Bersama Berbagi Informasi

Dispar Lebak Gelar rapat Koordinasi Penggiat Pariwisata

0 155

Bantenshare.com,Lebak- Dinas pariwisata (Dispar) kabupaten lebak gelar rapat koordinasi penggiat pariwisata di wisma Sugri (04/02/20).

Rapat koordinasi yang digelar oleh Dispar tersebut bertujuan untuk menyamakan persepsi dalam membangun sinergitas antara pemerintah daerah dan penggiat kepariwisataan untuk membangun pariwisata yang berkualitas.

Acara tersebut dihadiri oleh Seorang Akademisi Untirta Ali fadilah,Sekjen ASITA Ridwan thamrin dan Plt Kepala Dinas Pariwisata Lebak Imam rismayadi serta Charis khadafi yang memoderatori acara rapat tersebut.

Ali fadilah selaku dosen untirta dalam presentasinya menjelaskan bahwa sinergitas antara pemerintah daerah dan penggiat pariwisata adalah hal yang sangat urgen untuk dilakukan pasalnya untuk mencapai pertumbuhan ekonomi dibidang pariwisata.

Ada beberapa faktor yang harus diperhatikan antara lain:
1) Daya tarik dan daya saing, 2) industri pariwisata dalam ekonomi kreatif, 3) kapasitas pelaku pariwisata, 4) segmentasi.

“Kita harus sigap dalam memperhatikan setiap aspek dalam dunia pariwisata supaya kita bisa menentukan sikap dalam pengembangan dunia kepariwisataan” ujar Ali fadilah.

Lanjut Ali fadilah menjelaskan selain empat faktor pendukung pertumbuhan ekonomi dibidang pariwisata, kita pun harus menelaah dan memahami lebih lanjut siklus aktivitas pariwisata yang dimulai dari promosi wisata, informasi destinasi, pengambilan keputusan berwisata, pemesanan, perjalanan,destinasi,perjalanan pulang dan pelayanan pasca kunjungan.

Kesemua alur itu harus terangkum dalam skema branding,advertising dan salling sehingga semua aspek bisa dijadikan potensi oleh penggiat pariwisata dan pemerintah daerah dalam mengembangkan industri pariwisata.

Sementara Ridwan thamrin selaku sekretaris ASITA Banten menyebutkan bahwa kesinergisan pembangunan dunia pariwisata ditopang oleh tiga stakeholder antara lain; pemerintah, swasta dan masyarakat.

“Pembangunan dunia wisata haruslah di lakukan secara bersama-sama antara pemerintah, swasta dan masyarakat” tutur Ridwan

Pria yang juga pendiri web wisatasekolah.com ini memaparkan bahwa hendaknya penjaringan pengunjung destinasi wisata bisa didata secara data digital sehingga kita bisa mengetahui pertambahan dan pertumbuhan pengunjung secara sistem.

“Sinergitas stakeholder dan pengunaan sistem yang mumpuni akan mendukung perkembangan dunia wisata” pungkasnya (Teguh setiawan)

Leave A Reply

Your email address will not be published.