Bersama Berbagi Informasi

Honorer yang Mengabdikan Diri di Bidang Sosial Serta Kewirausahaan

0 202

 


Bantenshare.com,Lebak– Di era sekarang sangat jarang menemukan sosok yang mengabdikan diri di bidang sosial.
Apalagi bagi orang-orang menengah ke bawah yang mana penghasilannya bisa dikatakan minim.


Hal tersebut menjadi pengecualian bagi seorang guru honorer yang satu ini. NOUFAL ROBBIYA (34) merupakan guru olah raga di SMK Negeri 2 Rangkasbitung ini telah banyak mengabdikan diri di bidang sosial, meskipun hanya seorang guru honorer dengan penghasilan bisa dikatakan minim tetapi tidak menyurutkan niatnya untuk membantu sesama khususnya orang-orang yang kurang mampu.

Tercatat, Noufal merupakan pria dengan segudang prestasi dan telah mengikuti berbagai seminar di bidang pendidikan serta olah raga, yang mana salah satu prestasinya adalah mendirikan club renang “tirtasari swimming club” pada tahun 2014 lalu dan telah berkontribusi untuk Kabupaten Lebak khususnya di bidang olah raga cabang renang.

Ditemui bantenshare.com pada rabu (22/7) lalu, Nouval memaparkan bahwa hasil dari pembinaan cabang renang tersebut telah mencetak atlet renang yaitu salah satunya Fauzi Ridho yang telah banyak menjuarai event-event olah raga renang baik tingkat Kabupaten Lebak, Provinsi maupun Nasional.


“Fauzi Ridho atlit yang sangat saya banggakan ketika mengurus Tirtasari Swimming Club. Prestaasinya yang luar biasa hingga menembus kejuaraan Nasional”ujarnya

Selain itu, pria yang juga dosen di kampus Karya Bangsa Tigaraksa dibawah pimpinan Bapak Zulmar, S.Pd, SH, M.Si, M.Pd ini juga pernah menjadi pengurus PRSI (Persatuan Renang Seluruh Indonesia) cabang Lebak hingga dua periode dari tahun 2014 sampai sekarang, kemudian pada tahun 2015 Nouval mengabdikan diri untuk mengajar sebagai tutor Paket A, B, dan C di PKBM Hati Nurani pimpinan Bapak Masudin, S.Pd

Hal tersebut dilakukan dikarenakan ia sangat miris dengan keadaan banyaknya anak-anak yang putus sekolah di Kabupaten Lebak. Tercatat rata-rata jenjang pendidikan di kabupaten Lebak bila di rata-rata hanya sampai kelas 5 Sekolah Dasar, menurut data Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lebak Tahun 2017. Hal ini lah yang memicu untuk mengajar di pendidikan non formal.


Pria alumnus Universitas Negri Jakarta ini memaparkan bahwa ketika mengajar di sekolah non formal tentunya sangat berbeda dengan dunia pendidikan formal pada umumnya karena kebanyakan mereka menganggap bahwa pendidikan itu tidak penting. Maka, untuk itu diperlukan strategi khusus yaitu dengan cara pendekatan secara individu agar mereka faham betapa pentingnya pendidikan di era globalisasi saat ini.


Tak hanya berkecipung di bidang pendidilan non formal, ayah satu anak ini menyibukan diri dengan beberapa komunitas untuk membantu fakir miskin, anak yatim piatu dan kaum dhuafa dengan cara melakukan kegiatan penggalangan dana untuk disalurkan setiap satu minggu sekali dan satu bulan sekali bersama komunitas sunan giri 98 dan alumni MTs bersedekah.


Sementa untuk menunjang perekonomiannya, Noufal mendirikan kantin sekolah dengan model koperasi sekolah yang sistemnya kerjasama antara pihak sekolah dengan dirinya selaku pengelola kantin sejak tahun 2013 lalu. Tercatat sampai saat ini Noufal Mengelola dua kantin Sekolah Dasar di Rangkasbitung.


“Untuk menambah penghasilan saya coba usaha kecil-kecilan buka kantin di beberapa Sekolah Dasar. Selain meminimalisir anak-anak agar jajan tidak jauh dari lingkungan sekolah, jajanan anak-anak juga bisa terjamin higienitasnya” tandasnya


Kemudian noufal juga ikut serta dalam menggagas Koperasi SIBERKAH yang mana koperasi ini tidak hanya koperasi simpan pinjam saja, melainkan koperasi ini memiliki beberapa bidang usaha yang sangat dirasakan manfaatnya untuk seluruh anggota koperasi dan koperasi ini juga sudah tercatat serta berbadan hukum.


Sementara itu H. Mukmin, M.Pd selaku Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Rangkasbitung mengaku sangat bangga dengan prestasi dan apa yang dilakukan oleh noufal di bidang sosial.

“Tentunya bangga dengan apa yang telah dilakukan saudara Noufal ini, memang di Sekolah juga sangat menonjol memiliki jiwa sosial yang tinggi dengan gagasan kewirausahaan yang luar biasa” pungkasnya (Eris salman alfarisy/teguh)

Leave A Reply

Your email address will not be published.