Bersama Berbagi Informasi

Duta Pendidikan Provinsi Banten Goes To Lebak

0 134

 

Bantenshare.com,Lebak-Duta pendidikan Banten 2020 telah melakukan blusukan ke Lebak dalam rangka menjalankan program kerja bertema “one day with ikadupen” tanggal 21/08/2020, Pada kegiatan ini Kecamatan Rangkasbitung, Desa Pasir Tanjung kampung Cikorosok menjadi wilayah kunjungan duta pendidikan Banten 2020 untuk mengedukasi masyarakat serta adik-adik pelajar di sana betapa pentingnya pendidikan bagi kehidupan manusia.


Selama dua hari dua malam sebanyak 14 duta, 8 perempuan 6 laki-laki hadir di tengah-tengah masyarakat kampung Cikorosok.


Kegiatan itu didukung oleh BPD Pasir Tanjung dan ketua RT 01 kampung Cikorosok. Setelah menyambut kedatangan duta pendidikan Banten pada malam hari sekitar pukul 20.00 WIB, pihak BPD Pasir Tanjung menyampaikan harapan dan berpesan kepada duta pendidikan agar memberikan edukasi kepada masyarakat setempat tentang pentingnya pendidikan.


“Ini diluar ekspektasi sih, saya tidak menyangka ternyata kedatangan kami diterima dengan hangat dan justru mendapatkan amanah lagi dan dipercaya oleh BPD untuk mengedukasi masyarakat, secara tidak langsung memang kehadiran kami dibutuhkan di tengah-tengah masyarakat dan kami juga berterima kasih sudah difasilitasi tempat untuk tidur istirahat dan lain lain oleh masyarakat di sini” Ujar Rasiani Amelia, selaku ketua pelaksana kegiatan.


Kegiatan diawali pertama-pertama di kampung Cikorosok duta pendidikan mengajar anak-anak SD di rumah warga setempat dengan menggunakan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran covid-19. Kegiatan mengajar dimulai jam 9 pagi, tampak anak-anak kampung Cikorosok merasa senang dengan kehadiran Duta Pendidikan, mereka meminta untuk diajarkan dan dibimbing mengerjakan tugas dari sekolah sehingga pembelajaran bersama duta pendidikan pada hari Sabtu tanggal 22 Agustus berlangsung sampai jam setengah 12 siang.


“Seneng banget dengan anak-anak apalagi anak-anaknya aktif mereka ngga diem, kami disambut baik sama masyarakat ngajar di tempat/rumah si anaknya, karena sekarang daring gini kan yaa, jadi sebenernya mereka belum Faham sama materinya tapi udah dikasih tugas sama gurunya Alhamdulillah kehadiran kita bermanfaat di sini” tutur Dyah, selaku koordinator bidang pengajaran.

Kegiatan selanjutnya disambung dengan bagi-bagi masker, selain membagikan di jalan umum duta pendidikan mendatangi rumah-rumah warga setempat memberikan masker sebagai bentuk edukasi mengenai peraturan pemerintah tentang protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran covid-19 yang harus ditaati bersama. Pada sore hari kegiatan dilanjut dengan sosialisasi pentingnya pendidikan disampaikan oleh Hildan Muhladin ketua angkatan Duta Pendidikan Banten 2020, lalu disambung dengan seminar wirausaha yang yang diisi oleh Chandra Syahputra S.E duta pendidikan sekaligus pemilik usaha konveksi asal Tangerang Selatan. Peserta seminar dihadiri oleh ibu-ibu setempat sebanyak 28 orang.


Kegiatan terakhir ditutup dengan acara malam ceria bersama anak-anak kampung setempat yang dihadiri lebih dari 30 anak, pada pukul 19.00 sampai 21.00.

“Malam Ceria itu bener-bener amazing banget pokoknya alhamdulillah seru antusias anak-anaknya juga bikin kita semangat keberanian mereka juga patut diacungi jempol, mayoritas dari mereka kalo aku persentasekan sekitar 90% bercita-cita ingin menjadi tokoh Agama dan yang paling aku kagumi mereka itu belum terlalu mengenal atau tidak terpengaruh dunia sosmed, pokonya aku seneng banget bisa ketemu mereka, mereka menjadi pendorong aku” ungkap Maharani, pengisi malam ceria.

Tanggal 23 Agustus duta pendidikan juga melakukan kegiatan santai di pagi hari dengan bermain ke sawah dan ke sungai untuk mengenali dan lebih mengakrabkan diri dengan masyarakat setempat. Jam 9 pagi duta pendidikan Banten 2020 pamitan kepada pak RT dan wakil RT pak Iwan yang rumahnya telah ditinggali oleh semua duta selama kegiatan, kemudian duta pendidikan memberikan cendra mata yang langsung diberikan oleh ketua pelaksana kegiatan. Pukul 16.00 duta pendidikan Banten meninggalkan kampung Cikorosok.(Ras/teguh)

Leave A Reply

Your email address will not be published.