Bersama Berbagi Informasi

Berdayakan Pengungsi Banjir Bandang, APJI Lebak Akan Gelar Pelatihan Kewirausahaan Kuliner

1 235

Sajira,BS-Banjir bandang yang terjadi beberapa pekan lalu di enam kecamatan di lebak,meninggalkan beberapa kisah pilu selain kehilangan harta benda beberapa warga pun kehilangan juga sumber mata pencahariannya seperti tempat usaha, warung,dan lain-lain.

Menilik kejadian diatas ketua umum Asosiasi pengusaha jasa boga Indonesia (APJI) ibu rahayu setiowati mengatakan bahwa apji akan mengambil peran sebagai pemberi solusi atas dampak yang terjadi pasca bencana banjir tersebut. Solusi tersebut ialah dengan menyelenggarakan pelatihan kewirausahaan kuliner bagi para pengungsi yang kehilangan mata pencahariannya.

“Kami akan selenggarakan pelatihan ini supaya para pengungsi mempunyai keterampilan dalam berwirausaha khususnya dibidang bisnis kuliner” ujar rahayu setiowati disaat menerima kunjungan agustina erni selaku deputi kesetaraan gender kementerian peranan wanita di gedung Dinas P2KBP3A.

Secara teknis pelatihan ini dibiayai oleh kementerian negara peranan wanita, dan teknisnya diselenggarakan oleh apji, selain itu acara ini didukung penuh oleh bank rakyat indonesia ( BRI), acara pelatihan ini diharapkan akan menumbuhkan kemandirian kepada para pengungsi setelah mereka mendapatkan keterampilan khusus.

Badarrudin riyanto selaku ketua apji lebak menyambut baik rencana program kegiatan ini, ia mengatakan bahwa apji lebak akan all out dalam mensukseskan kegiatan tersebut.
“Kami sangat senang inisiasi kegiatan ini dan akan melaksanakannya sampai sukses, karena ini merupakan solusi bagi para pengungsi agar dapat memiliki keterampilan dan bisa mandiri kelak”tandas badar.

Pria alumni stkip setiabudhi ini menambahkan bahwa setelah kegiatan berakhir maka semua peserta pelatihan (pengungsi-red) akan kami ajarkan cara mengatur cash flow dalam perputaran bisnis, sehingga keuntungan dalam berjualan dapat dimaksimalkan,selain itu untuk menopang berjalannya bisnis apji lebak akan mengarahkan para peserta agar mendapatkan modal dengan bunga rendah. Kredit usaha rakyat (KUR) dinilai menjadi alternatif yang bagus dalam menopang bisnis.

” KUR dengan range bunga kurang dari 6 persen, dengan kisaran 25 juta sampai 250 juta merupakan metode yang bagus dalam memulai modal apalagi ini merupakan pinjaman tanpa jaminan”pungkasnya (Teguh setiawan)

1 Comment
  1. Rizal says

    Mantap APJI

Leave A Reply

Your email address will not be published.