Bersama Berbagi Informasi

Cilok Mang Udin, Kuliner Ringan Dalam Kemasan Modern

0 161

 

Bantenshare.com,Pandeglang–Mohammad Wahyudin, pria kelahiran Pandeglang 11 febuari 1990 saat ini sedang mengembangkan bisnis ciloknya menjadi cilok frozen.

Ketika ditemui oleh tim bantenshare.com di tempat usahanya pada selasa (7/7) lalu, Muhamad Wahyudin merupakan salah satu binaan UMKM dari beberapa dinas, sekaligus owner mang udin corner ini menjelaskan sekitar awal 2019, disaat teman-teman pengusaha kulinernya beralih keproduk kemasan, ia akhirnya merilis cilok frozen pada tahun 2020 bulan febuari dan sudah dipasarkan keberbagai daerah.

“Alhamdulih semenjak saya ikut UMKM dan terimakasih banyak kepada ibu bupati pandeglang serta dinas koperasi industri dan perdagangan, ketahanan pangan, dinas pertanian. akhirnya Usaha saya bisa sukses dan bisa merilis cilok Frozen dan sudah dipasarkan di berbagai daerah” ujarnya

Lanjut wahyu menjelaskan Inisiasi cilok frozen awalnya dimulai pada bulan januari 2019, karena harus menempuh beberapa tahapan seperti persyaratan administrasi, cek uji LAB dan dinkes serta label halal, akhirnya cilok frozen ini baru terealisasikanya pada bulan febuari 2020.

Usaha yang di rintis pada tanggal 30 januari 2016 ini berkantor pusat di Jln.raya serang – pandeglang k.m 3 YONIF 320 badak putih cadasari pandeglang-banten, kemudian produk ini diberi nama Cilok Mang Udin yang di ambil dari kata Mang dan Udin.

Mang itu di ambil dari kata panggilan santri saat dipondok pesantren, sedang udin diambil dari nama belakangya sendiri yaitu wahyudin.

Keunggulan dari cilok frozen bukan hanya dari bahan-bahan cilok pada umumnya, tetapi cilok frozen mang udin juga mencampurkan bumbu-bumbu rahasia sehingga pelanggan cilok mang udin ini tetap setia membelinya dikarenakan rasanya yang enak. Kemasannya pun higienis dan juga bisa bertahan selama 6 bulan. Harga yang ditawarkan untuk cilok frozen juga cukup terjangkau hanya Rp. 20.000 per pack dengan isi 50 butir cilok.

Lanjut wahyu menjelaskan Usaha Mang Udin ini sudah memperkerjakan 10 orang karyawan, Dengan strategi pemasaran secara online melalui media digital dan juga offline, selain itu cilok mang udin ini pun kerap mengikuti pameran-pameran atau stand-stand display, contohnya Car free night, isi booth kuliner ulang tahun pandeglang, Stand pernikahan, Pameran dinkop di lebak pada tahun 2018 dan serang pada tahun 2019.

Ia menjelaskan setelah bermitra dengan reseller kuliner, pemasaran Cilok frozen sekarang bukan hanya dipasarkan di sekitaran pandeglang saja, tetapi sudah dipasarkan ke berbagai daerah seperti serang, cilegon, anyer, Tangerang, depok dengan omset rata-rata 5 juta perbulanya.

Banyak event-event yang sudah di ikuti oleh cilok mang udin seperti pelatihan-pelatihan yang diadakan oleh dinas seperti Pelatihan kemasan dari rumah kemasan, kewirausahaan dari indag provinsi dan lain-lain. selain itu Cilok Mang Udin juga menorehkan banyak Prestasi, seperti Lomba olahan pangan lokal durian dinas pertanian tahun 2019, lomba cipta menu bahan pangan lokal dinas ketapang 2017 dan 2018 sebagai juara 3 bahkan mendapatkan bantuan hibah grobag dari dinas industri dan perdagangan, kerjasama dengan indomaret, Serta mendapatkan dana hibah 12 juta wirausaha pemula Kemenkop.

“Harapan saya kedepanya semoga cilok mang udin ini bisa jadi produsen cilok di provinsi banten”. Pungkasnya (Herawan/teguh)

Leave A Reply

Your email address will not be published.