oleh

Inilah 5 Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan

Lidah buaya (Aloe vera) merupakan salah satu ragam tanaman Indonesia.  Tanaman ini selain dapat menjadi hiasan pekarangan rumah, juga dapat menjadi tanaman apotek hidup yang sangat banyak kegunaannya.
Biasanya, bagian lidah buaya yang banyak dimanfaatkan adalah daunnya, baik kulit daun maupun gel di dalamnya.

Manfaat lidah buaya dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan dan kecantikan, mulai dari rambut hingga masalah konstipasi.

Loading...

Berikut merupakan beberapa contoh manfaat lidah buaya:

1. Mengatasi Berbagai Masalah Rambut

Manfaat lidah buaya untuk rambut yang pertama ialah mampu mengatasi rambut rontok. Lidah buaya mengandung zat enzim proteolitik yang berfungsi untuk memperbaiki sel-sel mati di kulit kepala, juga berfungsi sebagai kondisinoner yang sangat ampuh sehingga membuat rambut lebih kuat, halus, dan berkilau sempurna.

Karena mengangkat sel-sel mati pada kulit kepala, dengan menggunakan lidah buaya, rambut juga dapat tumbuh lebih cepat, terhindar dari rasa gatal karena kulit kepala, juga mengurangi ketombe. Lidah buaya juga mengandung zat mirip keratin yang berfungsi menutrisi rambut, sehingga membuatnya lebih elastis dan tidak mudah patah.

2. Sebagai Makanan Pendukung Diet

Tidak hanya berfungsi untuk rambut, lidah buaya juga banyak diolah menjadi berbagai hidangan seperti untuk bahan tambahan es campur, agar-agar, dsb. Manfaat lidah buaya yang dikonsumsi adalah mampu membantu program diet seseorang.

Lidah buaya sangat kaya akan vitamin dan mineral yang mendukung penurunan berat badan. Penyerapan makanan dalam tubuh pun menjadi lebih lancar dengan mengonsumsi lidah buaya yang juga mengandung asam amino dan berbagai enzim yang baik bagi tubuh.

3. Mencerahkan Kulit & Mencegah Penuaan Dini

Tak heran banyak perusahaan kosmetik yang menggunakan lidah buaya sebagai salah satu komposisinya. Manfaat lidah buaya bagi kulit memang sudah tidak dirgukan lagi, karena sangat kaya akan kandungan vitamin C, vitamin E, serta beta karoten yang mampu menutrisi kulit, serta mencegah kulit mengalami penuaan dini.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda disarankan untuk meminum jus lidah buaya di pagi hari saat perut masih kosong, sehingga selain nutrisinya terserap oleh kulit, pencernaan pun lebih sehat. Dengan kondisi bagian dalam tubuh yang sehat, tentu kulit Anda pun akan memancarkan cahaya sendiri.

Baca Juga: Inilah Beberapa Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

4. Mengobati Luka Bakar

Jika di rumah Anda ada pohon lidah buaya, cobalah petik satu helai daunnya dan sentuh bagian dalam daun yang berbentuk gel dengan tangan Anda, dijamin ada sensasi dingin yang dirasakan kulit. Hal ini berkaitan dengan manfaat lidah buaya lainnya, yaitu mengobati luka bakar.

Pemanfaatan lidah buaya sebagai obat luka bakae ini juga telah disetujui oleh U.S. Food and Drug Administration semenjak tahun 1959. Ketika gel lidah buaya ditempelkan pada bagian luka bakar, area luka bakar tersebut mampu dipulihkan dengan lebih cepat dan rasa sakitnya pun berkurang.

5. Mengobati Konstipasi

Daun lidah buaya terdiri dari 3 bagian, yaitu bagian kulit paling luar, bagian gel yang mendominasi isi daun lidah buaya, dan bagian latex yang merupakan cairan kuning yang letaknya di antara kulit dan gel. Bagian latex ini juga mendukung salah satu manfaat lidah buaya untuk mengobati konstipasi (sulit buang air besar).

Bagian latex tersebut mengandung zat bernama anthraquinon, yang mampu meningkatkan kadar air dalm usus, sehingga menstimulasi organ-organ sekresi sehingga mengobati konstipasi.

Demikianlah kegunaan-kegunaan dari lidah buaya yang bisa didapatkan dengan cara yang mudah. Terlebih, tanaman lidah buaya juga cukup mudah dibudidayakan, sehingga sangat tepat dipilih sebagai salah satu tanaman apotek hidup di rumah.

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *