Bersama Berbagi Informasi

Meningkatkan mutu pendidikan, SMKS BANTEN RAYA gelar kegiatan supervisi siklus II

0 67

Bantenshare.com, Pandeglang – Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di sekolah binaan, pengawas SMK Marzuki Rahman, M.Pd pada hari rabu, 21 Oktober 2020 melaksanakan pembinaan dalam supervisi mutu siklus 2 di SMK Banten Raya Pandeglang.

Pengawas Pembina Marzuki Rahman, M.Pd, mengatakan, sasaran utama supervisi mutu adalah SPMI (Sistem Penjaminan Mutu Internal), Manajemen, Pembelajaran dan standar kompetensi lulusan (SKL).

“Dalam upaya peningkatan mutu pendidikan dibutuhkan inovasi dan kreatifitas terkait pengelolaan sekolah dan penataan sumber daya manusia yang dilakukan oleh para stakeholder pendidikan dan mengacu kepada 8 standar nasional pendidikan diantaranya standar isi, standar proses, standar kopetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, setandar pembiayaan, standar penilaian pendidikan,” katanya, Rabu (21/10/2020).


Marzuki Rahman, M.Pd menjelaskan, dua aspek manajerial dan akademik menitik beratkan pada pengamatan pada aspek-aspek pengelolaan dan administrasi sekolah, berfungsi sebagai pendukung (supporting) terlaksananya pembelajaran.


“Aspek pengelolaan sekolah yang terkait langsung dengan peningkatan efisiensi dan efektivitas sekolah yang mencakup perencanaan, koordinasi, pelaksanaan, penilaian, pengembangan kompetensi sumberdaya manusia (SDM) kependidikan dan sumberdaya lainnya,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala SMKS Banten Raya, Muhammad Arif Sofyani, M.Pd, mengatakan, setiap tiga bulan sekolah pengawas pembina gugus malakukan pembinaan. Mereka yang dibina sebanyak 25 guru, 5 tata usaha dan kepala sekolah, sedangkan untuk supervisi dilakukan 1 tahun 2 kali persemesternya.

“Pembinaan Supervisi Mutu tingkat satuan pendidikan diharapkan tenaga pendidik untuk mencapai penguasaan peningkatan pengetahuan dan ketrampilan dalam proses pembelajaran secara maksimal dan terus semakin baik.Terutama dalam pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebagai acuan guru mengajar agar lebih baik dan simple. Sehingga apa yang direncanakan oleh guru pada saat mengajar dapat terserap dengan baik oleh siswa,” pungkasnya (Herawan/teguh)

Leave A Reply

Your email address will not be published.