oleh

Mengetahui Apa Saja Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan Anda

Alpukat merupakan salah satu buah yang cukup banyak pemanfaatannya. Di Indonesia, alpukat kerap diolah dengan cara dijus, namun di belahan dunia lainnya, alpukat dapat menjadi salah satu bahan hidangan pelengkap makanan berat.

Buah alpukat memiliki tekstur seperti mentega, dengan daging berwarna kuning segar yang siap disantap. Selain rasanya enak, alpukat juga memiliki berbagai manfaat Bagi kesehatan.

Loading...

Berikut Beberapa Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan

1. Kaya Akan Kalium

Alpukat merupakan salah satu buah-buahan yang mengandung kalium dalam kadar tinggi, bahkan jumlah kalium pada alpukat lebih banyak daripada kalium yang terkandung dalam pisang. Kalium merupakan mineral yang paling sering dilupakan orang sehingga tidak banyak orang yang mampu memenuhi kebutuhan kalium harian.

Padahal, kalium berguna untuk memperlancar aliran elektrik pada sistem saraf, menurunkan tekanan darah, hingga menurunkan risiko seseorang terkena penyakit jantung. Mengingat manfaat alpukat untuk kesehatan yang satu ini begitu penting, Anda dianjurkan untuk mengonsumsinya secara rutin.

2. Kandungan Lemak Sehat

Alpukat dikenal sebagai buah dengan kadar lemak yang tinggi. Tapi jangan salah sangka dahulu, karena lemak yang terkandung dalam alpukat merupakan lemak tak jenuh (asam lemak oleat) yang dalam tubuh diubah menjadi kolesterol baik.

Asam oleat banyak dihubungkan dengan zat pencegah peradangan dalam tubuh, serta memiliki efek baik untuk mencegah kanker. Manfaat alpukat untuk kesehatan juga sudah teruji, karena lemak pada alpukat cukup tahan akan panas, sehingga alpukat aman dan sehat digunakan sebagai salah satu bahan memasak.

3. Banyak Mengandung Serat

Setiap orang membutuhkan asupan serat harian, yang berfungsi untuk melancarkan pencernaan, menurunkan berat badan, serta mengurangi kadar gula dalam darah. Alpukat dapat menjadi solusi sumber serat yang sedap dimakan.

Dalam alpukat, terkandung baik serat yang mampu larut dalam air (25%) dan juga serat yang tak larut dalam air. Kedua jenis serat tersebut menambah manfaat alpukat untuk kesehatan dengan menyediakan makanan bagi bakteri pencerna makanan di dalam usus.

4. Menurunkan Kadar Kolesterol

Dalam sebuah penelitian, manfaat alpukat untuk kesehatan lainnya adalah untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh yang menjadi penyebab berbagai macam penyakit. Dengan mengonsumsi alpukat secara rutin, kadar trigliserida (lemak) dalam darah dapat berkurang hingga 20%, kolesterol LDL pun dapat berkurang hingga 22%.

Baca Juga: Minuman Dan Makanan Penurun Kolesterol Yang Perlu Anda Coba

Kandungan lemak tak jenuh dalam alpukat akan diubah menjadi kolesterol baik dalam tubuh (HDL). Dalam sebuah penelitian, kolesterol HDL dapat ditingkatkan sebanyak 11% dengan mengonsumsi buah alpukat. Untuk Anda yang ingin jantung dan pembuluh darah tetap sehat, jangan lupa untuk sering mengonsumsi buah yang satu ini.

5. Kandungan Antioksidan yang Kuat

Tak ketinggalan, manfaat alpukat unutk kesehatan lainnya terbukti dengan kandungan berbagai macam antioksidan yang penting bagi tubuh. Dalam alpukat, terkandung antioksidan berupa zat lutein dan zeaxanthin yang sangat penting untuk kesehatan mata.

Antioksidan tersebut menurut banyak penelitian sangat bemanfaat untuk menurunkan risiko katarak serta degenerasi makula pada mata yang sering menyerang para lansia.

6. Menurunkan Berat Badan

Dalam beberapa penelitan, manfaat alpukat untuk kesehatan lainnya yang cukup penting adalah untuk menurunkan berat badan. Sebuah penelitan yang telah dipublikasikan dalam Nutrition Journal misalnya, meneliti dua kelompok orang yang dibagi antara mengonsumsi hidangan harian dengan alpukat dan tidak mengonsumsi alpukat. Hasilnya, mereka yang mengonsumsi alpukat merasa 23% lebih kenyang dan nafsu makan ditekan hingga 28% untuk 5 jam selanjutnya setelah makan.

Baca juga : 7 Makanan Rendah Kalori Ini Akan Membantu Diet Anda

Demikianlah ulasan mengenai manfaat alpukat untuk kesehatan. Jika Anda suka mengonsumsi jus alpukat, jangan lupa untuk tidak menambahkan gula dalam jumlah berlebihan untuk mendapatkan khasiat terbaik dari nutrisi yang terkandung di dalam alpukat.

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *