Bersama Berbagi Informasi

Gedung DPRD Kabupaten Lebak, Bangunan Indah Peninggalan Belanda

0 132

 


Bantenshare.com,Lebak–Kabupaten Lebak memiliki banyak bangunan bersejarah salah satunya ialah gedung DPRD kabupaten lebak.

Hal tersebut dikatakan oleh Ginanjar selaku ketua komunitas pemerharti cagar budaya (komunitas pancadaya), pada rabu (9/9) lalu, dalam wawancaranya dengan bantenshare.com

“Gedung DPRD Lebak ini merupakan bangunan peninggalan zaman hindia belanda,” ujarnya.

Lanjut Ginanjar menjelaskan bahwa gedung DPRD Lebak ini berlokasi di jalan alun-alun selatan, tepatnya bersebelahan dengan kantor pendopo bupati Lebak.

Pria yang juga bekerja sebagai edukator di museum multatuli lebak ini menjelaskan bahwa gedung ini didirikan pada tahun 1932 dengan nama gedung contrakten administratie yang berfungsi sebagai pusat urusan administrasi penyelesaian kontrak-kontrak perkebunan di wilayah administratif banten selatan.

Gedung kolonial indah ini dibangun tahun 1932 oleh biro arsitektur bernama fermont cuypers, hal tersebut diketahui dari stempel yang terdapat pada bagian depan gedung, kemudian disisi kiri terdapat tulisan “ANNO 1932” dan disisi lainnya terdapat stempel bertuliskan “ARCH.EN.INGRS.BUR: FERMONT-CUYPERS” dengan huruf besar.

Ginanjar menjelaskan denah bangunan ini menyerupai huruf “E” dengan arah menghadap ke utara dan membujur dari barat ke timur. Selain itu dinding bangunan tebal cor kuat. Jendela berbentuk empat persegi panjang dengan dua daun jendela, lubang angin ventilasi yang terletak diatas jendela berbentuk bujur sangkar kecil yang bersusun lima.

“Gedung ini memang indah karena merupakan gedung peninggalan zaman kolonial, banyak turis atau wisatawan yang berkunjung ke gedung ini. Saya berharap gedung ini tetap terjaga dan generasi selanjutnya mengetahui sejarah gedung ini,” tandas Ginanjar.

Sementara Haodudin selaku pengamat budaya dari Banten Heritage mengatakan bahwa bangunan ini merupakan heritage kabupaten lebak yang nilainya sangat tinggi, karena gedung ini sarat akan makna sejarah.

“Saya berharap agar gedung ini tetap lestari,kokoh dan terawat baik sehingga generasi muda selanjutnya bisa mendalami seraya belajar arsitektur dan sejarah bangunan ini dan dapat memetik makna sejarah yang terkandung didalamnya sehingga kita faham sejarah itu sendiri,” pungkasnya (Teguh setiawan)

Leave A Reply

Your email address will not be published.