Bersama Berbagi Informasi

New Normal, Pemuda-Pemudi Lebak Ajak Warga Baca Buku

0 188

 

Bantenshare.com,Lebak-Pemuda pemudi Lebak yang tergabung dalam wadah
Pemuda Lebak Peduli ( PLP) menggelar baca buku gratis untuk pengunjung alun-alun dan anak jalanan. Acara terlaksana dengan tetap patuh pada protokol kesehatan, kegiatan ini dilaksanakan pada Minggu ( 19/7) lalu, bertempat di taman alun-alun Rangkasbitung.

Komunitas literasi yang berdiri sejak tahun 2018 lalu ini rutin mengadakan kegiatan baca buku gratis tiap hari khususnya setiap hari minggu siang dengan tujuan menumbuhkan minat baca masyarakat khususnya anak-anak.

Secara khusus internal komunitas PLP mengajak agar orang orang yang terjun di dalam PLP agar terasah dan terjaga semangat kepeduliannya terhadap lingkungan sosial khususnya dalam ranah literasi (baca tulis) yang direalisasikan dalam bentuk kegiatan mengajak dan membudayakan kembali budaya literasi yang semakin hari semakin pudar, selain itu tujuan kegiatan lainnnya ialah agar semua orang, baik yang sudah bergabung dan belum mengenal PLP agar bisa tertular semangat kepedulian terhadap sesama dan cinta akan budaya literasi yang dikembangkan khususnya pada kaum muda dan umumnya pada setiap golongan dengan semangat kekeluargaan, kepedulian terhadap sesama sehingga semangat literasi yang PLP pupuk secara komitmen berlangsung dengan berkelanjutan.

Konsep yang di terapkan PLP dalam melaksanakan kegiatan gelaran buku ini tak jauh berbeda dengan kegiatan sebelumnya namun untuk kali ada beberapa hal yang berbeda, yaitu menerapkan protokol kesehatan sebagaimana yang di tetapkan oleh pemerintah agar dapat mencegah penularan virus Covid- 19.

Jaka Putra selaku ketua Komunitas PLP memaparkan
Konsepan yang PLP terapkan di tengah pandemik covid-19 tentunya harus sesuai dengan arahan pemerintah, yaitu dengan tetap memakai masker dan menghimbau kepada pengunjung untuk membawa hand sanitizer.
Dan sebelumnya pihaknya sudah meminta izin kepada satpol PP Kabupaten Lebak terlebih dahulu untuk mengadakan gelaran buku lagi, hal tersebut dilakukan dikarenakan sebagai bentuk upaya PLP agar tetap berkegiatan dengan mengikuti prosedur yang ada,perizinan, keamanan dan juga protokol kesehatan.

Kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan budaya literasi dan meningkatkan kepedulian sosial dalam segala aspek terhadap sesama khususnya untuk anak – anak jalanan yang tidak mampu bersekolah agar dapat merasakan pendidikan yang sama dengan anak- anak yang lain walaupun dengan cara yang berbeda.

Jaka putra juga menambah, Harapannya adalah bahwa kebutuhan akan ilmu tidak bisa di tawar lagi, Sedangkan cara paling baik untuk mendapatkan ilmu adalah dengan cara membaca. Untuk itu dirinya berharap seluruh masyarakat khususnya di Kabupaten Lebak bisa melek aksara, melek literasi agar terwujudnya budaya membaca yang mumpuni sehingga kita akan memiliki generasi penerus yang penuh akan ilmu dan wawasan.

“Dengan melestarikan kembali kebiasaan literasi kita dapat tahu hal yang baru yang belum kita ketahui sehingga kita akan terus belajar dan dengan membudayakan kepedulian sosial kita dapat merasakan kesulitan yang di rasakan oleh orang sekitar kita sehingga kita dapat terus bersyukur” pungkasnya

Sementara Haodudin selaku pengamat sosial budaya dari Banten Heritage mengatakan bahwa dirinya sangat mengapresiasi dengan kegiatan yang diadakan oleh PLP pasalnya upaya membuka ruang literasi di medan publik tak banyak orang yang bisa melakukannya, jadi kegiatan ini dinilai sangat positif.

“Saya sangat mendukung dengan kegiatan yang diadakan oleh PLP, semoga kegiatan ini senantiasa ramai dikunjungi para pengunjung sehingga budaya baca warga lebak bisa tercapai dan menjadi kebiasaan positif,” pungkasnya (Imam Muarif/teguh)

Leave A Reply

Your email address will not be published.