Bersama Berbagi Informasi

Mahasiswa yang Kembangkan Potensi Desa Lewat Jurnalistik

0 220

bantenshare.com,Lebak–Lewat pengetahuan jurnalistik, Diki fiska priadi berusaha intens membangun potensi desa.

Ketika ditemui bantenshare.com pada sabtu (23/5) lalu, Diki menjelaskan bahwa saat ini dirinya tengah aktif untuk mengembangkan potensi desanya yang berada di kp Cikeusik Rt 04/02 Desa Cikeusik Kecamatan Wanasalam,Lebak.

“Saya punya sedikit pengetahuan jurnalistik dan ini saya terapkan di desa asal saya, semoga bisa menjadi media informasi yang bermanfaat bagi warga sekitar,” ujarnya.

Lanjut diki menjelaskan, saat ini dirinya selalu membuat media informasi secara berkala yang bisa dibaca oleh warga, media informasi tersebut ia buat dengan file bergambar berisi informasi singkat tentang informasi dan keadaan desanya, media tersebut ia namakan buletin Cikeusik desa.

Mahasiswa STKIP setiabudhi jurusan pendidikan bahasa dan sastra indonesia ini menjelaskan, awalnya ia ingin membuat website resmi media online namun dikarenakan biayanya mahal ia menempuh cara yang praktis yaitu membuat berita bergambar, atau caption news. Teknisnya diki membuat buletin dengan cara memakai aplikasi canva kemudian diberi text, untuk foto ia edit melalui photoshop lalu setelah selesai barulah buletin tersebut di share ketiap warga melalui whataps grup, personal DM dan media sosial, sehingga bisa dibaca semua orang.

Selain sebagai media informasi, buletin ini bisa menjadi wahana untuk meningkatkan budaya literasi dan minat baca warga, agar masyarakat semakin tertarik dengan informasi yang tersaji, tentunya dengan informasi yang tersaji secara lengkap maka desa bisa terus mengembangkan potensinya, karena informasilah semua potensi desa bisa tergali.

Buletin yang sudah berjalan baru tiga bulan ini cukup banyak mendapat sambutan yang positif, sejauh ini respon dari pembaca sangat baik dan selalu mendukung agar buletin ini kedepannya bisa terus berinovasi.

“Saya berharap semoga media kecil yang saya buat ini bisa memberikan kontribusi yang positif bagi desa diwilayah saya, dan meningkatkan budaya literasi,” pungkas diki.

Sementara Dadan Sujana selaku pengamat sosial budaya dari Banten Heritage mengatakan dirinya sangat mengapresiasi dengan apa yang dilakukan diki terhadap desanya, dengan media informasi yang menarik dan bisa diterbitkan secara berkala tentunya desa bisa menangkap semua potensi sehingga menjadi pengembangan pembangunan didesa seperti potensi pariwisata,budaya,ekonomi dan lain-lain.

“Saya sangat bangga dengan anak muda yang kreatif seperti diki, semoga dengan adanya media informasi di tingkat desa ini bisa memberikan warna yang positif bagi pembangunan khususnya di sekitar desa,” pungkasnya (Teguh setiawan)

Leave A Reply

Your email address will not be published.