Bersama Berbagi Informasi

Museum Multatuli Gelar Nonton Bareng Film Dokumenter.

0 314

Bantenshare.com,Lebak—Dalam rangka mengenang 200 Tahun Multatuli, Museum Multatuli gelar nonton bareng film dokumenter pada sabtu (7/3) lalu.
Bonie Triyana selaku produser eksekutif film yang berjudul “Setelah Multatuli Pergi” ini dalam sambutannya mengatakan bahwa tujuan digelarnya nonton bareng dan pemutaran perdana film ini ialah untuk berusaha menelaah kembali moment-moment penting pasca kepergian multatuli dari lebak, lewat penuturan Arjan Onderdenwijngaard dalam perjalanan reportasenya di Lebak antara Tahun 1987 dan 2019, di film ini nantinya penonton dapat menilai tentang perjalanan sosio kultural ekonomi warga Lebak di tahun tersebut.
Film dokumenter yang disutradarai oleh Yogi D sumule ini berhasil diproduksi berkat kerjasama beberapa pihak yaitu Historia ID,sebelas Film works, tobing agency dan dutch culture heritage fund.
Film ini setelah diputar perdana di Lebak, menurut rencana akan di lakukan pemutaran film di wilayah eropa dengan berkeliling seperti Amsterdam,Brussel,Paris,Berlin dan Hamburg. Sementara pemutaran film perdana di Kabupaten Lebak dipilih karena berdasarkan nilai historis yang tertinggal, dimana awalnya multatuli terinspirasi untuk menulis kisah-kisah penderitaan rakyat jajahan khususnya di Lebak, seperti yang tertera dalam cerita saija adinda dari desa badur.
Sementara Iti Octavia Jayabaya selaku Bupati Lebak menyambut baik kegiatan pemutaran perdana dan nobar film dokumenter ini, dirinya berharap agar melalui pemutaran film ini generasi muda bisa lebih mencintai sejarah dan bisa mewarisi semangat antikolonialisme yang disampaikan oleh multatuli.
“Kegiatan ini bukan untuk mengkultuskan multatuli, tapi semoga kita semuanya bisa mewarisi semangat yang disampaikan oleh multatuli, sehingga ini dijadikan spirit oleh kita semua dalam berpartisipasi aktif dalam pembangunan, karena pada dasarnya pembangunan itu harus dilakukan oleh semua element , baik itu pemerintah dan juga masyarakat” pungkasnya (Teguh setiawan)

Leave A Reply

Your email address will not be published.