Bersama Berbagi Informasi

Catatan perjalanan zos Adventure: Mengenal gunung prau dan wisata dieng

0 59

 

Bantenshare.com,Lebak–Sahabat setia bantenshare.com, hari ini kita akan mengulas lebih dalam mengenai gunung prau dan wisata dieng. Tentunya ulasan ini sangat bermanfaat bagi kalian yang akan melakukan pendakian gunung atau biasa aktif di kegiatan pecinta alam. Berdasarkan wawancara ekslusif dengan Badru zaman yang merupakan anggota zos Adventure, ia akan menjelaskan apa itu gunung prau,wisata dieng dan semua hal yang berkaitan dengan dua tempat tersebut.

Badru zaman atau yang biasa dipanggil dengan sebutan bebenk ini menjelaskan bahwa gunung prau merupakan salah satu gunung yang selalu dijadikan target dalam pendakian oleh para pencinta alam, termasuk dirinya dan tim zos Adventure.

“Gunung ini sangat indah tentunya siapapun yang pernah mendaki ke gunung ini pasti akan ketagihan,” ujarnya.

Pria berwajah tampan ini menjelaskan bahwa gunung prau ini berlokasi di jawa tengah tepatnya di kabupaten wonosobo, gunung ini memiliki ketinggian 2565 meter diatas permukaan laut (Mdpl), bagi yang hendak berwisata ke dieng biasanya selalu mendaki gunung ini karena antara dieng dan prau jaraknya tak terlalu jauh dan merupakan satu paket trip perjalanan wisata.

Lanjut Badru menjelaskan gunung prau ini berkontur pegunungan dan lembahan, posisi menanjak dan sedikit landai. Untuk mendaki ke puncak gunung setidaknya ada dua jalur pendakian; jalur utara dan jalur selatan. Jika melewati jalur utara para pendaki bisa melalui kabupaten kendal misal dari desa genting gunung kemudian ke desa balong dan lanjut ke desa kenjuran yang berada di kecamatan sukoreja.waktu tempuh rata-rata ialah enam jam. Sementara jika mengambil jalur selatan, para pendaki melewati dataran tinggi dieng atau desa patak banteng, waktu perjalanan relatif singkat yaitu dua sampai tiga jam. Dan zos Adventure mengambil jalur pendakian lewat jalur selatan dengan pertimbangan efesiensi waktu dan efektifitas kunjungan trip wisata.

Kenapa gunung prau selalu menjadi idola bagi para pendaki gunung? tentunya ada beberapa alasan yang dapat dijelaskan diantaranya ialah; (1) Golden sunrise, disini ketika matahari bersinar akan memancarkan warna yang indah keemasan dengan pijarnya kemilau, (2) Taman bunga daisy, jika saat mendaki gunung lain selalu ditemukan bunga edelweis maka di gunung prau ini edelweis tak ditemukan, disini yang banyak terlihat ialah bunga daisy, jumlahnya yang banyak orang-orang sering menyebutnya sebagai taman bunga daisy, lokasi ini sering dijadikan tempat spotselfie para pendaki untuk kenang-kenangan dan dokumentasi. (3) Bukit teletubies, kenapa di sebut sebagai bukit teletubies karena posisi gunungnya berbentuk lembah berlipat-lipat berwarna hijau cerah persis seperti yang ada di film anak-anak teletubies.

Sebelum mendaki ke gunung prau kegiatan awal ialah berwisata dulu ke dataran tinggi dieng, disini para pendaki diajak menikmati alam yang tersaji di dieng, yaitu mengunjungi telaga warna, berkunjung ke candi arjuna guna menikmati kekayaan sejarah dan budaya yang tersaji ditempat tersebut dan terakhir ialah menikmati mie ongklok yaitu makanan khas wonosobo, sebelum nantinya berangkat ke base camp patak banteng guna melakukan pendakian ke gunung prau.

Dalam melakukan pendakian Badru zaman bersama tim biasanya selalu membuat tim yang solid dengan pembagian tugas yang jelas agar perjalanan dapat terkordinir dengan baik, selamat sampai tujuan. Dalam tim itu terdiri dari beberapa orang yang berperan sebagai berikut yaitu penanggung jawab,navigator,leader,sweeper,koki,porter dan bagian dokumentasi. Tim tersebut nantinya saling bersinergi dalam melakukan tugasnya dibawah penanggung jawab (leader), selain mempersiapkan perjalanan agar berjalan baik tim ini pun mengkordinir para peserta atau anggotanya dalam rombongan.

Menurut rencana zos Adventure akan melakukan pendakian ke gunung pau seraya berwisata ke dieng pada 27-29 November 2020, dengan kuota peserta 16-17 orang, jumlahnya di batasi karena guna menghitung kapasitas bis dan efektifitas perjalanan.

“Bagi temen-temen yang ingin tahu seperti apa rasanya naik gunung boleh bergabung dengan kami yaitu zos Adventure, untuk melihat informasi dan mengenal lebih lanjut temen-temen bisa lihat di IG atau di youtube channel milik zos Adventure, dan untuk temen-temen yang ingin sharing atau diskusi seputar kegiatan naik gunung bisa datang ke cafe zos yang ada di bojongleles, disana nanti kita akan berdiskusi dan silaturahmi lebih lanjut,” pungkas Badru (Teguh setiawan)

Leave A Reply

Your email address will not be published.