Meminjam Uang Di Bank? Wajib Pertimbangkan Hal Penting Ini

Adakalanya, kita sekali waktu membutuhkan uang dalam jumlah banyak, entah itu untuk membuka usaha baru, untuk membeli rumah, atau utuk kebutuhan lainnya. Dan, salah satu solusi untuk memenuhi kebutuhan itu adalah dengan meminjam uang di Bank. Apalagi dengan kemudahan-kemudahan peminjaman yang kerap ditawarkan oleh beberapa Bank.

Dengan aneka kemudahan peminjaman itulah, seringkali kita tergoda untuk terus meminjam uang, sehingga seringkali kita terjebak ke dalam lilitan hutang yang berkepanjangan. Agar Anda tidak terjebak ke dalam permasalahan yang lebih rumit dengan meminjam uang di Bank. Maka sebelum Anda meminjam uang, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal berikut, supaya tidak ada penyesalan.

Meminjam Uang Di Bank Itu Artinya Berhutang

Sebelum meminjam uang di Bank, maka yang perlu Anda perhatikan dan sadari sesadar-sadarnya adalah hakikat dari meminjam uang di Bank. Ingatlah, bahwa ketika Anda meminjam di Bank, berarti Anda memiliki hutang. Dan semua hutang itu wajib hukumnya untuk dibayar. Dengan mengingat hal ini, semoga akan menjadi bahan pertimbangan yang perlu dipikirkan lebih dalam lagi, sehingga Anda tidak mudah berhutang untuk banyak hal dalam hidup Anda.

Baca Juga: Daftar Bank Pemberi Pinjaman Dengan Suku Bunga Rendah

Apabila Anda memiliki banyak hutang, maka Anda tidak akan tenang dalam menjalani hidup. Rasanya seperti ada yang mengejar-ngejar. Dan hal semacam ini membuat Anda sangat merindukan arti sebuah ketenangan dan kedamaian, serta kebahagiaan yang selalu pergi saat mengingat tumpukan hutang.

Tinjau Ulang Biaya Hidup Anda

Sebelum Anda meminjam uang di Bank, maka Anda perlu meninjau ulang biaya hidup. Pertimbangkan, apakah penghasilan Anda setiap bulannya cukup untuk biaya hidup atau tidak, jika sebagian dari penghasilan itu digunakan untuk membayar cicilan hutang di Bank setiap bulannya. Jika untuk biaya hidup saja sudah pas-pasan, maka Anda perlu jalan lain untuk mendapatkan uang banyak selain berhutang dengan Bank. Entah itu, menjual aset atau bersabar menggumpulkan uang.

Buatlah Perencanaan Untuk Membayarnya

Perencanaan membayar cicilan ke Bank perlu Anda pikirkan sebelum Anda meminjam uang. Dengan melakukan perencanaan, diharapkan Anda bisa melunasi hutang Anda dalam waktu sesingkat-singkatnya, karena semakin lama Anda membayar hutang itu, maka beban bunga yang perlu Anda tanggung akan semakin besar.

Jika tanpa perencanaan, bisa jadi di pertengahan jalan proses pembayarannya macet, dan Anda harus menanggung resiko dikejar-kejar debt collector, bahkan lebih parah lagi jika aset yang jadi jaminan di sita oleh pihak Bank. Tentunya Anda tidak mau jika hal ini terjadi, kan? Jadi, buatlah perencanaan dengan matang.

Pelajari Kebijakan Atau Aturan Pinjaman Dari Bank

Tiap Bank pastinya punya kebijakan yang berbeda-beda terkait peminjaman. Jadi pertimbangkan juga kebijakan-kebijakan ini sebelum Anda meminjam, termasuk berapa besar bunga yang dibebankan kepada Anda setiap bulannya. Dengan mengetahui kebijakan-kebijakan dari pihak Bank ini, Anda pun bisa mempersiapkan persyaratan-persyaratan yang ditentukan pihak Bank, agar permohonan peminjaman Anda disetujui.

Penentuan Jangka Waktu Pinjaman

Anda perlu tau bahwa semakin lama Anda meminjam, maka semakin besar uang yang perlu Anda kembalikan ke pihak Bank. Oleh karena itu, saat meminjam pun Anda perlu menentukan jangka waktu peminjamannya. Tentunya jika Anda memilih waktu pelunasan yang lebih singkat, maka Anda harus menyicil dengan jumlah yang lebih besar setiap bulannya.

Oleh karena itu, saat menentukan jangka waktu pinjaman, pertimbangkan juga kesanggupan Anda untuk menyicil. Jika sanggupnya dalam jumlah besar, maka pilihlah waktu yang lebih pendek.
Semoga bermanfaat…

Related Posts

Add Comment