Mencari Modal Untuk Usaha? Coba Anda Lakukan Salah Satu Cara Ini

Cara Mencari Modal Untuk Usaha. Walaupun anda seorang karyawan dengan penghasilan tetap setiap bulannya, terkadang penghasilan tersebut masih belum membuat anda merasa tercukupi. Karena dengan berbagai kebutuhan lainnya yang semakin meningkat dan belum lagi harga kebutuhan pokok yang semakin melonjak, menjadi tuntutan agar anda mempunyai penghasilan tambahan.

Penghasilan tambahan yang dimaksud yaitu penghasilan yang didapatkan diluar gaji anda. Dengan demikian hal ini tentunya membuat anda untuk berfikir kreatif agar dapat menemukan titik penghasilan tambahan tersebut.

Tidak dapat dipungkiri lagi jika berbicara masalah penghasilan tambahan pastinya tidak jauh dengan membuka usaha. Memang upaya ini sudah umum dilakukan oleh setiap orang yang mempunyai gaji pas- pasan. Nah jika langkah yang anda ambil untuk membuka usaha pasti akan membutuhkan modal usaha yang cukup agar usaha tersebut bisa terwujud.

Biasanya ketika ide ide untuk membuat usaha anda terkumpul didalam otak, begitu aja kandas karena tidak adanya modal usaha yang cukup untuk membangun usaha tersebut. Dalam membangun usaha memang tidak perlu mencari modal yang besar. Karena itu tergantung dengan jenis usaha apa yang akan jalankan. Tetapi jika anda tidak mempunyai modal sedikitpun, anda jangan putus asa begitu saja. Karena masih ada tempat lain dalam mencari modal untuk usaha selain dari penghasilan anda sekarang.

Beberapa tempat mencari modal untuk usaha

1. Menggunakan pinajaman Di Bank

Bank merupakan tempat yang tepat mendapatkan pinjaman modal untuk usaha anda. Ada dua alternative untuk meminjam uang atau dana di Bank. Yang pertama meminjam uang tanpa anggunan, maksudnya ialah dalam mengajukan permohonan pinjaman uang anda tidak perlu menggunakan jaminan.

Anda tinggal memenuhi syarat dan ikuti semua aturan main dari bank tersebut. Tetapi biasanya masalah bunga yang ditawarkan akan lebih besar, sekitar 10 % hingga 23 %. Saran saya jika anda menggunakan pinjaman jenis ini lebih baik memilih jangka waktu kredit yang lebih singkat.

Berikutnya pinjaman dengan program kredit multi guna. Pinjaman jenis ini merupakan pinjaman dengan mengharuskan anda memberikan jaminan seperti BPKB kendaraan bermotor atau bisa juga property yang anda punya. Biasanya bunga yang di tawarkan dari pinjaman jenis ini sekitar 9% hingga 12 %. Jadi anda tinggal sesuaikan saja jenis pinjaman mana yang sekiranya anda mampu.

Baca juga: Daftar Bank Pemberi Pinjaman Dengan Suku Bunga Rendah

2. Menggunakan Tabungan

Berikutnya agar terwujud dalam membangun usaha anda. anda bisa gunakan tabungan pribadi sebagai modal untuk usaha anda. tentunya dengan cara ini anda tidak akan terikat hutang dengan bank. Selain aman dari hutang anda juga tidak akan terbebani besaran bunga akibat pinjaman.

3. Manfaatkan Aset Pribadi Atau Keluarga.

Cara lain mencari modal untuk usaha, anda dapat memanfaatkan aset anda pribadi atau keluarga. Dengan menjual aset anda seperti kendaraan, emas, rumah, atau barang lainnya yang berharga, ini dapat merubahnya menjadi modal untuk usaha anda. Tentunya dengan perhitungan keuntungan yang jelas. Agar anda tidak menyesal dikemudian hari.

Tetapi jika anda merasa berat untuk menjual aset anda pribadi, anda bisa pilih jalan lain dengan cara menggadai aset tersebut. Untuk menggadai aset, anda bisa datang ke pegadaian. Dan jangan lupa pelajari terlebih dahulu aturan atau ketentuan di pegadaian yang akan anda pilih.

4. Meminjam uang dikerabat dekat.

Selain bank dan pegadaian anda bisa mendapatkan modal untuk usaha anda yaitu dengan meminjam uang dari teman atau sanak sodara. Agar lebih meyakinkan anda coba persentasikan progress usaha serta estimasi keuntungan yang akan didapatkan kepada kerabat anda. setelah itu barulah anda negosiasikan masalah sistem pembayaran dan jangka waktunya. Atau bisa anda ajak kerja sama jika anda dan kerabat anda mau dalam membangun usahanya bersama- sama.

5. Meminjam di Koperasi

Cara mencari modal untuk usaha berikutnya, anda bisa meminjamnya di koperasi simpan pinjam. Tentunya anda harus menjadi anggota koperasi tersebut. Jika anda memilih alternative ini jangan lupa perhatikan berapa bunga yang ditawarkan. Biasanya bunga yang ditwarkan koperasi lebih kecil dari pinjaman di bank.

6. Situs Penyedia Pinajaman uang secara Online.

Selanjutnya tempat pinjaman uang untuk modal usaha, anda bisa mendapatkannya dengan secara online. Sekarang sudah banyak beberapa situs penyedia pinjaman secara online. Jika anda memilih cara ini silahkan baca artikel daftar situs penyedia pinjaman uang secara online. Artikel tersebut semoga menjadi rekomendasi tempat meminjam uang untuk usaha anda.

Nah demikian beberapa tempat pinjaman modal untuk usaha. Semoga artikel ini dapat membantu dan menjadi referensi dalam membangun usaha baru anda. terimakasih.

Related Posts

Add Comment