oleh

5 Trik Jitu Meningkatkan Saldo Tabungan, Pasti Anda Ingin Melakukannya

Trik jitu untuk meningkatkan saldo tabungan. Sulitnya untuk menyisihkan sebagian hasil pendapatan mungkin banyak dialami oleh banyak orang. Jika kita tidak cermat dalam perencanaan, bisa saja uang yang sedianya akan ditabung terpakai untuk berbagai kebutuhan yang tidak kita rencanakan. Dan alhasil saldo tabungan tidak kunjung meningkat.

Memang, meningkatkan saldo tabungan bisa dikatakan bukanlah sesuatu hal yang mudah untuk dilakukan. Terlebih buat mereka yang memiliki penghasilan pas-pasan dengan banyak kebutuhan. Untuk itu, agar saldo tabungan bisa bertambah, harus memiliki trik khusus yang harus dipatuhi. Nah, apa sajakah triknya?

Loading...

5 Trik Untuk meningkatkan Saldo Tabungan Anda

meningkatkan saldo tabungan bb

1. Menambahkan saldo tabungan secara terus menerus

Trik jitu meningkatkan saldo tabungan anda yang pertama yaitu dengan menambahkan saldo tabungan secara berkala dan terus menerus.

Contoh jika pada bulan Januari anda menambahkan saldo Rp.500.000, maka di bulan berikutnya anda dapat meningkatkan menjadi Rp. 550.000, begitupun di bulan-bulan beikutnya. Dengan cara tersebut tabungan semakin meningkat, dan karena penambahan sedikit-demi sedikit, jadinya tak begitu berasa.

2. Cermat dalam menentukan barang yang akan dibeli

Yang dimaksud cermat dalam menentukan barang yang akan dibeli yaitu usaha untuk memprioritaskan suatu kebutuhan, mana kebutuhan yang sifatnya primer dan mana yang tersier. List barang apa saja yang ingin anda beli berdasarkan kriteria tersebut.

Lalu kaji kembali barang-barang yang sudah masuk didalam daftar pembelian yang anda buat. Apakah sudah sesuai dengan kebutuhan dengan mengedepankan skala prioritas atau belum. Dengan begitu pengeluaran dapat ditekan dan kemungkinan besar kita bisa menyisihkan uang untuk meningkatkan saldo tabungan.

3. Mulailah untuk berfikir mencari pendapatan tambahan

Di era yang serba modern seperti saat ini dibutuhkan sekali pemikiran kreatif. Jika kita hanya terpaku di satu titik pemasukan, maka kita tidak akan mendapatkan pengalaman dan penghasilah tambahan.

Jadi, gunakan kreatifitas dan skill kita untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Misalnya jika kita kerja di perusahaan dengan skill di bidang elektornik, maka dirumah kita bisa membuka bengkel atau servise elektronik. Atau mungkin ide-ide lainnya.

Intinya gimana caranya kita punya usaha yang menghasilkan uang, yang tentunya tidak mengganggu pekerjaan utama kita. Dan hasil dari pemasukan tambahan tersebut bisa untuk ditabung secara rutin.

4. Tanamkan didalam diri anda bahwa menabung adalah kewajiban

Kewajiban adalah sesuatu hal yang wajib kita kerjakan. Nah cobalah untuk mensugesti diri anda bahwa menabung adalah kewajiban rutin yang harus anda bayar setiap anda memperoleh gaji. Jadi dengan begitu keinginan anda untuk menggunakan saldo tabungan dalam mencukupi kebutuhan sehari-hari dapat anda cegah sendiri.

5. Menanamkan gaya hidup hemat

Gaya hidup menjadi suatu masalah yang besar didalam keuangan. Semakin tinggi gaya hidup yang kita jalani, maka semakin besar pula pengeluaran yang akan kita lakukan.

Mulailah untuk menanamkan pola hidup hemat dengan memangkas beberapa pengeluaran yang menyangkut gaya hidup. Misalnya jika anda seorang perokok cobalah untuk menguranginya.

Cobalah untuk sekali-kali mengkalkulasi besarnya biaya yang harus anda keluarkan untuk membeli rokok selama satu bulan. Jika 1 bungkus rokok seharga Rp. 15.000, maka didalam setiap bulan anda akan mengeluarkan budget khusus untuk kebutuhan rokok sebesar Rp. 450.000.

Apabila dana tersebut dialokasikan untuk tabungan anda dimasa depan pastinya saldo tabungan anda dapat bertambah. Bayangkan jika hal tersebut anda lakukan setiap bulan, tentunya dalam jangka 1 tahun uang tersebut akan terkumpul banyak.

Semua hal yang kita lakukan pastinya berasal dari diri kita sendiri. Begitupun dengan menabung. Jika anda tidak membiasakan diri untuk menabung sejak dini, kelak kerja keras kita tidak akan berbuah apa-apa.

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *