oleh

Inilah Beberapa Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Menghilangkan Bekas Jerawat | Bagi para wanita, tentunya jerawat merupakan masalah yang sangat mengganggu. Jerawat disebabkan oleh kadar minyak berlebih pada sel-sel kulit di wajah yang kemudian menjadi tempat berkembangbiaknya bakteri penyebab jerawat.

Tak hanya sewaktu jerawat muncul, ketika sudah mengempis pun, biasanya jerawat meninggalkan bekas berupa luka jerawat atau bintik-bintik yang warnanya lebih gelap dari warna asli kulit wajah. Tentunya hal ini sangat mengganggu penampilan.

Loading...

Untuk menghilangkan bekas jerawat, kulit perlu mendapatkan perawatan khusus. Banyak orang memilih perawatan dengan krim berbasis bahan kimia, namun tak sedikit pula yang lebih memilih bahan-bahan alami sebagai cara menghilangkan bekas jerawat.

Berikut merupakan bahan-bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat :

1. Menghilangkan Bekas Jerawat Menggunakan Lidah Buaya / Aloe Vera

Tanaman aloe vera ini cukup banyak di Indonesia. Daunnya berbentuk segitiga dengan daging yang tebal dan duri lunak di pinggir daunnya. Selain bermanfaat untuk kesehatan rambut, lidah buaya juga dapat digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat karena kandungan vitamin di dalamnya yang mampu mengobati kulit dan menyamarkan bekas luka. Lidah buaya juga dapat membuat kulit terlihat lebih lembut dan sehat.

Anda bisa langsung memakai gel lidah buaya yang terdapat di dalam daunnya untuk dioleskan langsung ke bagian bekas jerawat. Jika tidak ingin repot memetik langsung daun lidah buaya, ekstrak gel lidah buaya juga sudah banyak dipasarkan di apotek atau toko obat.

2. Menghilangkan Bekas Jerawat Baking Soda

Sebagai salah satu bahan yang banyak sekali kegunaannya, manfaat baking soda juga melingkupi pengobatan bagi kulit dengan bekas jerawat. Baking soda sendiri sebenarnya merupakan kristal natrium bikarbonat yang mampu mengelupas kulit mati pada bekas jerawat, berfungsi mirip-mirip seperti scrub kulit.

Cara menggunakannya cukup mudah, campurkan saja dua sendok teh baking soda dengan air hangat secukupnya sehingga membentuk campuran seperti pasta gigi. Kemudian oleskan di bagian bekas jerawat selama beberapa menit, minimal dua kali dalam sehari.

3. Minyak Kelapa

Minyak kelapa juga wajib dimasukkan dalam daftar bahan alami yang mampu menghilangkan bekas jerawat. Minyak kelapa mengandung berbagai vitamin dan asam lemak yang membuat kulit lebih sehat, sehingga banyak pula digunakan sebagai produk kosmetik.

Untuk menggunakan minyak kelapa, pastikan Anda menggunakan minyak kelapa virgin yang belum dicampur apapun. Ambil seperempat sendok teh minyak kelapa, kemudian pindahkan ke tangan dan biarkan meleleh dengan suhu tubuh. Setelahnya, oleskan ke bagian bekas jerawat menggunakan jari. Jika suka, Anda tidak perlu membilas minyak kelapa ini untuk memaksimalkan khasiatnya bagi kulit. Namun jika dirasa kurang nyaman, tunggu paling tidak setengah jam untuk membilasnya dengan ai r hangat.

4. Mentimun

Mentimun mengandung vitamin A, vitamin C, magnesium, serta kadar air yang tinggi sehingga mampu membuat kulit lembab, dan juga dapat berfungsi untuk menghilangkan bekas jerawat. Ketika mentimun digunakan, kulit pun terasa dingin dan segar. Mentimun cukup diiris tipis dan kemudian diletakkan pada bagian bekas jerawat. Setelah sekitar 20-30 menit, lepaskan mentimun dari wajah dan bilas wajah menggunakan air dingin.

5. Madu

Bahan alami lainnya yang dapat menghilangkan bekas jerawat adalah madu asli yang belum diolah dan ditambahkan bahan pelengkap lainnya. Madu dapat dioleskan langsung pada kulit bekas jerawat atau dicampurkan dengan kayu manis untuk lebih membersihkan pori-pori pada kulit wajah. Bagusnya lagi, madu bisa digunakan sesering mungkin untuk menjaga wajah tetap lembab.

Demikianlah 5 macam bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat. Dengan perawatan yang rutin, bekas jerawat dapat hilang secara cepat dan kulit pun menjadi mulus dengan tone yang seragam di sepanjang permukaan wajah. Selamat mencoba!

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *