oleh

5 Ide Usaha Sampingan Yang Pas Untuk Guru Honorer

5 Ide Usaha Sampingan Yang Pas Untuk Guru Honorer – Persaingan dalam dunia kerja saat ini semakin sengit. Banyak orang yang berlomba-lomba untuk mendapatkan pekerjaan yang mereka impikan sesuai dengan minat dan latar belakang pendidikannya.

Bagi orang yang saat kuliah dulu mengambil jurusan di bidang pendidikan, tentunya saat ini harus sedikit bersabar karena untuk diangkat menjadi PNS bukanlah hal yang mudah. Bahkan ada yang sampai puluhan tahun belum berstatus pegawai negeri, alias masih honorer. Maka tak heran jika sering kita temui sarjana lulusan pendidikan/guru kemudian beralih profesi dan bekerja di bidang lain seperti perbankan, properti, atau bidang swasta lainnya.

Loading...

Namun, tak sedikit pula para sarjana pendidikan ini yang tetap setia dengan latarbelakang pendidikannya. Mereka memilih untuk tetap menjadi pengajar dengan status sebagai “Guru Tidak Tetap” (GTT) atau yang populer dengan istilah guru honorer.

Pekerjaan sebagai guru memanglah hal yang sangat mulia. Mencerdaskan anak bangsa merupakan tanggung jawab yang besar dan banyak pahala. Namun, bukan menjadi rahasia lagi bahwa gaji sebagai guru honorer saat ini jauh di bawah standar cukup. Sehingga akhirnya memaksa banyak guru honorer untuk membuka usaha sampingan, demi mendapatkan penghasilan yang layak untuk mencukupi kebutuhan hidupnya.

Nah, begitupun juga Anda yang saat ini kebetulan juga berstatus guru honorer, sambil menunggu kesempatan dibukanya kembali rekruitmen CPNS, tidak ada salahnya untuk mencoba mencari penghasilan sampingan. Siapa tahu justru rezeki besar anda terletak di usaha sampingan yang anda tekuni tersebut.

Nah, jika saat ini belum punya gambaran, Berikut adalah 5 Ide Usaha Sampingan Yang Pas Untuk Guru Honorer

Guru Honorer

1. Menjadi Penulis

Menjadi penulis pasti merupakan pilihan yang mudah bagi guru honorer. Profesi sebagai guru honorer tentunya membuat anda tak asing dengan dunia tulis menulis dan laporan. Anda dapat memanfaatkan kemampuan ini untuk bekerja sebagai penulis.

Anda dapat melamar sebagai penulis konten freelance yang lowongannya saat ini banyak tersedia di internet. Selain itu, anda juga bisa mencoba menulis puisi, cerpen, atau opini dan kemudian mengirimkannya ke koran. Anda yang memiliki kemampuan menulis dan imajinasi yang tinggi juga bisa mencoba menulis novel atau buku dan kemudian ajukan ke penerbit. Penghasilan sampingan dari menulis ini pasti lebih besar dari gaji guru honorer.

2. Membuka Les Privat

Memiliki profesi sebagai guru pasti tidak asing dengan jenis pekerjaan sampingan ini. Sudah sejak lama banyak guru yang membuka les privat di rumah mereka setelah mengajar di sekolah.

Anda juga dapat meniru usaha ini. Anda dapat memberikan les privat sesuai dengan mata pelajaran yang anda ajarkan di sekolah. Jika tidak memungkinkan untuk membuka usaha les privat sendiri di rumah, anda dapat bergabung dengan lembaga bimbingan belajar yang telah tersedia saat ini. Jangan ragu untuk melamar di lembaga bimbingan belajar tersebut. Karena jam operasi lembaga bimbingan belajar dimulai ketika jam sekolah selesai. Jadi pekerjaan ini tidak akan mengganggu waktu mengajar anda di sekolah.

3. Bisnis Online

Anda punya minat dalam berjualan? Maka tidak ada salahnya anda mencoba membuka bisnis online. Anda dapat memasarkan berbagai produk melalui internet.

Baca Juga: #5 Ide Bisnis Yang Menjanjikan Jutaan Rupiah Perbulan

4. Bisnis MLM

Bisnis MLM saat ini sedang menjadi tren baru. Banyak kalangan yang mencoba berbisnis MLM. Anda sebagai guru juga dapat mencoba bisnis MLM ini. Apalagi, sebagai guru honorer anda tentunya memiliki jaringan yang cukup luas.

Anda dapat mencoba bisnis MLM di bidang kosmetik dan perabotan dapur. Tentunya anda dapat mengincar rekan-rekan guru anda sebagai calon konsumen produk anda. Selain itu, anda pasti juga bisa dengan mudah merekrut mereka menjadi member baru di jaringan MLM anda.

5. Usaha Kuliner

Bagi anda yang memiliki bakat memasak, maka kesempatan di bisnis kuliner harus anda coba. Jangan ragu untuk mencoba menawarkan jasa penyediaan konsumsi bagi kegiatan-kegiatan pertemuan di sekolah seperti rapat dan pertemuan wali murid. Anda juga bisa mencoba membuat makanan ringan dan menitipkannya untuk dijual di kantin sekolah.

Itulah 5 peluang usaha yang dapat anda lakukan di sela-sela pekerjaan sebagai guru honorer. Selain sederhana dan mudah, usaha sampingan di atas juga tidak mengganggu tugas anda sebagai guru. Selamat mencoba.

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *