Tips Menabung untuk Biaya Pernikahan Khusus yang Bergaji 2 Jutaan

Melangsungkan pernikahan pasti merupakan impian semua orang. Asalkan sudah ada pasangannya, pasti semua orang menginginkan untuk segera melangsungkan pernikahan. Namun, pernikahan bukanlah hal yang sepele. Semua orang yang berencana menikah pasti memikirkan biaya pernikahan yang harus mereka tanggung. Solusi yang paling tepat agar impian segera terwujud adalah menabung untuk biaya pernikahan.

Anda ingin cepat melangsungkan pernikahan, tapi gaji Anda hanya 2 jutaan? Tenang, Anda tak perlu pesimis dan panik dengan mahalnya biaya pesta pernikahan. Berikut ini ada beberapa tips/strategi yang bisa dicoba untuk mengumpulkan biaya pernikahan Anda.

Tips Menabung untuk Biaya Pernikahan

Gaji kecil bukanlah halangan untuk menikah. Yang perlu Anda perhatikan adalah tips-tips khusus sehingga tabungan Anda cukup untuk biaya pernikahan.

1. Buat Rekening Khusus Tabungan Pernikahan

Bagi Anda yang sulit sekali berhemat apalagi untuk menabung, Anda dapat menerapkan trik ini. Caranya adalah dengan membuka rekening khusus untuk tabungan pernikahan. Bank seperti BRI biasanya menyediakan tabungan jenis “Simpananku”. Tabungan ini mirip dengan deposito, namun waktu minimal pengambilannya hanya 1 tahun.

Tabungan ini tiap bulan secara otomatis akan memotong saldo rekening utama Anda untuk dimasukkan dalam Simpananku. Jumlah Saldo yang dimasukkan sesuai dengan perjanjian antara Anda dan pihak bank. Jadi, istilahnya, Anda dipaksa untuk menabung.

2. Sisihkan 15% dari Gaji

Pesta pernikahan pasti minimal membutuhkan biaya sewa gedung dan katering. Selain itu Anda pasti membutuhkan biaya sewa gaun pengantin dan makeup. Jadi, cobalah untuk konsisten menyisihkan 15% dari gaji bulanan Anda untuk persiapan dana tesebut. Jika gaji Anda 2 juta, maka setidaknya Anda harus menyisihkan 300 ribu rupiah perbulan. Masukkan uang tersebut ke rekening khusus tabungan pernikahan Anda.

3. Sisihkan 100Ribu Rupiah Perbulan

Uang 100ribu rupiah pastinya bukanlah jumlah yang terlalu besar, jika Anda mau menyisihkan setidaknya 100ribu rupiah saja dalam satu bulan, maka selama 3 tahun Anda sudah bisa mengumpulkan uang 3,6 juta rupiah. Walau tidak besar, namun dana itu tentunya dapat Anda gunakan untuk membeli cincin pernikahan.

Tips Mencari Penghasilan Tambahan untuk Pernikahan

Anda sudah menabung untuk biaya pernikahan, namun rasa-rasanya dana tersebut belum mencukupi. Maka sudah saatnya Anda memikirkan cara mencari penghasilan tambahan. Ada banyak cara menghasilkan uang tambahan untuk dana pernikahan Anda, seperti :

1. Menjadi Penulis Artikel

Pekerjaan sambilan ini dapat Anda lakukan dimanapun dan kapanpun, asalkan memiliki laptop/komputer dan koneksi internet. saat waktu luang, daripada digunakan untuk bermain atau bersantai yang tidak perlu, lebih baik Anda menggunakannya untuk menulis artikel. Hasil kerja sambilan ini jangan lupa langsung Anda masukkan ke rekening khusus pernikahan, agar tak habis untuk keperrluan lain.

2. Berjualan Online

Saat ini ada banyak peluang bisnis yang dapat Anda geluti dengan kemajuan internet. Salah satunya adalah dengan menjadi penjual online. Jika Anda tidak memiliki produk sendiri, maka Anda dapat menjadi reseller dengan menjualkan barang milik orang lain. Anda juga dapat menjadi dropshipper. Keuntungan berjualan online pasti akan menambah tabungan pernikahan Anda.

3. Membuka Usaha Bersama Pasangan

Selain untuk menambah tabungan pernikahan Anda, membuka usaha bersama pasangan juga akan melatih kalian mengarungi kehidupan pernikahan yang sebenarnya. Cobalah berdiskusi dengan pasangan Anda untuk membuka bisnis kecil-kecilan sesuai dengan keahlian kalian. Menabung untuk biaya pernikahan pasti akan jauh lebih mudah jika Anda memiliki penghasilan kedua selain gaji bulanan.

Tips Meminimalisir Biaya Pernikahan

1. Minimalisir Dana Kencan

Diskusikan keputusan Anda menabung untuk biaya pernikahan dengan pasangan. Beri penjelasan kepada pasangan Anda bahwa kalian harus berhemat mulai dari sekarang agar pernikahan segera terwujud. Kalian tak perlu kencan atau makan ke tempat-tempat yang mewah. Tetapkan pula anggaran kencan perminggu. Anda dapat mengalihkan anggaran kencan yang sebelumnya sangat besar untuk dana mencetak undangan, souvenir, dan lain sebagainya.

2. Cicil Barang-Barang Seserahan

Dalam sebuah pernikahan, pihak pengantin laki-laki pasti berkewajiban untuk membawa seserahan bagi pihak perempuan. Seserahan ini biasanya memakan dana yang tidak sedikit. Kenapa Anda tidak mencoba mencicil berang-barang seserahan ini? Jika suatu ketika Anda mendapatkan rezeki lebih, mulai saat ini jangan gunakan untuk berfoya-foya atau hanya sekedar mentraktir teman. Namun, gunakan untuk membeli barang-barang seserahan.

3. Pertimbangkan Foto Prewedding

Pernikahan itu tak selalu harus menggunakan foto prewedding. Jika Anda dan pasangan sepakat untuk tak menggunakan foto prewedding, maka Anda akan mampu menghemat dana hingga jutaan rupiah. Dana ini dapat Anda masukkan ke dalam tabungan khusus pernikahan.

Jika Anda dan pasangan tetap kukuh ingin memiliki foto prewedding, maka gunakan cara yang cerdas. Anda dapat menghubungi teman atau kenalan yang memiliki bakat dan hobi fotografi untuk memfoto kalian. Biasanya mereka akan mematok tarif yang jauh lebih murah daripada vendor studio foto ternama.

Itulah tips menabung untuk biaya pernikahan dan cara mendapatkan penghasilan tambahan. Semoga dengan menerapkan tips-tips di atas, Anda dan pasangan dapat segera mewujudkan impian menuju ke pelaminan.

Related Posts

Add Comment