky ini saat beranjak SMA, dia berhasil ditunjuk sebagai wakil sekolahnya SMA Negeri 1 Solo untuk mengikuti Olimpiade Sains Nasional bidang komputer.

Tidak hanya menjadi peserta, berkat kemampuannya, Achmad Zaky berhasil menyabet gelar juara dalam Olimpiade tersebut.
Tidak hanya sampai di situ, pada tahun 2004, Achmad Zaky berhasil menembus ketatnya persaingan menuju ITB.

Selama masa kuliahnya, Achmad Zaky kembali menunjukkan kemampuannya dengan mengikuti berbagai macam perlombaan. Yang paling menonjol, dari pendiri bukalapak Ahmad Zaky ini berhasil menjadi juara 2 dalam kejuaraan Indosat Wireless Innovation Contest yang diselenggarakan tahun 2007. Ketika itu ia mampu membuat software bernama MobiSurveyor yang diklaim mampu melakukan perhitungan cepat survei pemilihan umum.

Selain itu ia juga berhasil mendapatkan Merit Award pada kejuaraan INAICTA (Indonesia ICT Awards) setahun setelahnya tepatnya pada tahun 2008.

Prestasi gemilangnya selama masa kuliah membuatnya meraih beasiswa studi ke Oregon State University dari Pemerintas Amerika Serikat. Dengan beasiswa ini, Achmad Zaky mampu menyelesaikan studinya di Universitas ternama tersebut selama kurun waktu 2 bulan.

Mengawali karir dengan mendirikan Suitmedia hingga dirikan Bukalapak

Sebelum memulai ini semua, sebenarnya seorang pendiri bukalapak Achmad Zaky pernah bercita–cita untuk bekerja di BCG atau Mckinsey.

Namun karena lingkungan ITB yang sangat entreprenurial, cara berfikirnya pun berubah dan setelah lulus dari kampus tersebut, Achmad Zaky memutuskan untuk berkecimpung di dunia StartUp.

Pertama kali dia melangkah di dunia startup dengan mendirikan Suitmedia. Suitmedia sendiri adalah perusahaan yang beroperasi di bidang jasa konsultan websiter perusahaan dan masih berjalan sampai saat ini.

Tak butuh waktu lama, Suitmedia yang dia bangun tahun 2010 mampu berkembang dengan sangat pesat hanya dalam waktu satu tahun. Melihat pesatnya perkembangan Suitmedia, pendiri bukalapak Ahmad Zaky ini memutuskan untuk mendirikan sebuah e – commerce online marketplace bernama Bukalapak, dan disinilah petualangannya dimulai.

Ide mendirikan Bukalapak

Ide mendirikan Bukalapak pertama kali muncul di benak Achmad Zaky bersama temannya, Nugroho (juga pendiri Bukalapak) yang memiliki pengalaman marketing website di Suitmedia.

Mereka sadar bahwa para seller dan buyer pasti menginginkan sebuah situs online yang dapat mempertemukan mereka dengan mudah, nyaman, dan aman. Dari sini, mereka pun memutuskan membangun Bukalapak.

Pendiri bukalapak Achamd Zacky, Memulai hanya dengan 3 orang

Di awal – awal pendiriannya, Bukalapak hanya dirintis oleh 3 orang saja. 1 orang menjadi staf, 1 orang membantu, dan Achmad Zaky sendiri yang secara aktif mengajak orang – orang untuk bergabung dengannya agar memasarkan produk mereka melalui Bukalapak.com.

Achmad Zaky yang saat itu masih mengelola Suitmedia mengajak orang – orang di sela – sela pekerjaannya. Achmad Zaky juga tak segan – segan menggunakan facebook pribadinya untuk mengajak orang – orang bergabung dengannya.

Saat itu ia mampu menghubungi sedikitnya 100 orang melalui fitur message di Facebook meskipun tidak semua setuju untuk bergabung dengannya.

Selain dari dunia maya, Achmad Zaky juga mengajak para seller di dunia nyata dengan mendatangi mall – mall dan usaha kecil menengah (UKM).

Tantangan teberat pada proses ini adalah banyaknya penolakan yang ia terima. Rata – rata alasan yang mendasari penolakan masyarakat adalah kepercayaan terhadap online marketplace yang masih rendah. Wajar, saat itu website semacam Bukalapak masih belum sepopuler sekarang.

Achmad Zaky mengaku kebanyakan penolakan yang ia terima saat itu berasal dari para pedagang di mall. Tanggapan positif justru datang dari para pelaku UKM. Dari situ, Zaky semakin bersemangat untuk bekerja sama dengan para pelaku UKM untuk sama – sama memajukan usaha mereka.

Selain itu, dia juga rutin mengedukasi masyarakat dengan memposting kisah – kisah para penjual online yang sukses melalui media sosialnya. Oleh Karena itu banyak masyarakat yang ingin tahu lebih dalam mengenai biografi ahmad zaky

Mendapatkan suntikan dana dari EMTEK Group

Beberapa waktu setelah perjuangannya merintis Bukalapak dari bawah, Achmad Zaky berhasil mendapatkan kucuran dana investasi dari EMTEK Group senilai ratusan miliar rupiah. Dengan dukungan yang luar biasa ini, Achmad Zaky sukses mengembangkan Bukalapak menjadi semakin besar.

Dia mulai merekrut orang – orang yang lebih mengerti dan berpengalaman dalam dunia marketing online. Dari sini, perkembangan Bukalapak seakan tak terbendung lagi. Pengguna dan seller yang tergabung pun menjadi semakin banyak setiap harinya.
Perjuangan tak kenal lelah membuahkan hasil, kini Bukalapak telah menjadi marketplace tersukses di negeri ini.

Pada akhirnya, perjuangan keras sang Founder bukalapak, Achmad Zaky pun membuahkan hasil. Bahkan satu tahun setelah didirikan, Bukalapak telah memiliki kurang lebih 150.000 pengguna aktif. Sekarang, mungkin jumlah itu sudah jauh terlampaui.

Selain itu, dari yang dulunya hanya dirintis oleh 3 orang, kini Achmad Zaky bersama Bukalapak sudah sukses membuka lapangan pekerjaan dengan memperkerjakan sekitar 320 karyawan di perusahaannya.

Luar biasanya lagi, jumlah transaksi yang dilakukan via Bukalapak per – harinya terbilang fantastis. Hingga saat ini, tercatat per harinya total transaksi yang terjadi di Bukalapak bisa mencapai 2 – 3 miliar rupiah.

Kisah sukses dari pendiri bukalapak Achmad Zaky ini bisa menjadi pelajaran bagi kita untuk tidak menyerah pada proses. Sesungguhnya semakin sering kita gagal, maka semakin besar peluang keberhasilan kita.

Related Posts

Add Comment