Bersama Berbagi Informasi

Kantor KP2KP Rangkasbitung, Penuhi Pelayanan Pajak Publik Secara Maksimal

0 183

Bantenshare.com, Lebak— Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan Rangkasbitung (KP2KP Rangkasbitung) layani pelayanan pajak publik secara maksimal. Hal tersebut di sampaikan oleh Anton Rahadian selaku kepala kantor KP2KP kepada Bantenshare.com pada kamis ( 21/2) lalu.

Pria yang sudah lama di dunia perpajakan ini mengatakan bahwa dalam pelayanan publik perpajakan ini terdiri dari pelayanan pendaftaran, pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan(SPT) dan konsultasi perpajakan.


“Kami selalu melakukan yang terbaik dalam pelayanan perpajakan sebagai bentuk maksimalisasi pelayanan publik kepada masyarakat”ujarnya.

Dalam ruang gerak pelayanannya kantor KP2KP memiliki personil dengan jumlah 5 orang dalam 1 kabupaten. Dari data yang diperoleh tahun 2019, kelima orang tersebut melayani 23.000 orang yang mengurusi perpajakan. Sedangkan, jika dianalisis beban kerja kebutuhannya idealnya hanya 13.000 orang pertahun.

Tentunya dalam pelayanan tersebut bukan hal yang mudah tanpa masalah, salah satunya adalah kuantitas pemohonan yang membludak misalnya pada bulan februari ini. Jumlah pelapor SPT paling mendominasi dan konsultasi perpajakan terutama pelayanan EFIN (Electronik Filling Identification Number) paling lama dalam pelayanannya.

Hal tersebut tentunya banyak menyita waktu personil, terutama waktu istirahat makan dan shalat. Namun hal tersebut tidak menjadi pokok masalah serius bagi para personil kantor KP2KP tersebut. Jika dikalkulasikan secara sederhana, waktu pelayanan ideal kepada publik cukup 5 menit persatu orang. Akan tetapi, bisa melebihi kapasitas waktu yang dibutuhkan oleh pemohon, belum lagi banyak pertanyaan yang muncul dari pemohon pelayanan.

Sebagaimana fungsi kantor pelayanan publik, mengikuti permintaan dan saran masyarakat kantor ini membuka pelayanan di lebak selatan. Misalnya ada dua hari yang lalu, Hal tersebut dilakukan di dua tempat yakni di Kecamatan Malimping dan Bayah dengan mekanisme pembagian personil dua tempat Rangkasbitung (Utara) berjumlah 2 orang di Malimping dan Bayah (Selatan).

Andi Hardian lebih lanjut menjelaskan bahwa pelayanan tetap maksimal meskipun keterbatasan personil, dan itu bukanlah kendala untuk melayani masyarakat.

Muhammad Enri (32) selaku warga yang membutuhkan pelayanan pajak kepada bantenshare.com menjelaskan bahwa sebagai pemohon dirinya merasa puas atas pelayanan pajak tersebut, ia dilayani secara baik dalam mengurusi permohonan NPWP. Pria yang akan melamar kerja disalah satu perusahaan ini mengapresiasi kinerja pelayanan kantor KP2KP tersebut. (Jamar Fitda H/TS)

Leave A Reply

Your email address will not be published.