oleh

Mengenal Gaya Hidup Bebas dengan Segala Dampak Buruknya

Perlu diketahui bahwa gaya hidup bebas merupakan gaya hidup yang lebih mengarah kepada pergaulan bebas yang sering dijumpai saat ini dan lebih tepatnya sedang marak pada zaman ini. Pergaulan bebas lebih banyak membawa dampak negatif baik bagi diri sendiri maupun orang lain.

Dampak Negatif Pergaulan Bebas

1. Kurangnya rasa beriman kepada Tuhan sehingga malas untuk beribadah.

Dampak pergaulan bebas pada diri sendiri adalah kurangnya bahkan hilangnya rasa iman kepada Tuhan. Kehilangan rasa iman akan menyebabkan diri sendiri untuk malas beribadah dan semakin jauh dari sang pencipta.

Loading...

2. Muncul sifat hedonisme.

Tidak hanya mengganggu masalah iman, pergaulan bebas akan memunculkan rasa hedonisme dalam diri manusia. Sifat ini dicirikan dengan diri sendiri yang selalu mementingkan materi di atas segalanya. Jika sifat ini sudah menguasi diri manusia, maka manusia akan lupa beibadah dan lupa akan lainnya seperti beramal dan membantu sesama.

3. Memunculkan tindak kriminalitas.

Berawal dari sikap yang cuek terhadap aturan dan selalu melanggar aturan, jika diri seseorang sudah dikuasai rasa seperti ini, maka akan muncul tindak kriminalitas. Hal ini dikarenakan, keyakinan dalam diri yang menyatakan bahwa dirinya merasa benar untuk tidak mengikuti aturan. Diri sendiri akan selalu berontak terhadap aturan-aturan baik dalam agama maupun dalam masyarakat.

4. Timbulnya penyakit-penyakit kronis yang tidak diinginkan.

Jika sudah tidak mau mentaati aturan, maka perilaku bebas ini akan membawa diri Anda ke masalah yang lebih kronis seperti seks bebas yang akhirnya akan menimbulkan penyakit yang tidak diinginkan seperti HIV, kanker dan penyakit menular seksual lainnya. Tidak hanya itu, jika timbul kehamilan yang tidak diinginkan maka akan terjadi aborsi yang juga merusak tubuh.

5. Malas bersekolah.

Jika pergaulan bebas terjadi pada remaja, maka akan timbul rasa malas untuk belajar hingga mampu meninggalkan bangku sekolah. Bagi yang mengalami pergaulan bebas akan merasa bahwa pendidikan bukanlah hal yang penting.

6. Hilangnya rasa empati dan simpati pada diri sendiri.

Kehilangan rasa simpati dan empati sudah pasti. Hal ini dikarenakan diri Anda sudah dikuasai oleh sifat hedonisme dan kurangnya rasa iman. Anda sudah mulai tidak peduli lagi terhadap sekitar.

Cara Mengatasi Pergaulan Bebas

pergaulan Bebas

1. Hindari lingkungan yang buruk.

Bagi Anda yang terlanjur tinggal atau berkecimpung dalam lingkungan yang buruk, lebih baik tinggalkan mulai daari sekarang. Jangan sekali-sekali bertahan dalam lingkungan yang membawa dampak negatif bagi diri Anda dan bagi Anda yang memiliki rasa penasaran yang tinggi, hal ini dilarang dicoba.

2. Isi waktu luang.

Isi waktu luang Anda dengan kegiatan yang positif. Isi waktu luang Anda dengan hal-hal positif seperti membaca buku, menulis artikel, atau hal lainnya yang membuat diri Anda nyaman dan berdampak positif tentunya.

3. Selektif dalam memilih teman.

Bukan salah, jika diri Anda memilih-milih dalam berteman. Hal ini untuk melindungi Anda dari teman yang membawa dampak negatif bagi diri Anda. Pilihlah teman yang sekiranya membawa pengaruh positif bagi diri Anda.

4. Batasi diri dalam berpacaran.

Dalam berpacaran, hendaknya diri Anda selalu membatasi diri. Jangan melakukan hal yang tidak-tidak, hal-hal yang dilarang dilakukan sebelum menikah. Berpacaran berarti hanya bertukar pikiran dengan lawan jenis, tidak lebih.

5. Buat batasan waktu keseharian.

Batasilah jam malam Anda. Jangan pulang terlalu malam. Apalagi perempuan, Anda harus sangat protektif pada diri Anda sendiri. Tentunya Anda tidak ingin sesuatu yang buruk terjadi pada diri Anda bukan?

6. Bersikap terbuka.

Bersikaplah terbuka pada orang yang telah Anda percayai seperti orang tua dan sahabat terdekat Anda. Jangan selalu menutupi masalah dan mengatasinya sendirian.

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *