Bersama Berbagi Informasi

Pemulihan Pasca Banjir Bandang, Warga Sajira Dapatkan Bantuan Bibit Tanaman dan Benih Ikan.

0 177

Bantenshare.com,Lebak—Sejumlah Non Governmnet Organization (NGO) dan sukarelawan, yang terdiri dari Palang Merah Indonesia (PMI),Banten heritage, dan High scope indonesia berikan bantuan bibit tanaman dan benih ikan untuk penyitas banjir bandang bertempat di Kp Seupang,Desa Pajagan Kecamatan Sajira Lebak, pada sabtu (29/2) lalu.

Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka pasca pemulihan korban bencana banjir bandang yang terjadi pada januari lalu di beberapa wilayah di Kabupaten Lebak yang mana salah satunya adalah Kampung Supang di Desa Pajagan.


Ada sekitar 10 jenis tanaman hortikultura yang disumbangkan PMI, Banten Heritage dan High Scope Indonesia, jenis tanaman itu terdiri dari terung, cabai, kangkung, pepaya california dan sebagainnya. Sementara benih ikan diantaranya gurame, nila, ikan mas dan lele.

Secara simbolis bantuan diserahkan langsung oleh Nurwata Wiguna selaku Kepala Markas PMI Kota Cilegon kepada Tokoh Masyarakat Kampung Seupang, Bubun Wahibudin.

Disampaikan oleh Nurwarta Wiguna kepada tim Bantenshare.com bahwa kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari kegiatan masa pemulihan pasca bencana alam banjir bandang yang mana diantaranya adalah pemberdayaan masyarakat dan pelatihan keterampilan.

“Kegiatan ini sebagai dukungan terhadap masyarakat agar nantinya masyarakat terdampak banjir mampu hidup mandiri untuk memenuhi kebutuhan pangan mereka yang kemudian dalam waktu panjang mampu menjadikanya satu lahan mata pencaharian” kata Nurwarta.

Pria yang mengembangkan usaha website ini menambahkan dalam waktu dekat sebelum mulai penanaman akan dibangun terlebih dahulu Rumah Semai dan Bibit agar penanaman menjadi maksimal diatas lahan seluas satu hektare.

Sementara itu Haodudin selaku direktur Banten Heritage, berharap agar melalui kegiatan ini masyarakat bisa kembali bangkit dan tidak lagi mengharapkan bantuan langsung dari para donatur, tetapi bagaimana caranya masyarakat mampu secara mandiri dengan beberapa keterampilan yang dimiliki, dapat memaksimalkan lahan pertanian dan perikanan yang kelak akan dikembangkan.

“Kita mengharapkan masyarakat mampu mandiri dengan berbagai keterampilan yang dimiliki” ucapnya.

Pria yang juga  sebagai Wirausahawan ini juga menyampaikan bahwa Banten Heritage akan menidaklanjuti kegiatan ini dengan mengadakan pelatihan penyemaian bibit dan penanaman, secara teknis dengan mencoba bekerja sama dengan NGO atau dinas terkait.

“Tindak lanjut dari pada kegiatan ini insyaallah Banten Heritage akan mengadakan pelatihan penyemaian dan penanaman supaya hasilnya nanti bisa maksimal”pungkasnya.(ESA/TS)

Leave A Reply

Your email address will not be published.