oleh

5 Macam Makanan Pencegah Kanker Paling Banyak Dicari

Kanker merupakan salah satu penyakit berbahaya yang seringkali berujung pada kematian. Bahayanya lagi, kanker bisa menurun melalui gen seseorang, sehingga seseorang yang memiliki ibu, ayah, kakek atau nenek yang terkena kanker sangat berisiko tinggi juga ikut terkena kanker.

Walau begitu, jika memperhatikan asupan makanan dan menjalani pola hidup sehat serta menghindai stres, penyakit berbahaya ini dapat dicegah. Mulailah kehidupan yang seimbang, sehat dan bahagia semenjak dari usia muda untuk tetap sehat di masa senja nanti.

Loading...

Untuk mencegah kanker, terdapat berbagai macam makanan yang bisa Anda konsumsi. Berikut merupakan jenis-jenis makanan pencegah kanker yang sudah terbukti khasiatnya.

5 Macam Makanan Pencegah Kanker

1. Delima

Buah delima merupakan salah satu makanan pencegah kanker dengan kandungan asam elagik di dalamnya. Asam elagik dalam delima ini mampu menghambat pertumbuhan sel kanker dan juga mampu menonaktifkan bahan-bahan kimia penyebab kanker.

Delima dapat dimakan secara langsung atau diolah menjadi smoothies bersama yoghurt. Selain buah delima, jenis buah lainnya yang juga mengandung asam elagik dalam kadar tinggi antara lain raspberry, beri hitam, stroberi, dan anggur.

2. Teh

Makanan pencegah kanker lainnya adalah teh. Tak heran di luar negeri, banyak orang yang sangat menikmati proses minum teh, ada juga yang sampai membuat upacara tersendiri untuk minum teh, karena memang bahan makanan yang satu ini sangat baik efeknya bagi tubuh.

Teh mengandung zat katekin yang secara ilmiah mampu menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker dan mencegah mutasi sel yang seringkali menjadi awal mula penyebab kanker. Bahkan di Jepang, teh hijau telah dikenal luas sebagai makanan pencegah kanker usus. Tak hanya teh hijau, semua jenis teh seperti teh hitam, teh putih, teh oolong pun dapat mencegah kanker jika diminum secara teratur.

3. Kunyit

Tentu Anda tidak asing dengan bumbu dapur yang berwarna kuning ini. Kunyit banyak digunakan untuk berbagai macam masakan Indonesia, juga diolah menjadi jamu. Kunyit mengandung zat kurkumin, bahan aktif yang berfungsi sebagai zat anti peradangan sekaligus antioksidan. Dalam sebuah penelitian, kunyit terbukti mampu mencegah kanker payudara, kanker kolon, kanker usus, kanker hati, dan kanker paru-paru.

Kunyit pun memiliki rasa yang sedap tanpa kandungan kalori yang tinggi. Sehingga dengan mengonsumsinya, Anda dapat mencegah kanker sekaligus menambah nikmat rasa suatu masakan.

4. Salmon

Salah satu penyebab kanker lainnya adalah kekurangan vitamin D, terutama untuk kasus kanker kolon dan kanker payudara. Hal ini dikarenakan vitamin D mampu menghentikan pertumbuhan daging tumor yang menjadi penyebab kanker.

Salmon merupakan salah satu sumber vitamin D yang baik, seperti halnya juga susu dan yogurt. Jika ingin menurunkan risiko kanker, sebaiknya penuhi asupan vitamin D3 (cholecalciferol) sesuai dengan anjuran kebutuhan harian, yaitu 800-1000 IU.

5. Ubi

Buah yang satu ini memang tidak mahal harganya, namun kandungan yang terdapat di dalamnya sangat berharga. Ubi termasuk salah satu makanan pencegah kanker karena tingginya kandungan antioksidan di dalamnya. Sebuah penelitian dengan partisipan berupa wanita pra-menopouse, membuktikan bahwa dengan konsumsi beta karoten yang terdapat dalam ubi, risiko kanker payudara dapat menurun hingga 50%.

Demikianlah 5 macam makanan pencegah kanker yang bisa mulai Anda perbanyak konsumsinya mulai saat ini. Jangan tunda dan tunggu hingga terlambat, imbangi dengan olahraga teratur dan hindari berbagai pikiran yang menyebabkan stres untuk mencegah timbulnya penyakit kanker.

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *