Inilah Tips Memilih Koper Yang bagus dan Cocok untuk Travelling

Dalam memilih koper yang bagus dan cocok untuk travelling, ada beberapa hal yang mesti anda perhatikan. Mengapa demikian? Karena jika anda tidak cermat ketika memilih koper untuk wadah barang bawaan anda ini akan menjadi sebuah permasalahan tak terduga dalam perjalanan anda nanti.

Anda tentunya tidak ingin mengalami kejadian- kejadian yang membuat perjalanan travelling anda jadi tidak menyenangkan. Seperti terjadi bobol pada koper anda, resleting rusak dan barang bawaan tidak muat , atau bisa saja terjadi koper yang anda bawa tertukar di bandara karena bentuk dan jenis kopernya sama dengan orang lain.

Oleh karena itu untuk memilih koper yang bagus dan cocok untuk travelling, anda perlu menerapkan beberapa tips sebelum anda membelinya. Anda mesti lakukan agar tidak terjadi hal- hal yang berdampak buruk pada perjalanan anda nanti. simak tips berikut ini:

Tips Memilih Koper Yang Bagus Dan Cocok Untuk Travelling

1. Menentukan Bahan Material Koper

Ada dua jenis bahan koper yang ada dipasaran saat ini, diantaranya bahan koper jenis hardcase dan yang kedua berbahan softcase. Menurut fungsinya kedua jenis bahan koper tersebut masing- masing mempunyai kelebihan dan kekurangan.

Untuk yang berjenis hardcase atau yang berbahan keras dapat memberikan perlindungan lebih pada barang bawaan anda. Namun koper yang berbahan keras tersebut rentan retak. Dan ini biasa terjadi ketika koper dalam proses angkut di bandara.

Jika anda tetap memilih koper yang berbahan keras, pilih koper yang berbahan polycarbonate koper jenis ini ringan dan tidak mudah retak.

Atau mungkin anda tertarik dengan pilihan kedua yaitu koper yang berbahan softcase. Koper jenis ini tidak mudah sobek, mudah disimpan di kabin pesawat dan terkenal sangat awet, walaupun terjadi kerusakan akan mudah diperbaiki. Untuk koper berbahan softcase banyak orang memilih koper yang berbahan ballistic nylon.

2. Perhatikan Handle (gagang) Koper

Dalam memilih koper yang bagus dan cocok untuk travelling anda wajib memperhatikan handle dari koper yang akan anda beli. Karena handle tersebut adalah bagian koper yang sering mengalami kerusakan. Ada dua model handle pada koper yang ada dipasaran, yang pertama handel dibuat dengan model dua bar dan satu bar. Anda bisa memilih model handle koper yang terdiri dua bar. Karena handle dengan model dua bar akan lebih awet.

3. Pilih Resleting Yang Berbahan Logam.

Selain handle atau gagang koper, ada bagian lain yang biasanya mengalami kerusakan pada koper. Salah satunya yaitu resleting. Kerusakan pada bagian resleting rupanya kejadian yang sering dialami oleh para traveler pada saat mereka berada di bandara. Maka dari itu pilihlah koper yang resletingnya terbuat dari bahan logam. Selain awet dapat melindungi dari cipratan air jika terjadi hujan.

4. Menentukan Roda Koper.

Dalam memilih koper yang bagus dan cocok untuk travelling sebagai pengguna anda perlu memperhatikan roda pada koper tersebut. Jadi sebelum membelli koper anda tentukan terlebih dahulu roda pada koper yang akan anda gunakan nanti. Ada dua pilihan, diantaranya koper yang mempunyai roda empat dan ada koper yang mempunyai dua roda.

Dari keduanya mempunyai kelebihan masing- masing, untuk koper yang beroda dua mudah di tarik diatas permukaan yang tidak rata. Selain itu koper yang mempunyai roda dua ini bebas gerak ditengah keramaian.
Sedangkan untuk koper yang mempunya roda empat, dapat memudahkan pengguna ketika beban koper tersebut sangat berat.

Selain itu koper yang mempunya roda empat ini lebih cocok di area permukaan yang rata atau halus. Sekarang anda tentukan jenis koper yang berroda berapa yang sesuai dengan kebutuhan anda.

5. Memilih Koper Yang Mempunyai Keamanan.

Selain keempat poin diatas ada hal penting lain yang wajib anda perhatikan dalam memilih koper yang bagus dan cocok untuk travelling. yaitu keamanan pada koper yang akan anda guanakan.

Jadi sebelum memutuskan untuk membeli koper, ada baiknya anda memilih koper yang mempunya kunci atau gembok. Hal ini anda lakukan demi mencegah pencuri atau menghindari dari orang yang tidak bertanggung jawab yang berdampak merugikan anda nanti.

Namun ada yang perlu anda ketahui petugas bandara mempunyai hak untuk memeriksa koper yang anda bawa jika dalam koper tersebut di curigai ada barang yang terlarang atau membahayakan. berkaitan dengan hal tersebut, dalam membeli koper lebih baik anda memilih koper yang mempunyai standar keamanan international.

Salah satunya koper yang mempunyai Kunci standar TSA (Travel Sentry Approved), Kenapa demikian, karena koper yang mempunyai kunci dengan standar TSA mudah dibuka oleh petugas pada saat pemeriksaan, tanpan harus merusak koper anda.

6. Perhatikan Bentuk Koper.

Poin terakhir dalam tips memilih koper yang bagus dan cocok untuk travelling yaitu memilih berdasarkan bentuk. Pilih koper yang mempunyai bentuk unik dan mudah dikenali oleh anda. hal ini anda lakukan agar mencegah tertukarnya koper anda dengan milik orang lain. Selain itu anda harus memilih bentuk koper yang mudah disimpan di kabin pesawat.

Baca Juga: Tips Memilih Tempat Penginapan Untuk Liburan Yang Aman dan Menyenangkan

Sekian tips bagaimana memilih koper yang bagus dan cocok untuk travelling, semoga dapat dijadikan referensi oleh anda. terimakasih.

Related Posts

Add Comment