Bersama Berbagi Informasi

Jurusan Agribisnis Ternak Ruminansia, SMK Banten Raya Latih Peserta Didik Miliki Kemampuan Usaha

0 183

Bantenshare.com, Pandeglang-SMK Banten Raya melatih peserta didik miliki kemampuan bidang usaha Agribisnis Ternak Ruminansia. hal itu dikatakan oleh Muhammad Arif Sofiyani selaku kepala sekolah SMK Banten Raya, pada senin (6/7) lalu. Kepada bantenshare.com.


Lanjut arif menjelaskan Dengan Visi Terampil dan Mandiri Dalam Bidang Keahlian Yang Berwawasan IMTAQ dan IPTEK Menuju Era Revolusi Industri, sekolah Banten Raya ingin semua lulusan disini memiliki kemampun dibidang usaha khususnya jurusan agribisnis Ternak Ruminansia.


“Pasalnya Banten ini sangat potensial untuk jenis usaha dibidang peternakan dan pertanian, dua hal itu tidak bisa dipisahkan karena dilihat dari letak geografis provinsi banten khususnya pandeglang,”ujarnya

Sekolah yang beralamat di Jl. Raya Rangkasbitung KM.04 Pandeglang No.3 ini, pada awal pendiriannya april 2012 dimulai dengan membuka jurusan pertama, Agribisnis Ternak Ruminansia (ATR) dan setelah satu tahun berdiri dibukalah jurusan Teknologi Komputer dan Jaringan (TKJ). Ingin berkontribusi membantu pemerintah dibidang peternakan khususnya hewan bekaki empat (ruminasia).

Pembelajaran yang diajarkan di jurusan Agribisnis Ternak Ruminansia adalah ilmu perternakan mulai dari merawat hewan ternak dan kandang, pembibitan hewan ternak ruminsia, membesarkan hewan ternak ruminansia, memerah susu, sampai memproduksi olahan hasil dari hewan ternak contohnya yang di olah adalah susu sapi murni. Dengan di bantu oleh alumni, Olahan susu sapi murni di olah kembali menjadi olahan yougrut dan susu varian rasa seperti rasa coklat, strowbery dan lain sebagainya.

Sekolah yang tengah Melaksanakan Penerimaan T.P 2020/2021 dan Pendaftaran bisa diakses melalui internet dengan membuka http://smkbantenraya.sch.id/formulir-penerimaan-peserta-didik-baru. arif menjelaskan peserta didik kita pernah mendapatkan pembekalan lebih dari segi akademik, yaitu pernah dikirim ke lembang bandung untuk mengikuti workshop/pelatihan hewan ternak ruminansia selama satu bulan.

“Mudah mudahan dengan adanya keterlibatan siswa dalam kegiatan mulai dari merawat hewan ternak dan kandang, pembibitan, memerah, sampai membesarkan hewan ternak. semoga memunculkan motivasi siswa-siswi untuk memiliki hewan ternak sendiri dan memiliki jiwa usaha dibidang peternakan ruminansia,”pungkasnya.

Sementara Haodudin selaku pengamat pendidikan dari Banten heritage mengatakan bahwa dirinya sangat mengapresiasi dengan semua kegiatan belajar mengajar di SMK Banten raya ini, dimana kegiatan agribisnis dan kewirausahaan benar-benar di ajarkan kepada siswa guna bekal dalam mendukung kompetensi siswa dalam menghadapi dunia kerja, disini SMK Banten raya melakukan usaha maksimal dalam mendidik para peserta didiknya.

“Saya sangat mendukung dengan semua kegiatan dan pola belajar mengajar di SMK Banten raya ini, semoga sekolah ini semakin maju dan senantiasa menghasilkan SDM berkualitas kedepan yaitu para siswa yang berkualitas,” pungkasnya (Herawan/teguh)

Leave A Reply

Your email address will not be published.