Bersama Berbagi Informasi

Kadin Lebak PB Siap Bantu Pelaku UMKM Untuk Perluasan Penjualan

0 221


Bantenshare.com,Lebak—Kamar Dagang Industri (KADIN) Lebak PB mengundang para pelaku UMKM Kabupaten Lebak untuk diskusi atau rembug pendapat dalam rangka pengembangan perluasan produk lokal menuju pasar ekspor, diskusi ini berlangsung pada rabu (26/2) lalu, di kantor Kadin Lebak PB Jl. Raya Maulana Hasanudin, Cempa Kec. Kalanganyar.

Dalam pertemuan semi formal ini, Ketua Pokja Bidang UMKM dan Pariwisata Kadin Lebak PB Mulyadi Amin menjelaskan bahwa pertemuan ini dihadiri kurang lebih 20 undangan dari berbagai pelaku usaha UMKM, baik itu produk makanan, minuman, serta kerajinan tangan (kriya) yang mana hampir seluruh produk UMKM tersebut merupakan komoditas lokal yang tersedia di Kabupaten Lebak.

Pelaku UMKM yang hadir sangat antusias dengan acara yang digelar, mengingat peluang pasar menjadi lebih terbuka dan lebih luas melalui Kadin Lebak PB sebagai fasilitatornya. Kadin kemudian mencoba mendorong para pelaku UMKM supaya produk-produk mereka bisa bersaing dipasar nasional bahkan internasional.


Mulyadi Amin, kepada bantenshare.com menjelaskan bahwa para pelaku UMKM agar lebih meningkatkan kualitas dan kuantitas produk mereka, mengingat permintaan pasar ekspor kerap meningkat, dengan permintaan yang sangat tinggi.

“saya harap kawan-kawan pelaku UMKM bisa memanfaatkan komoditas yang ada di Kabupaten Lebak mengingat kebutuhan pasar ekspor saat ini mengharuskan produk yang berkualitas dan dengan jumlah yang banyak” ujar Mulyadi.

Pria yang mengangkat tesis tentang Koperasi ini menambahkan, bahwa begitu banyak UMKM di Kabupaten Lebak yang memiliki komoditas ekspor dengan kualitas yang sangat baik.
“sejauh ini produk-produk UMKM di Kabupaten Lebak secara kualitas sangat layak untuk menembus pasar eksport” tambahnya.


Sementara Ketua Kadin Lebak PB Hera Komaratullah yang juga hadir pada kesempatan ini memberikan gambaran pasar ekspor dan langkah-langkah yang dilakukan Kadin Lebak PB diantaranya bekerja sama dengan Kadin Percepatan Ekspor Bandara serta dengan Komunitas Kami Jokowi (Kamijo).

“selama ini kami (Kadin Lebak PB–red) Telah melaksanakan berbagai pertemuan dan kerja sama dengan Kadin Percepatan Ekspor Bandara dan Komunitas Kamijo membahas pasar ekspor yang mana Lebak berpotensi sangat besar dengan memiliki komoditas yang melimpah melalui UMKM yang ada di Kabupaten Lebak” tukasnya.


Pada kesempatan yang sama Hera menyampaikan kepada tim bantenshare.com bahwa selama ini Kadin Lebak PB selalu memenuhi permintaan buyer ketika dibutuhkan sampel bahan komoditas ekpor.
Pria yang ramah senyum ini juga menambahkan bahwa Kadin Lebak PB siap membantu Pelaku UMKM di Kabupaten Lebak dalam hal membentuk pasar lebih luas diantaranya pasar internasional melalui Kadin Percepatan Bandara.
“Kadin Lebak PB siap membantu para pelaku UMKM di Kabupaten Lebak dari segi pemasaran diantaranya pasar ekspor untuk meningkatkan ekonomi para pelaku UMKM Lebak, selain itu sebelum melangkah ke strategi tersebut kami akan menyelenggarakan kegiatan bimtek, yang mana bimtek ini akan menjadi edukasi yang baik bagi para pelaku UMKM untuk mengetahui skema perizinan,alur perdagangan ekspor dan hal-hal lain yang berkaitan dengan pengembangan perdagangan ekspor, dalam hal ini kadin akan siap sepenuhnya memfasilitasi” pungkasnya (ESA/TS)

Leave A Reply

Your email address will not be published.