Bersama Berbagi Informasi

Geliat Olahraga Petanque, Harumkan Nama Kabupaten Lebak.

0 231


Bantenshare.com,Lebak—-Petanque merupakan olahraga kuno yang lahir di Kota Marseille, Prancis sejak tahun 1907. Dikarenakan pola permainannya sederhana dan seperti pola permainan tradisional anak-anak, maka tak heran jika petanque diminati warga lebak.

“Saya suka olah raga ini karena permainannya mengingatkan saya pada permainan ucing bacak saat saya masih kecil” ujar muksadi (24) kepada bantenshare.com

Di kabupaten lebak sendiri olahraga Petanque ini mengalami perkembangan yang sangat pesat, saat ini Kabupaten Lebak sudah memiliki 29 orang atlet, dengan beranggotakan para mahasiswa, pelajar tingkat SMP dan SMA.

Tercatat atlet cabang olahraga Petanque ini sudah bisa meraih prestasi dibeberapa event yang diselenggarakan, seperti halnya pada event Pekan Olahraga Propinsi (Porprop) Banten, para atlet Sasak Kabupaten Lebak berhasil meraih 1 emas dan 3 perunggu.

Diantara cabang olahraga Petanque tersebut mempertandingkan beberapa nomor, diantaranya Single Man, Single Woman, Shooting Man, Shooting Woman, Double Man, Double Woman, Double Mix, Triple Man, Triple Woman, Triple Mixed A dan Triple Mixed B.

Pada even Porprop Banten kemarin, 1 medali emas tersebut diraih pada nomor Triple Mixed A sedangkan 3 medali perunggu diraih di nomor Triple Mixed B, Triple Woman dan di nomor Shooting Man.

Bahkan pada even Banten Double Petanque Open yang diikuti oleh 5 Negara seperti Malaysia, Thailand, Portugal, Prancis dan Indonesia dan 16 Propinsi yang ada di Indonesia sebanyak 64 Tim, Kabupaten Lebak bisa mewakili 1 Tim untuk Banten, bahkan pada even tersebut bisa bertanding hingga ke perdelapan besar, meski harus takluk saat bertemu dengan tim yang berasal dari Perancis.

Selain itu para Atlet Petanque Kabupaten Lebak juga berhasil meraih 5 medali Perunggu pada even Kejuaraan Daerah (Kejurda) Banten, kelima medali perunggu tersebut diraih pada nomor Triple Mixed A, Double Man (Senior), Double Man (Junior), Single Man (Junior) dan Double Mix (Junior).

Asep Sucahya Ketua FOPI Kabupaten Lebak mengatakan kepada Bantenshare.com, dengan memiliki prestasi sebanyak ini, baginya merupakan sesuatu yang membanggakan dan butuh apresiasi, pasalnya dari 8 Kabupaten dan Kota yang ada di Propinsi Banten, hanya Kabupaten Lebak saja yang tidak memiliki Lapangan Olahraga Petanque.

“Kami mencetak atlet yang tidak arogan, meskipun tak memiliki Lapangan, namun Kami tetap berlatih dan mendulang prestasi dengan maksimal, guna mengharumkan nama Lebak di kancah Nasional dan internasional, kami yakin dengan beberapa prestasi yang Kami berikan pemerintah Kabupaten Lebak akan melihat dan memperhatikan lebih terhadap cabang olahraga yang sedang kami geluti,” ujarnya(Imron Hamzah/TS)

Leave A Reply

Your email address will not be published.