oleh

7 Makanan Rendah Kalori Ini Akan Membantu Diet Anda

Saat menjalani proses diet, salah satu hal yang harus diperhatikan adalah jumlah kalori yang diasup oleh tubuh. Sebisa mungkin, Anda harus mengonsumsi makanan rendah kalori agar proses menurunkan berat badan menjadi lebih cepat dan lancar.

Berikut merupakan contoh-contoh makanan rendah kalori yang bisa menjadi pilihan Anda saat berdiet :

1. Stroberi (33 kalori/100 gram)

Buah yang berasal dari dataran tinggi ini termasuk dalam makanan rendah kalori yang sangat ramah dikonsumsi Anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan. Dalam 100 gram stroberi, hanya terkandung sekitar 33 kalori. Selain itu, stroberi juga sangat segar rasanya, juga mengandung zat-zat menyehatkan lainnya seperti antioksidan dan vitamin C.

Loading...

Anda dapat mengonsumsi stroberi dengan cara dimakan langsung, diolah menjadi jus/smoothies, atua dimakan bersama yoghurt. Hindari memakan strawberry cake yang justru malah memiliki kalori tinggi untuk Anda.

2. Apel (52 kalori/100 gram)

Bicara tentang makanan rendah kalori, Anda mungkin sudah menduga bahwa apel termasuk salah satunya. Apel memang mengandung kalori yang sangat ringan, hanya 52 kalori per 100 gram dagingnya. Selain itu, apel juga sangat mudah dikonsumsi.

Untuk Anda yang sedang menjalani program diet, kabar baiknya apel juga mengandung banyak pektin, yang merupakan zat yang mampu membuat perut merasa kenyang lebih lama. Apel dapat dikonsumsi dengan cara dikupas dan dimakan langsung, atau dijadikan salad bersama yoghurt dan oatmeal.

3. Putih Telur (52 kalori/100 gram)

Sebagai sumber protein, Anda bisa mengonsumsi telur ketika sedang ingin menurunkan berat badan, khususnya bagian putih telur yang dalam 100 gramnya hanya mengandung 52 kalori. Untuk mengonsumsi makanan rendah kalori yang satu ini, usahakan mengolahnya dengan cara direbus, baik setengah matang maupun matang penuh. Hindari menggoreng telur karena justru akan meningkatkan jumlah kalorinya karena minyak yang terserap.

4. Oatmeal (68 kalori/100 gram)

Mencari menu sarapan yang tidak akan membuat Anda lapar di siang hari sekaligus rendah kalorinya? Cobalah ganti sarapan Anda dengan oatmeal. Oatmeal dapat menyerap banyak air, juga sangat kaya akan serat. Kedua fungsi ini mampu menahan rasa lapar lebih lama.

Sebagai salah satu makanan rendah kalori, oatmeal dapat dikonsumsi dengan tambahan yoghurt atau buah-buahan seperti buah beri (stroberi, beri hitam, dsb), pisang, atau buah-buahan jenis lain yang Anda sukai.

5. Popcorn (30 kalori/cangkir)

Ya, Anda tidak salah membaca. Popcorn juga merupakan salah satu makanan rendah kalori, asalkan tidak dimasak dengan menggunakan mentega dan minyak. Buat sendiri popcorn rendah kalori di rumah dengan menggunakan microwave. Biji jagung bisa dimasukkan dalam kertas microwave tanpa ditambahkan mentega. Satu cangkir popcorn memiliki kandungan kalori kira-kira 30 kalori.

6. Kentang (77 kalori/100 gram)

Kentang merupakan sumber karbohidrat yang cukup mengenyangkan dan baik untuk diet. Dibandingkan dengan nasi yang sama-sama merupakan sumber karbohidrat, kentang termasuk makanan rendah kalori dengan jumlah kalori sebanyak 77 kalori dalam 100 gramnya.

Walau begitu, Anda juga harus memperhatikan cara memasak kentang agar kalorinya bukan justru bertambah. Kentang masih termasuk makanan rendah kalori jika dimasak dengan cara direbus atau dipanggang tanpa minyak.

7. Jamur (25 kalori/100 gram)

Jamur merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki tekstur seperti daging. Untuk Anda yang sedang berdiet, jamur dapat menjadi substitusi daging, misalnya dengan dibuat burger jamur, jamur tumis, dan sebagaina. Jamur memiliki cita rasa tersendiri yang bisa membuat masakan menjadi lebih sedap. Dalam 100 gram jamur, hanya terkandung sekitar 25 kalori.

Demikianlah 7 macam makanan yang cocok untuk diet karena kandungan kalorinya yang rendah. Ingatlah selalu untuk tidak memakan berlebihan, karena semakin banyak jumlah yang Anda makan, maka semakin banyak pula kalori yang tertimbun dalam tubuh.

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *