oleh

Mau Tau Cara Mengatasi Gaya Hidup Konsumtif? Ini Dia Tipsnya

Gaya hidup konsumtif merupakan gaya hidup yang tergolong negatif atau kurang baik karena sangat tidak bagus buat masa depan. Kecenderungan gaya hidup seperti ini patut untuk dikurangi hingga akhirnya, kalau bisa dihilanngkan. Nah, jika Anda saat ini termasuk orang yang suka berperilaku konsumtif, berikut deretan tips atau solusi untuk mengatasi gaya hidup tersebut.

9 Tips Mengatasi Gaya Hidup Konsumtif

cara mengatasi gaya hidup konsumtif

Loading...

 

1. Biasakan untuk menanyakan kembali pada diri Anda, apakah Anda memang benar-benar membutuhkan barang tersebut atau tidak.

Jika Anda merupakan seseorang yang tidak pernah berpikir panjang dalam membeli barang dan menanamkan alasan asalkan suka dan enak dipandang mata, maka ada baiknya Anda mencoba solusi yang pertama ini. Katakan pada diri Anda sendiri dengan berulang kali, apakah barang tersebut benar-benar dibutuhkan. Tanyakan pada diri Anda, apakah barang ini benar-benar bermanfaat bagi diri Anda.

2. Berikan batasan pengeluaran setiap harinya.

Jika Anda merupakan orang yang tidak memiliki kontrol dan rem yang baik dalam memberikan batasan kebutuhan Anda sehari-harinya, kini saatnya Anda memberikan batasan yang ketat, mengenai berapa banyak uang yang akan dihabiskan untuk biaya hidup hari ini. Pastikan Anda memiliki batasan dalam mengeluarkan uang untuk kebutuhan sehari-hari. Belilah sesuatu yang benar-benar Anda butuhkan.

3. Membiasakan diri dengan hidup hemat.

Selanjutnya untuk mengatasi gaya hidup konsumtif  dengan cara membiasakan hidup Anda bersahabat dengan hidup hemat. Hemat bukan berarti pelit, namun cermat dalam memilih kebutuhan primer, sekunder dan tersier Anda serta mampu menyisihkan uang demi kebutuhan mendadak.

4. Menabung.

Jika sebelumnya Anda adalah orang yang sangat boros dan menabung bukan prioritas Anda, kini saatnya Anda memulai menabung. Sisihkan uang Anda setiap harinya. Jangan selalu menghabiskan keseluruhan uang yang Anda miliki pada saat itu juga. Sisihkan beberapa untuk kebutuhan yang tidak terduga. Kini sudah saatnya Anda memulai untuk menabung karena Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi selanjutnya dalam hidup Anda dan untuk berjaga-jaga saat Anda mengalami krisis keuangan.

5. Buatlah anggaran dana bulanan.

Penting bagi Anda membuat anggaran dana bulanan. Sebaiknya Anda mengenggarkan dana bulanan secukupnya saja. Usahakan Anda membuat dana anggaran bulanan yang masuk akal dan sesuai dengan yang Anda butuhkan. Jangan melebihi batas kebutuhan dan jangan kekurangan dari kebutuhan yang seharusnya Anda penuhi. Anggaran dana yang Anda buat harus pas.

6. Hindari pemakaian kartu kredit.

Kali ini cukuplah Anda memakai kartu kredit untuk kebutuhan yang mendadak saja. Pakailah uang cash jika Anda sedang membeli kebutuhan sehari-hari. Jangan selalu memakai kartu kredit dalam segala hal. Hal ini untuk menghindari pikiran Anda yang mengatakan “Masih ada uang kok, di kartu kredit, jadi pakek kartu kredit aja.” Biasakan untuk memakai cash dalam bertransaksi.

7. Kurangi rutinitas jalan-jalan di Mall.

Jika Anda sebelumnya selalu nongkrong di mall ataus sekedar jalan-jalan membuang uang di mall, kini saatnya Anda membuang kebiasaa buruk Anda ini. Jika sebelumnya Anda selalu ke mall setiap hari, maka kini saatnya Anda membiasakan diri Anda untuk pergi ke mall hanya satu minggu sekali. Sesuikan dengan kebutuhan Anda.

Baca Juga: Hindari Beberapa Gaya Hidup Yang Kurang Sehat Ini! No 1 Yang Sering Terabaikan

8. Mulailah investasi.

Jangan selalu hura-hura dan kebingungan menghabiskan uang. Mulai saat ini pikirkanlah investasi bagi diri Anda sendiri yang tentunya juga menuntungkan. Boleh lah membuka toko baju, membeli tanah, membuka villa atau kos-kosan, usaha makanan, membuka restoran atau hal lainnya yang sekiranya membawa dampak positif bagi Anda dan keuangan Anda. Anda tidak boleh hanya bisa menghabiskan tetapi juga mampu menghasilkan.

9. Beramal.

Mulailah menyisihkan uang Anda untuk membantu sesama. Tidak hanya mendapatkan pahala, namun dengan beramal Anda akan mengurangi beban sesama.

Demikian berikut adalah beberapa tips untuk Mengatasi Gaya Hidup Konsumtif. Terimakasih semoga bermanfaat.

Selamat mencoba.

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *