oleh

Minuman Dan Makanan Penurun Kolesterol Yang Perlu Anda Coba

Minuman Dan Makanan Penurun Kolesterol | Kolesterol tinggi merupakan salah satu masalah yang banyak menyerang manusia. Kolesterol sendiri sebetulnya merupakan sebuah zat golongan lemak yang terdapat dalam tubuh. Terdapat dua jenis kolesterol, yaitu kolesterol baik (High Density Lipoprotein/HDL) dan kolesterol jahat (Low Density Lipoprotein).

Kolesterol jahat ditimbulkan dari berbagai makanan yang tinggi kadar purinnya. Kolesterol jahat seringkali menjadi penyebab penyakit atherosklerosis, yaitu penyumbatan pada arteri jantung yang kemudian dapat menjadi stroke.
Sangat penting untuk menjaga asupan makanan sehingga Anda tidak memiliki kolesterol tinggi. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi minuman dan makanan penurun kolesterol yang banyak sekali macamnya.

Loading...

Berikut adalah beberapa Minuman dan Makanan Penurun Kolesterol

1. Oatmeal

Terbiasa memakan nasi untuk sarapan di pagi hari? Mulai sekarang, gantilah menu nasi dengan oatmeal yang merupakan salah satu makanan penurun kolesterol. Menurut sebuah penelitian, dengan mengonsumsi oatmeal sebagai menu sarapan, seseorang dapat menurunkan kadar kolesterolnya hingga 5,3% hanya dalam 6 minggu.
Oatmeal memang mengandung komponen bernama beta-glukan yang mampu menyerap kolesterol LDL dalam tubuh dan kemudian mengeluarkannya dari tubuh. Oatmeal dapat dimakan bersama yogurt, pisang, atau strawberry untuk menambah cita rasanya.

2. Salmon

Salmon yang banyak diolah menjadi berbagai hidangan khas Jepang juga merupakan salah satu makanan penurun kolesterol yang cukup ampuh. Salmon dikenal juga sebagai jenis ikan dengan kadar lemak tinggi, namun jangan khawatir untuk mengonsumsinya, karena lemak yang terdapat dalam salmon merupakan omega-3 yang merupakan sumber kolesterol baik.

Menurut sebuah penelitian di Loma Linda University, mengonsumsi ikan berlemak seperti salmon atau sardin mampu menambah kadar kolesterol baik dalam tubuh sebanyak 4%. Seiring dengan pertambahan kolesterol baik, kadar kolesterol jahat pun turut berkurang.

3. Kacang-Kacangan

Untuk menurunkan kolesterol, gantilah cemilan goreng-gorengan dengan kacang-kacangan seperti kacang almond atau kacang mete. Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh American Journal of Clinical Nutrition, orang-orang yang mengonsumsi kacang-kacangan sebanyak 40-50 gram selama satu bulan dapat menurunkan kadar kolesterol total sebanyak 5,4%, juga menurunkan kadar kolesterol LDL sebanyak 9,3%.
Walaupun begitu, kacang-kacangan juga cukup tinggi nilai kalorinya. Sehingga Anda perlu mengkonsumsinya secukupnya saja, yaitu sekitar setengah gelas maksimal.

4. Teh

Teh yang diseduh, selain kaya akan zat antioksidan yang mampu mencegah kanker, teh juga dapat menurunkan kadar kolesterol LDL dalam tubuh, terutama teh hitam.

Menurut sebuah penelitian yang telah dilakukan oleh USDA, teh hitam mampu menurunkan kadar lemak dalam darah hingga 10% hanya dalam waktu 3 minggu. Tentunya hal ini sangat membantu untuk mengurangi risiko terkena penyakit jantung koroner.

5. Kacang Merah

Kacang merah banyak diolah menjadi bahan tambahan sup atau sayur kacang merah.Ada juga orang yang menggunakan kacang merah untuk campuran es buah segar. Kacang yang teksturnya sangat lembut ini ternyata juga sangat baik sebagai makanan penurun kolesterol.

Menurut sebuah penelitian di Arizona State University Polytechnic, dengan menambahkan setengah cangkir kacang merah ke dalam sup, mampu menurunkan kadar kolesterol LDL hingga 8%. Kacang merah memang sangat kaya akan serat yang dapat menyerap kolesterol jahat dalam tubuh.

Demikianlah minuman makanan penurun kolesterol yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Makanan tersebut cukup mudah didapatkannya, rasanya pun sedap untuk dikonsumsi. Jagalah kesehatan tubuh dari sekarang, jadikan makanan-makanan tersebut sebagai obat Anda jika tidak ingin obat yang menjadi makanan Anda di masa depan.

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *