Bersama Berbagi Informasi

Bonsai Kelapa Jadi Primadona

0 155

Bantenshare.com,Lebak–Bonsai kelapa merupakan tanaman yang indah.Lewat metode bonsai, pohon kelapa yang besar bisa di rekayasa menjadi kecil dan menjadi tanaman hias yang indah dipandang mata sekaligus memiliki keuntungan ekonomis yaitu bisa dijual dengan harga mahal.

Dalam reportase kali ini wartawan Bantenshare.com mengunjungi rumah iqro modern farm center yang beralamat di jalan Otista Kp tarikolot no 20L Rt 02 Rw 09 kelurahan cijoropasir, Rangkasbitung. Rumah ini merupakan tempat pengembangan dan budidaya bonsai kelapa.

Tedy warman selaku pemilik rumah iqro modern farm center ini menjelaskan bahwa dirinya menekuni teknik bonsai ini sudah lama yaitu sejak tahun 1996, awalnya ia melakukan kegiatan ini hanya hoby untuk mengisi waktu luang namun seiring waktu berjalan bonsai-bonsai buatannya kemudian dipasarkan keberbagai wilayah.

“Alhamdulilah bonsai kami sudah terjual ke berbagai daerah, pemesanan bisa dilakukan melalui WA dengan nomor 087725835111,” ujarnya.

Lanjut tedy menjelaskan selain menjual bonsai-bonsai kelapa hasil tanamannya, ia pun menerima siapapun yang ingin berkonsultasi atau ingin belajar bagaimana cara membuat bonsai kelapa agar terlihat indah.

Proses pembuatan bonsai kelapa terbilang mudah namun yang membuat sulit ialah dibutuhkan ketelitian dan keuletan dalam membuatnya. Pembuatannya bertahap dan harus senantiasa dipantau perkembangnnya. Pertama ialah pemilihan kelapa, hal ini dimaksudkan guna membentuk tunas yang akan dikehendaki. Kelapa baiknya dipilih dari kelapa tua yang dipetik di pohonnya supaya pertumbuhan tunas nantinya sempurna tanpa gangguan, jika bahan kelapa diambil atau dipungut hasil jatuhan khawatir terdapat kecacatan akibat benturan.

Tedy menjelaskan proses selanjutnya ialah kelapa tua tersebut dikupas batoknya dan sabutnya dibiarkan sedikit menonjol keluar kemudian disimpan ditempat khusus bersuhu lembab dengan diberi sedikit air, media yang digunakan bisa menggunakan toples besar atau tupperware, disimpan selama 2 minggu kemudian tunas akan tumbuh.

Setelah tunas tumbuh kemudian ditanam, penanaman bisa di media tanah atau media air, disesuaikan dengan kebutuhan atau target bonsai yang ingin dicapai. Bonsai kelapa biasanya dibuat sesuai tujuannya, ada yang berfokus pada akar yaitu membentuk posisi akar, ada yang berfokus pada batang sehingga pertumbuhan batang bisa ditentukan posisinya agar terlihat indah, dan ada juga yang berfokus pada batok, dimana posisi batok menentukan keindahan bonsai tersebut. Setiap orang tentunya memiliki selera yang berbeda-beda.

Proses pembentukan tunas sampai bonsai kelapa sudah jadi maksimal ialah selama 5 bulan. Ada beberapa parameter bonsai kelapa itu disebut indah dan memiliki nilai jual lebih, diantaranya ialah batok, ketika batok semakin kecil maka akan semakin diminati, ada juga warna, ketika warna kelapa orange maka bonsai akan semakin diminati, ada juga batang, biasanya batang ketika dua tunas muncul berbarengan maka hal tersebut akan diminati, dan ada juga dari posisi daun, daun akan dinilai ketika posisi daun itu utuh dan pecah.

Mengenai harga, tedy menjelaskan bahwa harga bonsai berbeda-beda dilihat dari umur dan kriteria lainnya. Untuk bonsai kelapa dengan daun utuh harganya berkisar 250 ribu-500 ribu, bonsai kelapa dengan kriteria daun pecah biasanya seharga 500 ribu sampai 1 juta, dan untuk bonsai dengan tampilan kelapa orange biasanya dihargai 1 juta sampai dengan harga yang tak terhingga.

“Saya berharap agar bonsai kelapa ini semakin diminati banyak orang, dan bagi yang berminat membeli bonsai kelapa bisa menghubungi no WA atau datang langsung ke rumah kami,” pungkasnya (Teguh setiawan)

Leave A Reply

Your email address will not be published.