Bersama Berbagi Informasi

Melihat Lebih Dekat Keindahan Seni Bela Diri Pencak Silat Silambawiqri

0 290

Bantenshare.com,Lebak—Pencak silat sebagai olah raga beladiri khas Indonesia perkembangannya semakin pesat, hal itu tercermin dari animo generasi muda yang semakin banyak belajar pencak silat. Di Lebak/Banten salah satu perguruan pencak silat yang diminati oleh generasi muda ialah Silambawiqri.

Medi subandi selaku ketua umum paguron silambawiqri menjelaskan bahwa dari tahun ke tahun jumlah anggota selalu meningkat.

“Alhamdulilah jumlah anggota kita banyak dan perguruan pun sudah menyebar di beberapa kota baik di tingkat cabang, ranting,komisariat maupun rayon” ujarnya.

Lanjut medi menjelaskan bahwa salah satu Silambawiqri digemari oleh generasi muda ialah karena keindahanya baik gerak maupun nilai ajaran indah dari Silambawiqri, pasalnya selain keterampilan beladiri, perguruan silat ini pun mengajari mengenai   nilai luhur budi pekerti sesuai ajaran islam.

Perguruan silat yang didirikan oleh KH alm Ahmad Fatoni karim pada 29 Agustus 1993 ini memiliki ruang lingkup pembinaan dan pelatihan diantaranya ialah silani (silat seni),silaga (silat olah raga), siladi (silat beladiri), silabus (silat debus), olah tenaga dalam dan kebatinan. 

Selain itu nilai ajaran yang di ajarkan ialah mengenai nilai pendidikan yang tercermin dalam filosofi “wiqoyah”, dan pelatihan jiwa kepemimpinan yang tercermin dari filosofi “Ri’ayah”, hal tersebutlah yang menjadi ciri khas dari Silambawiqri. 

Sementara pengamat budaya dari Banten Haritage, Haodudin menjelaskan bahwa keberadaan perguruan silat Silambawiqri ini sangatlah bagus guna menggembleng generasi muda untuk menjadi generasi muda yang unggul.

” saya sangat senang dengan kehadiran perguruan silat Silambawiqri ini dan mendukung sepenuhnya karena selain mengajarkan seni beladiri, generasi muda akan semakin sadar mengenai pentingnya melestarikan budaya bangsa, karena pencak silat merupakan warisan budaya bangsa yang harus dilestarikan khususnya oleh generasi muda “pungkasnya.(Teguh setiawan)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.