Bersama Berbagi Informasi

Kulit Tangkil, Makanan Olahan Enak dari Kabupaten Lebak.

0 223

Bantenshare.com, Lebak– Masyarakat banten memang terbiasa dengan makanan olahan dari tangkil,yaitu krupuk emping, namun di lebak ada cerita yang berbeda. Jika emping diolah dari biji tangkil maka makanan yang satu ini diolah dari kulit tangkil.

lilis novianti yang merupakan pelaku bisnis UMKM, ia mengolah kulit tangkil menjadi makanan cemilan yang luar biasa enak.

“Saya melihat banyak kulit tangkil di buang, namun orang tua saya bisa mengolahnya secara sederhana kemudian dijual, dari hal itu saya berusaha memodifikasi pengolahan kulit tangkil ini dengan cara dikeringkan supaya terkesan krispy dan renyah” ujar lilis novianti.

Experimen Yang Berbuah Hasil

Wanita yang merupakan penikmat kuliner ini juga menjelaskan bahwa eksperimennya terhadap kulit tangkil ternyata melahirkan keberhasilan yang luar biasa.

Kepada bantenshare.com ia menjelaskan bisa menjual 2000 pcs/bulan dengan raihan omset 10 juta sampai 13 juta/bulan.

Lilis menamakan produk kulit tangkil olahannya dengan sebutan KUTANG dengan alasan mudah diingat, kutang tersebut ia olah,kemas dan dipasarkan keberbagai penjuru wilayah.

Juara Pertama Dalam Lomba Gerai Pangan Banten

Prestasi lainnya yang didapat lilis ialah kutang berhasil menjuarai sebagai juara pertama dalam lomba gerai pangan lokal yang diadakan oleh dinas ketahanan pangan provinsi banten tahun 2019 lalu.

Secara pengolahan kutang diolah dalam lima tahapan berbeda, dimulai dari penyucian (pembersihan),pemanasan dengan oven,penggorengan,pengendapan udara, dan pembumbuan. Setelah itu baru proses packing dan pemasaran.

Badarudin riyanto selaku sekjen asosiasi pengusaha jasa boga indonesia (apji) lebak mengatakan bahwa kutang sangat cocok untuk dikonsumsi terlebih dijadikan panganan oleh-oleh pasca berwisata ke lebak.

“Saya sangat gembira dengan apa yang dilakukan oleh ibu lilis noviyanti, ia bisa mengubah kulit tangkil menjadi makanan yang enak dan menarik,

Sudah Tersertifikasi Halal Oleh MUI

Selain sudah berizin, kutang sudah bersertifikasi halal oleh MUI, semoga apa yang telah dilakukan oleh kutang ini bisa menginspirasi UMKM lainnya dalam mengolah makanan agar bisa memiliki daya jual” pungkas badarudin (Teguh setiawan)

Leave A Reply

Your email address will not be published.