Bersama Berbagi Informasi

Dispar Lebak Gelar Pelatihan Pemandu Wisata Terpadu

0 108

Bantenshare.com, Lebak– Dinas Pariwisata (Dispar) kabupaten Lebak menggelar pelatihan Pemandu Wisata Terpadu di hotel Bumi Katineung (6/2). Pelatihan tersebut digelar mulai tanggal 6 hingga 8 februari 2020 dan diikuti oleh 40 peserta yang terdiri para penggiat pariwisata desa serta para pengelola wisata didesa.

Pelatihan tersebut dikhususkan guna memberikan pemahaman kepada para peserta penggiat wisata didesa dan para pengelola wisata supaya lebih memiliki pengetahuan kepemanduan wisata yang lebih terpadu.

Selain itu para peserta diajarkan teknik tata kelola objek wisata dengan berbasiskan konsep ekowisata. Choirul anam selaku tour guide yang telah bersertifikasi nasional, dalam materinya menjelaskan bahwa yang dibutuhkan dalam pengembangan objek wisata adalah aksesbilitas, amenitas dan atractions.

“Kita perlu memperhatikan semua aspek dalam pengembangan objek wisata seperti amenitas, aksesbilitas dan atraksi, sehingga aspek tersebut bisa dikaitkan dengan konsep ekowisata” ujar choirul.

Lanjutnya, Choirul menjelaskan bahwa objek wisata yang baik selalu ditopang oleh sarana prasana yang baik seperti parking place (tempat parkir), mosque (tempat ibadah) dan play spot (tempat bermain).
Selain itu tingkat keamanan dan kenyamanan juga perlu diperhatikan tanpa melewatkan aspek natural dari tempat wisata itu sendiri.

Choirul berharap bahwa pasca pelatihan para peserta bisa menerapkan konsep yang telah mereka dapat di pelatihan tersebut kemudian bisa diterapkan di wilayah desanya masing-masing.

Materi pelatihan tersebut bisa dituangkan menjadi ide yang tersusun dalam konsep yang sistematis dan alhasil pemerintah desa pun bisa mensuport konsep tersebut dengan cara dimasukannya kedalam anggaran pemerintahan desa, karena pembangunan dunia pariwisata haruslah dibangun oleh semua lini stakeholder baik pemerintah maupun para penggiat pariwisata.

Sementara ketua Himpunan Pariwisata Indonesia (HPI) lebak Haodudin menyambut baik dengan adanya pelatihan tersebut, dirinya berharap bahwa para penggiat pariwisata bisa lebih maksimal dalam mengembangkan dunia pariwisata.

“Semoga pasca pelatihan ini para penggiat pariwisata dan pengelola wisata bisa lebih intens dalam membangun dunia pariwisata sehingga para wisatawan bisa banyak berdatangan ke kabupaten lebak”pungkasnya. (Teguh setiawan)

Leave A Reply

Your email address will not be published.